29 Okt 2012

Jaka; Nama Jadul banyak Variasi


Indonesia merupakan yang Demokratis mulai dari hal-hal yang besar seperti penulis Pendidikan hingga masalah sosial pun ikut bebas seperti diskotik, tempe dan tempat nongkrong dan lain-lain.
Masalah nama pun Indonesia sangat demokrasi saking demokratisnya masalah nama pun menjadi bahan santapan bahkan unik. Seperti nama Jaka.
Nama Jaka sendiri merupakan nama asli dari Indonesia. Namun tahukah anda nama Jaka punya variasi dan keunikan tersendiri, di antaranya;

1.    Jaka Sembung
Ada sebuah pepatah mengatakan “JAKA SEMBUNG BAWA GOLOK GAK NYAMBUNG GOBLOK atau JAKA SEMBUNG NAIK OJEK, GAK NYAMBUNG JACK”. Mungkin dari pepatah ini dapat kita tarik kesimpulannya bahwa awal mula muncul nama Jaka Sembung adalah di karenakan adalah pasangan suami istri mungkin lagi tengkar ketika membuaat atau memproduksi anaknya.
Si suami mau nama anaknya Jaka tapi sang istri tidak terlalu nyambung. Maka dengan hati gundah suami menamakan anaknya menjadi “JAKA SEMBUNG”. Jaka Sembung itu sendiri berasal dari kata Jack dan Sambung. Tapi karena orang Indonesia kesulitan menyebut nama Jack. Sedangkan kalau di Indonesiakan menjadi Jacka jika disingkat menjadi JAKA.
Adapun kata sambung artinya menyatukan yang mengangguk. Maka untuk menautkan hati kedua suami istri yang bertengkar itu. Maka jadilah anaknya bernama JAKA SAMBUNG. Kalau difikir JAKA SAMBUNG tidak enak kedengarannya. Masa Jaka di Sambung. Jika ada Jaka Sambungpasti ada Jaka Patah. Kalau di arabkan menjadi JAQA FATAH.
2.    Jaka Tingkir
Nama Jaka Tingkir kemungkinan diberi nama oleh orang tuanya. Karena anaknya suka mangkir dari segala hal atau kemungkinan kedua orang tuanya sering berbuat mangkir ketika mau berhubungan atupun menyelesaikan masalah rumah tangganya. Jadi untuk mengenang kedua sifat itu. Suami istri tersebut memberi nama anak mereka dengan nama JAKA TINGKIR.
Bayangkan saja kalau seandainya anak mereka diberi nama “JAKA MENYINGKIR” bisa rumit masalahnya. Contoh ketika anak itu mau diabsen oleh gurunya di sekolah “JAKA _MENYINGKIR”  apa yang akan terjadi?

3.    Jaka Gledek
Kalau nama yang ini sudah dapat dipastikan kedua suami istri dalam memproduksi anaknya kesamber gledek. Jadi untuk mengenang kejadian yang berharga itu diberilah nama anak mereka menjadi Jaka Gledek.
Syukur gak mati ketika kesambar gledek. Seandainya kalau mati, berarti JAKA Mati dong. Kalau gitu tamatlah riwayat anak itu.
4.    Jaka Tarub
Jaka Tarub adalah sebuah nama orang yang keserupan dilanda malarindu. Bayangkan saja seandainya ia menamakan dirinya Jaka Keserupan. Waduh bisa-bisa orang yang bergaul dengannya bisa lari terbirit-birit. Karena mereka takut temannya keserupan kemudian ia minta tolong.
“Pak Jaka Keserupan”
“Loh, tu kan nama anak itu”
“Bukan begitu Pak, tapi Jaka keserupan”
“Wis gak apa-apa kok wong ikut namanya kok”
“Wong iki ngeyel ternyata” kemudian ia berteriak
“Paak, JAKA MATIIIIIII”
Bapak itu langsung  mengucapkan INNALILLAHI WAINNAILAIHIRAJIUN.

5.    Jaka Umbara
Yang ini sudah dapat ditebak, jika ayahnya suka mengembara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata