12 Jun 2012

JAMPUT



Ini tujuan kedua dari pendidikan

Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh penulis tujuan pendidikan terdapat dalam kata JANCUK,
kata  JAMPUT juga merupakan tujuan dari pendidikan. Tetapi sebelum kita membahas kata JAMPUT, terlebih dahulu kita lihat fenomena anak muda sekarang jika mereka mengalami degradasi moral. Ini diakibatkan dari kurangnya perhatian pemerintah terhadap pendidikan terutama pendidikan moral.
Selain itu, tujuan dari pendidikan sama sekali tidak membentuk karakter peserta didik yang tangguh, istiqomah dan kreatif. Mungkin pada kesempatan ini penulis akan membahas dua kata saja, yakni PRODUKTIF dan TERARAH.
 Inilah tujuan pendidikan dalam sesi kedua sebagai  berikut; Jadikan Anak  Manusia Produktif Ulet dan Terarah
·    Produktif
Seharusnya pendidikan Indonesia tidak hanya menekankan pada aspek kognitif saja tetapi melainkan aspek psikomotoriknya. Dengan begitu apabila aspek psikomotoriknya ditekankan juga maka sudah tentu pendidikan itu akan melahirkan out put yang produktif dalam melahirkan karya-karya yang berkualitas.
Pendidik juga harus bisa menjadi inspirasi peserta didik agar produktif dalam berkarya. Bagaimana caranya?, begini pendidik harus mengasah kreativitas mereka agar selalu berkembang. Bila perlu dikembangkan.
·    Terarah
Sikap terarah merupakan bagian dari taksonomi pendidikan yaitu afektif. Jadi apabila peserta didik sudah memiliki karyanya. Maka pendidik usahakan mereka selalu produktif dalam berkarya dan terarah. Artinya karya dari peserta didik mau digunakan untuk apa? Atau apa manfaat bagi peserta didik itu sendiri dan umat manusia secara umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata