26 Sep 2012

Kapita Selekta Pendidikan Islam

 Kata Pengantar

Mata kuliah ini membahas topik-topik terhangat dalam pendidikan Islam seperti masalah yang dihadapi dalam Pendidikan Islam. Seperti makna dan hakikat Pendidikan Islam itu sendiri.

Secara umum Kapita Selekta Pendidikan Islam turunan dari Dasar-Dasar Pendidikan Islam. Cuma Kapita Selekta Pendidikan Islam membahas Pendidikan Islam secara detail yang terkait issue terkini tentang pendidikan. Sedangkan Dasar-Dasar Pendidikan membahas apa yang menjadi dasar dari pendidikan itu sendiri.

Pendidikan Islam
Pendidikan Agama merupakan salah satu isi kurikulum pendidikan dasar sebagai bahan kajian dan pelajaran dari 13 bahan dan pelajaran yang ditetapkan.
Dalam Pendidikan Islam terdapat Instutisional yang dikelolah Pemerintah dan Swasta, ketika dikelolah oleh Pemerintah maka sudah tentu out putnya mendapat Ijazah sudah tentu akan menjadi Pegawai Negeri Sipil. Begitu juga sebaliknya jika tidak dikelolah oleh pemerintah maka out putnya tidak dapat menjadi Pegawai Negeri Sipil. (Inilah Problem Pendidikan Islam).
Asumsi Pendidikan sebagai proses adalah alih nilai transfer nilai (transfer value) yang dikembangkan dalam rangka perubahan perilaku.

Catatannya
Hakikat Pendidikan adalah upaya menjadikan manusia manusia masa depan yang ideal, yakni manusia sempurna dalam dimensi religiusnya. Maknanya adalah suatu proses pengkondisian agar anak menjadi lebih baik dan mengetahui, mengimani dan mengamalkan agamanya sebagai ajaran pandangan hidup.
Manusia masa depan berarti tidak saja komitmen terhadap ajaran agama tetapi juga mampu mengoperasionalkannya dalam kehidupan sosial (misi kekhalifahan). Aspek pendekatan Pendidikan Islam adalah agama dipelajari secara rasional teoritik (Lebih sebagai ilmu dari pada tuntunan) dan Ilmu agama mengalami stagnansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata