25 Nov 2012

Contoh Laporan PPL Belum Jadi

Sampul

lAMBANG


Telaah Pembelajaran Praktik Ibadah kelas XI Multimedia di SMK 2 Muhammadiyah Malang

Oleh: M. Feri Firmansyah

NIM 09110029




Jurusan Tarbiyah

Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah Malang

November, 2012

Halaman Pengesahan

Lembar Pengesahan Laporan Akhir PPL:

1.      Judul Laporan: Telaah Pembelajaran Praktik Ibadah XI Multimedia di SMK 2 Muhammadiyah Malang

2.      a. Mata Pelajaran: Praktik Ibadah

b. Semester /Kelas: Ganjil /XI

3.      Identitas Praktikan:

a.      Nama lengkap: M. Feri Firmansyah

b.      Jenis Kelamin: Pria

c.       Jurusan/ Semester: Tarbiyah / VII

d.      Fakultas: Agama Islam

e.       Universitas: Universitas Muhammadiyah Malang

f.       Alamat Rumah: Jalan Asparaga, Masjid Al-Maun

g.      Telepon /HP: 087863995848

4.      Identitas Guru Mitra:

a.      Nama /Gelar: Lukman Hakim, M.Pdi

b.      Jenis Kelamin: Pria

c.       Bidang Studi: Agama Islam

d.      Alamat Rumah:

e.       Telepon: HP: 081334155393

5.      Dosen Pendamping: Drs. Sunarto M.Ag

6.      Lama Praktikum: Dua bulan Setengah

7.      Lokasi Praktikum : SMK 2 Muhammadiyah Malang



Mengetahui,                                                                           Malang, 10 November 2012

Dosen Pendamping,                                                              Praktikan,



Sunarto                                                                                  M. Feri Firmansyah

Nip-UMM

Menyetujui:                                                                           Mengetahui:

Ka. Lab. Tarbiyah                                                                Kepala SMK 2 Muhammadiyah Malang,



Saiful Amien, M.PD                                                              Drs. Handoko

NIP-UMM: 102.0303.0390                                                   NIP:                                                                          

Kata Pengantar

Alhamdulillah, atas pertolongan Allah akhirnya penulis bisa mengikuti Praktik Pembelajaran Lapangan. Selama PPL terlalu banyak pengalaman yang tidak bisa penulis lupakan mulai dari pembuatan perangkat guru yang membosankan hingga menghadapi psikis, tingkat intelektual dan spiritual serta budaya peserta didik yang berbeda. Semua itu penulis nikmati dengan senang hati dan persaan ikhlas.

Pertama dan yang utama penulis ucapkan terima kasih kepada Bapak dan Emak, yang telah berjuang untuk mengkuliahkan penulis hingga mencapai PPL. Selama ini beliau berdua bagi penulis adalah permata hati yang tiada tanding, bagaimana mereka berdua harus pontang-panting berhutang hanya untuk membiayai kuliah saya. Tidak hanya itu, terkadang juga bapak dan emak saya harus tidak makan dan harus numpang makan bersama Paman saya, ini dikarenakan semua hasil panen telah dijual habis hanya untuk biaya kuliah saya. Untuk mereka berdua, harapan saya adalah ingin melihat mereka berdua datang ke Malang di hari wisuda saya, terutama emak saya hanya bisa berucap I Love You dan I Miss You.

Selama pembelajaran banyak pengalaman yang didapatkan oleh penulis, salah satu yang paling berkesan yakni ketika penulis masuk ke salah satu kelas, sebut saja kelas tiga. Ketika penulis mau memberikan materi terlihat  semua peserta didik tidur bahkan ada yang mengikuti pelajaran dengan perasaan malas tanpa ada kemauan. Dari sini penulis berkesimpulan bahwa dalam mengajar tidak hanya diperlukan metode yang menyenangkan tetapi juga media yang bisa menarik perhatian peserta didik yakni video yang subtansinya materi pelajaran yang akan disampaikan oleh guru.

Tidak lupa pula penulis mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sekolah Menengah Kejuruan 2 Muhammadiyah Malang karena atas bantuan anda semua penulis bisa belajar banyak mengenai situasi pembelajaran yang baik dan benar. Ucapan terima kasih terucap kepada para Pendidik SMK 2 Muhammadiyah Malang yang selalu memberikan motivasi kepada penulis untuk selalu bersabar dalam menghadapi para pelajar yang nakal. Dan kepada Bapak Lukman selaku guru pamong, penulis hanya bisa mengucapkan “I Love you, dan semoga Allah membalas semua kebaikan bapak selama mendidik saya”. Terus terang banyak pelajaran yang bisa diamalkan ketika mau mengajar dari saran dan kritik dari Pak Lukman. Salah satu yang membuat penulis sangat terkesan yakni kesabaran bapak ketika penulis sering lalai masalah tugas perangkat guru.

Ucapan terima kasih penulis ucapkan kepada Zainal Abidin yang telah membantu penulis untuk meminjam laptopnya untuk bisa menyelesaikan laporan akhir PPL ini. Penulis berharap semuga dia (Zainal Abidin) sukses di hari kemudian. Kepada XI APK dan XI MM, penulis akan selalu mengenang kalian, karena kalian memberikan pengalaman yang sangat berharga dan tiada tara.



 Tertanda





M. Feri Firmansyah













Bab 1, Analisis Proses Kegiatan Pembelajaran

A.    Proceding FGD dan Technikal Meeting kelompok

Awal mula di SMK Muhammadiyah Malang, terlebih dahulu para Guru PPL berkumpul di depan ruang piket SMK 2 Muhammadiyah Malang guna untuk penerimaan guru PPL. Setelah guru PPL lengkap semua, para guru PPL di suruh menuju ke ruangan LAB. ISMUBA guna untuk acara penerimaan resmi guru PPL. Dalam acara para guru PPL diberi pengarahan oleh Pak Sunarto untuk mempersiapkan mental para guru PPL dalam mengajar dan mendidik.

Setelah selesai pengarahan itu, para guru PPL langsung menemui guru pamong atau guru mitra mereka masing-masing guna untuk pembekalan kembali serta pembagian tugas mengajar untuk guru PPL. Setelah itu, para guru PPL Fakultas Agama Islam khususnya yang mengajar di SMK 2 Muhammadiyah Malang membagi tugas menjaga di ruang piket dan menentukan hari off (hari libur). Seiring dengan waktu berjalan kebijakan hari off (hari libur) itu ditiadakan dikarenakan hari off itu hanya untuk guru PPL Universitas Negeri Malang (UM) dan sementara kebijakan Universitas Muhammadiyah Malang untuk guru PPL tidak ada hari off (hari libur).  Otomatis semua guru PPL entah dari Fakultas Agama Islam maupun Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan menerima kebijakan itu dengan senang hati tanpa ada keluhan sedikit pun.







Adapun  jadwal piket untuk guru PPL Universitas Muhammadiyah Malang, antara lain:


Setelah masalah jadwal piket selesai kita para guru PPL langsung men-survey kegiatan pembelajaran dengan guru mitra masing-masing. Adapun pembagian tugas kelompok berjalan seiring waktu berlalu.

Kala itu kita semua (guru PPL) membagikan tugas kelompok dalam beberapa tugas, seperti pembagian tugas dari dosen, caranya kita berenam semua kebagian mengerjakan tugas tersebut sedangkan yang lainnya mengerjakan perangkat mengajar guru ataupun learning diary-nya.

Selain itu, struktur kelompok antara lain:

Ketua: Atika Asri N

Sekretaris: Suhartini Tri Utami

Bendahara: Ginanjar Arief  Niko Hidayat

Anggota: M. Feri Firmansyah, Muhajir Musa dan Mujiburrahman


B.     Proceding Penggalian Akademis

Sebelum mengajar di kelas secara langsung, terlebih dahulu kita disuruh untuk mengobservasi kelas kita masing. Sementara saya, hanya mengobservasi selama satu hari yakni di kelas XI Akutansi dan terus terang saya masih belum paham tentang kondisi siswa saat itu.

Selain mengobservasi, saya dan Mujibburahman harus membuat RPP, Silabus dan Modul. Adapun prota, Prosem dan lain sebagainya terus terang kita tidak diperintahkan jadi jangan heran jika dalam laporan ini tidak terdapat perangkat seperti itu. Dan satu lagi selama penilaian teman sejawat saya hanya dinilai dua  kali jadi tidak ada yang ketiga.



C.    Proceding Siklus I:

1.      Perencanaan Pembelajaran dan Persiapan Alat

Ketika menyusun laporan RPP, saya menemui sedikit kesulitan karena ada beberapa faktor, antara lain lupa cara membuatnya, mengalami beberapa kali revisi, ketika membuat RPP kondisi lapangan jauh berbeda dengan RPP yang dibuat dan lain sebagainya.

Ketika akan mau mengajar terus terang saya jarang menggunakan variasi media, dan inilah media yang sering saya gunakan ketika mengajar;Papan tulis, Spidol, Anggota tubuh; ini gaya mengajar visual yang pernah saya praktikkan Power point; ini bisa dibilang tidak banyak membantu dan Al-Quran

Selain itu, ketika mau mengajar saya selalu mempersiapkan permain seperti; cermin, pemahat dan tukang pahat, menjawab dengan lawan katanya.


Lesson Study 3: Refleksi Siklus I

Pembelajaran kali ini lebih menekankan pada teori, jadi untuk praktik tidak saya tekankan. Pada pertemuan kali ini saya mencoba untuk menggunakan media visual dan peserta didik bisa mengikuti instrumen belajar yang saya sajikan.

Adapun yang perlu saya perbaiki ketika mengajar untuk ke depannya antara lain;

v  Suara yang kurang keras

v  Mengkondisikan kelas yang masih kurang tertib

v  Mimik wajah yang kurang memperhatikan siswa

v  Evaluasi yang tidak ada diakhir pembelajara
D.    Proceding Siklus II:

1.      Perencanaan Pembelajaran dan Persiapan alat

Adapun media dan alat yang saya persiapkan, antara lain;

v  Papan tulis

v  Spidol

v  Al-Quran



2.      Lesson Study 6: Refleksi Siklus II

Hal-hal yang harus saya perbaiki untuk kedepannya;

1.      Harus memberi pertanyaan bergilir kepada siswa agar mereka mengerti akan materi

2.      Guru harus memberi penguatan

3.      Guru harus mempersiapkan materi dengan baik

4.      Guru tidak membiarkan siswa pasif

5.      Guru harus tegas dan lantang

Bab 2, Analisis Proses Kegiatan Non-Pembelajaran

Sekolah Menengah Kejuruan 2 Muhammadiyah Malang memiliki kegiatan ekstrakulikuler atau yang disebut dengan ekskul. Ekskul SMK 2 Muhammadiyah Malang terdiri dari beberapa macam seperti pemantapan bahasa Inggris, bola basket, football, tapak suci, jurnalistik.

Catatan menarik untuk Ekskul Jurnalistik yakni diadakannya kegiatan mading (majalah dinding) untuk melihat kreativitas siswa dalam menuangkan bakatnya, seperti melukis, menulis serta mendesain. Kesemuanya itu tertuang dalam kegiatan Majalah Dinding.

Di SMK 2 Muhammadiyah Malang terdapat  Koperasi Sekolah, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Kantin dan lapangan Parkir. Untuk itu penulis akan menjelaskan beberapa ruangan yang telah dijelakskan tadi;

a.       Koperasi Sekolah

Ini merupakan ladang bagi para siswa pemasaran untuk menumbuhkan jiwa enterpreneurnya. Dalam koperasi sekolah menjual berbagai perlengkapan sekolah seperti baju, pensil dan berbagai macam jajan dan snack.



b.      Kantin

Berdasarkan pengamatan penulis di kantin SMK 2 Muhammdiyah Malang hanya menjual nasi, gorengan dan jus-jus ringan.



c.       Unit Kesehatan Siswa

Ini bisa disebut Poliklinik Sekolah Cuma yang menjadi permasalahannya adalah dalam UKS tidak ada dokter yang menangani dan hanya ditangani oleh guru dan diberi obat seadanya. Kondisi ruangan secara sepintas sangat kondusif serta pelayanannya cukup membuat para siswa aman dan nyaman.



d.      Lapangan Parkir

Ini bisa dikatakan yang paling memperihatinkan, karena selama ini SMK 2 Muhammadiyah Malang tidak memiliki lapangan parker yang  permanen. Lapangan parker yang mereka gunakan adalah lapangan MA dan MTs



Bab 3, Analisis Hasil

A.    FGD dan  Technical Meeting Kelompok

B.     Penggalian Akademis

C.    Siklus I

D.    Siklus II

E.     Siklus III

F.     Siklus IV

G.    Kegiatan Non-Pembelajaran

Bab 4, Kesimpulan dan Saran

A.    Kesimpulan

Berdasarkan apa yang ditulis oleh penulis tentang praktik mengajar ini maka dapat ditarik beberapa kesimpulan:

a.       Seorang guru harus lebih akrab lagi dengan siswa

b.      Seorang guru harus memiliki perangkat pembelajaran terutama RPP dan silabus

c.       SMK 2 Muhammadiyah Malang harus memiliki lapangan parkir permanen

d.      Dalam mengajar harus mempunyai metode dan lebih tegas dalam menghadapi siswa yang nakal.



B.     Saran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata