26 Sep 2012

Studi-Studi Agama

Pengantar
 Agama selalu diterima dan dialami secara subjektif. Agama itu sendiri didefenisikan sesuai pengalaman dan penghayatan oleh penganutnya. Dalam agama itu terdapat simbol, SIMBOL (LAMBANG)  itu sendiri adalah kesepakatan jati diri suatu komunitas.

Iman adalah kekuatan batin dimana manusia menanggapi sesuatu yang bermakna. Sehingga agama merupakan wadah lahirnya iman secara terbuka. Agama itu sendiri dapat disaksikan dalam bentuk kaidah seperti Ritual, spiritual dll. Agama adalah wadah kebudayaan (religi) yang menjadi objek pengkajian sosiologi agama. Agama yang tertua di dunia adalah HINDU. Lambang Islam berasal dari Khalifah Islamiyah terakhir, yaitu Khalifah Turki Ustmani.


FUNGSI UMUM AGAMA
Agama itu sangat berperan dalam hidup seseorang, agama membina dan meningkatkan IMAN penganutnya. Oleh karena itu penulis akan mengungkapkan fungsi agama dari beberapa aspek;\
  1. Edukatif ini berisi perintah dan larangan sehingga terbentuk insan kamil yang menyembah tuhannya dan ia lebih menghargai lingkungan
  2. Fungsi Penyelamat ini lebih cenderung pada keselamatan dunia akhirat
  3. Fungsi perdamaian adalah menggapai kedamaian batin, erat kaitannya dengan batin dan fungsi yang satu ini lebih sebagai pemupuk solidaritas.
  4. Fungsi transformatif adalah agama dapat mengubah kehidupan kepribadian sesuai dengan yang dianutnya.
  5. Fungsi Kreatif adalah mendorong penganutnya untuk produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata