12 Nov 2011

Pentingnya Pendidikan bagi Indonesia

 Oleh M. Feri Al-Bageloka

Sadar atau tidak pendidikan menyimpan kekuatan yang luar biasa sebagai salah satu penentu nasib manusia sebagai individu, umat maupun bangsa. Atas dasar inilah pendidikan itu menjadi urgen bagi Indonesia. Suatu bangsa bisa maju dan diakui oleh dunia Internasional jika pendidikannya baik.
sebagai contoh Negara Jepang, perhatian mereka terhadap pendidikan begitiu besar sehingga wajar apabila mereka maju dari berbagai aspek. Dan yang lebih membanggakannya lagi kiblat perkembangan ilmu pengetahuan tekhnologi itu ada di Jepang. Contohnya, Yamaha siapa yang mengendarai ketika GP,?.
Dengan pendidikan pula banyak melahirkan ilmuwan yang diakui oleh dunia seperti yang penulis cantumkan dibawah ini:
  • Jabir Ibnu Hayyan = Gebert,Orang-orang Eropa menamakannya Gebert, ia hidup antara tahun 721-815 M. Dia adalah seorang tokoh Islam yang mempelajari dan mengembangkan dunia Islam yang pertama. Ilmu tersebut kemudian berkembang dan kita mengenal sebagai ilmu kimia. Bidang keahliannya, (dimana dia mengadakan peneltian) adalah bidang : Logika, Filosofi, Kedokteran, Fisika, Mekanika, dan sebagainya. 
  • ILMUWAN ISLAM JUGA > Mesin Terbang, Abbas ibn Firnas adalah orang pertama yang mencoba membuat konstruksi sebuah pesawat terbang dan menerbangkannya. Di abad ke-9 dia mendesain sebuah perangkat sayap dan secara khusus membentuk layaknya kostum burung. Dalam percobaannya yang terkenal di Cordoba Spanyol, Firnas terbang tinggi untuk beberapa saat sebelum kemudian jatuh ke tanah dan mematahkan tulang belakangnya. Desain yang dibuatnya secara tidak terduga menjadi inspirasi bagi seniman Italia Leonardo da Vinci ratusan tahun kemudian.
  • orang islam juga > Banu Musa bersaudara (abad ke 9); pengarang buku Al Hiyal (buku alat-alat pintar) yang berisikan 100 macam mesin seperti pengisi tangki air otomatis, kincir air dan system kanal bawah tanah (sekarang yang terkenal Belanda), teknik pengolahan logam, tambang, lampu tambang, teknik survei dan pembuatan tambang bawah tanahbeberapa detik yang lalu.  
Kesimpulannya Pendidikan itu penting bagi bangsa Indonesia, mengapa demikian karena dengan pendidikan nasib suatu bangsa akan lebih terakreditasi oleh dunia. Untuk itu sudah saatnya pendidikan Indonesia harus menyentuh sanubari tujuan pendidikan, yakni dengan cara menerapkan pendidikan akhlak (character building), karena dengan begitu arah dan tujuan pendidikan Indonesia lebih jelas dan transparan. 
Metode penyelenggaraan Pendidikan yang ideal harus memperhatikan tiga hal, antara lain; pertama, wawasan tentang konsep pendidikan yang jelas dan ideal, kedua, kemampuan menejerial dan ketiga keterbatasan finansial.

1 komentar:

Mari kita membaca dengan hati plus mata