23 Nov 2011

6 Hikmah Keajabaian Semut


 Oleh M. Feri al_Bageloka
Semut, binatang kecil yang sering membuat orang jengkel. Tapi tahukah anda, bahwa dibalik bentuk tubuhnya yang kecil, sifatnya yang sering menjengkelkan itu. terdapat 6 hikmah unik tentang Semut, antara lain

  • Loyalitas antara sesama
Ini adalah yang jarang diketahui oleh semua orang. Semut itu secara kongrit mengajarkan kepada kita bagaimana cara bergaul yang beradab. Coba lihat, saudaraku setiap kali Semut itu bertemu mereka selalu berhenti menyapa teman-temannya, entah apa yang mereka ucapkan. selain itu, apabila ia menemukan makanan maka ia akan lebih mengutamakan komunitasnya.
  • Kerjasama dalam team
Apabila Semut bertemu dengan komunitasnya, kemudian menemukan makanan. Maka mereka akan bergotong royong untuk membawa makanan itu. Mereka mengutamakan saling tolong menolong selama itu dalam ranah ketaqwaan. Perlu diketahui saudaraku, semut itu tidak pernah korupsi.
  • Mempertahankan harga diri
Filosofisnya Semut "ia tidak mengganggu, tapi apabila diganggu maka ia akan memberontak, bahkan melawan sampai titik darah penghabisan" kalau tidak percaya silahkan coba sendiri. Hebatnya lagi mereka selalu membantu temannya untuk melawan mahluk lain yang menyakitinya.
  • Tekun
Semut itu tidak pernah mengenal kata lelah untuk mendapatkan makanan. Mereka selalu bekerja keras. Prinsipnya "selagi ia hidup ia harus bekerja keras". Prinsip ini yang jarang dimiliki oleh manusia.
  • Leadership
  • namanya diabadikan dalam al-Qur'an
Ini merupakan ibrah yang dapat diambil, yakni bagaimana manusia dalam bersikap dan memimpin (leader) teman-temannya. Semut sudah mencontohinya. Sehingga wajar apabila ia dicantumkan dalam al_Quran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata