19 Jun 2012

Pentingnya Bimbingan dalam Pembelajaran

_Jelaskan menurut anda pentingnya BK
Bimbingan konseling sangat penting dalam proses pembelajaran, karena dengan keterampilan konseling seorang guru bisa menguasai serta menjinakkan suasana hati muridnya atau dengan kata lain seorang guru bisa beradaptasi.
Selain itu, guru juga bisa memberikan solusi yang tepat dalam setiap permasalahan siswa, terutama yang menyangkut masalah psikis.


_Bagaimana cara anda memberikan pengajaran PAI kepada siswa yang superior, sedang maupun IQ rendah
Menurut saya jika antara siswa itu ditempatkan pada satu kelas, sebaiknya guru mengadakan pembelajaran sebaya, artinya apabila anak yang superior sudah paham sebaiknya ia suruh untuk mengajarkan kepada anak yang IQ-nya rendah, karena ini bisa lebih efektif dan siswa bisa memahami dengan bahasa mereka sendiri karena langsung diajarkan oleh teman sebayanya.. Tapi dengan catatan siswa yang superior tidak boleh mendominasi kelas dalam menjawab pertanyaan dari guru.


_Suasana pembelajaran dan perlakuan guru seperti apa yang bisa memupuk maupun menghambat kreativitas siswa?
Suasana pembelajaran yang bisa memupuk kreativitas siswa adalah suasana yang bersahabat dan suasana kekeluargaan. Artinya seorang guru hendaknya memperhatikan siswa itu sebagai sahabat, setiap masalah mereka hendaknya selalu didengarkan. Perlakukan siswa sebagai seorang sahabat,.
Ide mereka perlu didukung dan  itu akan melahirkan kreativitas dan karya yang fenomenal.

Suasana yang bisa menghambat kreativitas siswa adalah suasana yang diktator, artinya seorang guru selalu murung dan marah-marah kepada siswa, guru tidak bercanda di dalam kelas. Jadi suasananya tidak cair.

_Apa pentingnya bagi guru mengenali minat maupun bakat siwa dini?

Penting, karena dengan mengenali minat maupun bakat siswa pendidik bisa mengarahkan siswa itu mau jadi apa nantinya. Selain itu jika siswa ditempatkan dengan yang sesuai dengan bakat dan minatnya, maka siswa itu akan senang dalam mengikuti pembelajaran.


_Bagaimana halnya bila bidang keilmuan yang dikembangkan oleh  sekolah itu kurang sesuai dengan minat maupun bakat siwa?
Ini sangat riskan, karena bisa menimbulkan kebosanan bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran yang diadakan oleh sekolah itu. Dari aspek psikologi, apabila tidak sesuai dengan bakat ataupun minat siswa, maka dapat dipastikan siswa itu akan sulit berkembang.


_Bagaimana menurut anda tentang adanya kemungkinan ketidak sesuaian antara minat dan bakat pada diri seseorang, jelas?
Maka dapat dipastikan orang itu akan merasa bosan hidup, karena bakatnya dikebiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata