31 Mar 2012

Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran





Keterampilan dasar bertanya mengandung dua unsur penting; Pertanyaan dasar dan Pertanyaan lanjutan. Dalam melemparkan sebuah pertanyaan, seorang guru itu harus ada acuan, antara lain; memberikan pertanyaan jelas dan singkat, ada acuan yang berfungsi perhatian, pemberian giliran dengan cara memberikan pertanyaan secara bergiliran dan tuntunan, pertanyaan melacak dan pengubahan tuntunan tingkat kognitif.


Skill yang diperlukan oleh seorang guru; menguasai materi dan menguasai metodologinya. Keterampilan bertanya bertujuan untuk menumbuhkan motivasi, menumbuhkan minat belajar, memusatkan perhatian, melatih keterampilan berfikir dan mengkondisikan belajar.
Pemberian tuntunan harus mendasar pada acuan ini; perintahnya harus dengan kalimat sederhana dan ada contoh.

NB: JANGAN SEKALI-KALI GURU MENJAWAB PERTANYAANNYA SENDIRI, SEBAB INI AKAN MEMBODOHI SISWANYA SENDIRI. BIARKAN SISWA ITU MENJAWAB PERTANYAAN ITU DENGAN KEMAMPUANNYA SENDIRI.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh guru, antara lain;
  1. Memancing Jawaban serentak
  2. Bertanya langsung dan berurutan
  3. Mengulangi jawab siswa
  4. Mengulangi pertanyaan sendiri
  5. Menyebut nama sebelum bertanya
  6. Mengajukan pertanyaan benda.
TERIMA KASIH, ATAS KUNJUNGANNYA SILAHKAN DICOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata