19 Okt 2011

Contoh Cara Hamka mendidik

 Oleh M. Feri Bageloka

Selesai kajian dua perwira ABRI datang menemui saya, mereka bercerita
kepada saya tentang Negara dan Umat Islam.
    “Buya akhir – akhir ini saya merasa jika rezim sekarang sepertinya dikuasai oleh PKI” kata Kolonel Muchlas Rowi
    “benar Buya, saya khawatir akan hal itu, mereka nanti akan berbuat semena – mena terhadap agama lain terutama Islam” sambung Jenderal Sudirman ,
    “kita harus melawan mereka dengan cara yang baik, dan ingat kita harus selalu berdo’a kepada Allah” jawab saya akan hal itu
    “Buya, bagaimana kalau kita mendirikan perpustakaan Islam di Masjid Al – Azhar ini” usul Jenderal Sudirman
    “Alhamdulillah, saya setuju dengan usul wa – ang” jawab saya “kapan dilaksanakan pembangunannya?” Tanya saya
    “Insya Allah secepatnya Buya, semoga Alla memberikan kita keringanan” kata Letnan Jenderal Sudirman

Dari cerita di atas dapat kita ambil hikmah,, antara lain:

  • Bahwa dalam mendidik anak harus biasakan musyawarah dalam mengambil keputusan
  • Dalam mengambil keputusan hendaklah cepat dan jangan ditunda
  • Perpustakaan itu perlu tujuannya untuk membiasakan si anak untuk membaca
  • Berpolitiklah dengan baik dan benar, mungkin  saja yang dapat saya tulis semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata