15 Sep 2012

Mad;

A.    Materi Pembelajaran :
Ringkasan Materi
A.    MAD
·    Mad berasal dari bahasa Arab dari kata “Madda-Yamuddu-Maddan”
yang berarti panjang atau memanjang. Sedangkan menurut istilah Tajwid adalah: memanjangkan bacaan tatkala ada alif sukun sesudah fathah, ya’ sukun sesudah dhammah, dan wau sukun sesudah kasrah.
Mad ada 15 macam; Mad Thobi’I, Mad Wajib Muttashil, Mad Jaiz Munfasil, Mad lazim Mutsaqol kilmi/Mad Lazim Muthawwal, Mad lazim Mukhafaf kilmi, Mad Layin, Mad Aridl Lissukun, Mad Shilah Qoshirah, Mad Shilah Thawilah, Mad ‘Iwadl, Mad Badal, Mad Lazim Harfi Mmusyabba’, Mad Lazim harfi Mukhaffaf, Mad Tamkien, dan Mad Farq.  hukumnya wajib digunakan tatkala membaca al-Qur’an. Rasulullah SAW bersabda: جودوا القرءان بالتجويد   “Perbaguslah bacaan qur’an dengan tajwid”, Sabda beliau pula:ليس منا من لم يتغنى بالقرءان  “bukan termasuk golongan kami orang yang tidak mendendangkan Al-qur’an” . Allah SWT berfirman:   ورتل القرءان ترتيلا  “Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan tartil.” (QS Al-Muzzammil (73) :4)

·    Mad ada 2 macam secara umum yaitu:
Ø    Mad Asli/Mad Thobi’i,
Ø    Mad Far’i dan ada 14 macam:
o    o    Mad Wajib Muttashil,
o    Mad Jaiz Munfasil,
o    Mad lazim Mutsaqol kilmi/Mad Lazim Muthawwal,
o    Mad lazim Mukhafaf kilmi,
o    Mad Layin,
o    Mad Aridl Lissukun,
o    Mad Shilah Qoshirah,
o    Mad Shilah Thawilah,
o    Mad ‘Iwadl,
o    Mad Badal,
o     Mad Lazim Harfi Mmusyabba’,
o    Mad Lazim harfi Mukhaffaf,
o    Mad Tamkien,
o    Mad Farq.


B.    MACAM-MACAM MAD
Mad adalah bacaan yang dipanjangkan.
Secara umum dibagi dua:
1.    Mad Asli/Mad Thabi’i
Yaitu Mad yang apabila alif bersukun dan sebelumnya berharakat fathah, atau wau bersukun dan sebelumnya berharakat dhammah, ya’ bersukun dan sebelumnya berharakat kasrah, maka wajib hukumnya dibaca dua harakat atau dua ketukan.
Contoh:
·    القارعة
·    الحمدلله ربالعالمين
2.    Mad Far’i
Yaitu mad asli yang berubah bacaanya karena  bertemu dengan Hamzah (ء), sukun ( ْ ), waqof, tasydid ( ّ ) atau sebab yang lain yang berfungsi membedakan bacaan panjang atau pendek.  
Ø    Ø    Mad Far’i yang disebabkan hamzah;
o    Mad wajib muttashil, contoh: إذا جاء نصر الله والفتح
o    Mad jaiz munfashil, contoh: وما أدراك ما القارعة
o    Mad badal dan mad shilah thawilah.
Ø    Mad Far’i yang disebabkan sukun;
o    Mad lazim harfi musyabba’, contoh: طس , كهيعص
o    Mad lazim harfi mukhoffaf, contoh: طه, حم, يس
o    Lazim harfi mukhaffaf kilmi, contoh: آلآن وقد عصيت قبل وكنت من المفسدين
Ø    Mad Far’i yang disebabkan waqof;
o    Mad ‘aridh lissukun, contoh: الحمد لله رب العالمين
o    Mad ‘iwadh, contoh: عليما حكيما, سميعابصيرا
o    Mad layin, contoh: بيدالخير
Ø    Mad Far’i yang disebabkan tasydid;
o    mad lazim mutsaqal kilmi, contoh: الطامة
o    mad lazim musyabba’ mutsaqal, contoh:  الــم, طسم
o    mad tamkien, contoh:  ولا يأمركم أن تتخذوا الملائكة والنبيين أربابا أيأمركم بالكفر بعد إذ أنتم مسلمون
o    mad farq, contoh: قل أرأيتم ما أنزل الله لكم من رزق فجعلتم منه حراما وحلالا قل آلله أذن لكم أم على الله تفترون
Ø    Mad Far’i yang disebabkan penyebab lain;
o    mad shilah Qoshirah, contoh: فأمه هاوية



3. Mad apa sajakah yang disebabkan Hamzah?
4. Mad dibagi menjadi 2 macam secara umum yaitu Mad asli/Mad Thobi’i dan Mad Far’i,    sebutkan dan berikan contoh pada Mad Thobi’i!
5. Sebutkan dalil naqli yang menuntut kita untuk mempelajari tajwid!




3.    Mad Far’I yang disebabkan hamzah; mad wajib muttashil, mad jaiz munfashil, mad badal dan mad shilah thawilah.
4.    2 macam Mad:
1.    Mad Asli/Mad Thabi’i
Yaitu Mad yang apabila alif bersukun dan sebelumnya berharakat fathah, atau wau bersukun dan sebelumnya berharakat dhammah, ya’ bersukun dan sebelumnya berharakat kasrah, maka wajib hukumnya dibaca dua harakat atau dua ketukan.
Contoh:
·    القارعة
·    الحمدلله ربالعالمين
2.    Mad Far’i
Yaitu mad asli yang berubah bacaanya karena  bertemu dengan Hamzah (ء), sukun ( ْ ), waqof, tasydid ( ّ ) atau sebab yang lain yang berfungsi membedakan bacaan panjang atau pendek.  
Ø    Mad Far’I yang disebabkan hamzah; mad wajib muttashil, mad jaiz munfashil, mad badal dan mad shilah thawilah.
Ø    Mad Far’I yang disebabkan sukun; mad lazim harfi musyabba’, mad lazim harfi mukhoffaf, lazim harfi mukhaffaf kilmi.
Ø    Mad Far’I yang disebabkan waqof; mad ‘aridl lissukun, mad ‘iwadl, mad layin.
Ø    Mad Far’I yang disebabkan tasydid; mad lazim mutsaqal kilmi, mad lazim musyabba’ mutsaqal, mad tamkien, mad farq.
Ø    Mad Far’I yang disebabkan penyebab lain; mad shilah Qoshirah.
5.     Rasulullah SAW bersabda: جودوا القرءان بالتجويد   “Perbaguslah bacaan qur’an dengan tajwid”, Sabda beliau pula:ليس منا من لم يتغنى بالقرءان  “bukan termasuk golongan kami orang yang tidak mendendangkan Al-qur’an”. Allah SWT berfirman:   ورتل القرءان ترتيلا  “Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan tartil.” (QS Al-Muzzammil (73) :4)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata