6 Nov 2012

Contoh Silabus Mata Pelajaran Praktik Ibadah; Pendidikan Karakter


Silabus Mata Pelajaran
1.       Identitas Mata Pelajaran
Nama Mata Pelajaran: Praktik Ibadah
Semester: Ganjil
Satuan Pendidikan: Sekolah Menengah Kejuruan 02 Muhammadiyah Malang
Guru Praktikan: M. Feri Firmansyah


2.       Deskripsi Mata Pelajaran
Mata Pelajaran ini membahas tentang Ibadah seperti Shalat, tata cara kepengurusan jenazah dan hukum dalam Al-Quran atau secara umum mempelajari tentang hubungan dengan Allah.

3.       Standar Kompetensi
Siswa memahami Mad

4.       Matriks Pembelajaran
NO
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Nilai Karakter
Media
Alokasi Waktu
Evaluasi
Sumber Belajar
1.



2.





3.
Mengenali Mad Thabi’i


Menyebutkan contoh-contoh Mad Thabi’i


Membaca Mad Thabi’i
1.Siswa mampu menyebutkan Mad Thabi’i

2. Siswa mampu menguraikan Mad Thabi’i

3.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Thabi’i


Mad atau bacaan panjang
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
1 TM
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
Al-Quran terjemahan

Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
4.






5.







6.





7.
Mengenali Mad Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil

Menyebutkan contoh-contoh Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil

Membaca Mad Jaiz Munfasil dan Mad Wajib Muttasil

Membedakan bacaan Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil
4.Siswa mampu menyebutkan contoh Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil

5. Siswa mampu menguraikan Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil

6.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil

7. Siswa mampu membedakan cara membaca Mad Wajib Muttasil dan Mad Jaiz Munfasil
Mad atau bacaan panjang
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
1 TM
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
Al-Quran terjemahan

Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
8.







9.










10.









11.
Mengenali Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi

Menyebutkan contoh-contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi


Membaca Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi



Membedakan bacaan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi

8.Siswa mampu menyebutkan contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi
  
9. Siswa mampu menguraikan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi





10.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi



11. Siswa mampu membedakan cara membaca Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi
  
Mad atau bacaan panjang
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
1 TM
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
Al-Quran terjemahan

Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
12.




13.






14.





15.
Mengenali Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad

Menyebutkan contoh-contoh Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad

Membaca Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad

Membedakan bacaan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad

12.Siswa mampu menyebutkan contoh Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
  
13. Siswa mampu menguraikan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
 
14.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
 

15. Siswa mampu membedakan cara membaca Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Mad atau bacaan panjang
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
1 TM
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
Al-Quran terjemahan

Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
16.





17.







18.





19.














Mengenali Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah Thawilah

Menyebutkan contoh-contoh Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah Thawilah

Membaca Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah Thawilah

Membedakan bacaan Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah Thawilah

16.Siswa mampu menyebutkan contoh Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah Thawilah
   
17. Siswa mampu menguraikan Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah Thawilah
  
18.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah Thawilah
 
19. Siswa mampu membedakan cara membaca Mad Shilah Qashira dan Mad Shilah Thawilah

Mad atau bacaan panjang
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
1 TM
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
Al-Quran terjemahan

Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
20.







21.








22.







23.








Mengenali Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan Harfi Mukhaffaf

Menyebutkan contoh-contoh Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan Harfi Mukhaffaf
 

Membaca Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan Harfi Mukhaffaf


Membedakan bacaan Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan Harfi Mukhaffaf

20.Siswa mampu menyebutkan contoh Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan Harfi Mukhaffaf
 
21. Siswa mampu menguraikan Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan Harfi Mukhaffaf
 

22.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan Harfi Mukhaffaf
 

23. Siswa mampu membedakan cara membaca Mad Lazim Lazim Harfi’ Musyabba’ dan Harfi Mukhaffaf
 
Mad atau bacaan panjang
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
1 TM
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
Al-Quran terjemahan

Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
24.




25.







26.





27.










Mengenali Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq

Menyebutkan contoh-contoh Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
  

Membaca Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
 

Membedakan bacaan Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq


24.Siswa mampu menyebutkan contoh Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
 
25. Siswa mampu menguraikan Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
 
26.Siswa mampu mendeskripsikan Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
  
23. Siswa mampu membedakan cara membaca Mad Badal, Mad Tamkien dan Mad Farq
  
Mad atau bacaan panjang
Ceramah, Tanya Jawab, Drill
1.Membaca Al-Quran dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai tajwid pada bacaan Al-Quran
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
1 TM
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
Al-Quran terjemahan

Kaidah Tajwid KH. Imam Zarkasyi
















Sliabus Mata Pelajaran
1.       Identitas Mata Pelajaran
Nama Mata Pelajaran: Praktik Ibadah
Semester: Ganjil
Satuan Pendidikan: Sekolah Menengah Kejuruan 02 Muhammadiyah Malang
Guru Praktikan: M. Feri Firmansyah

2.       Deskripsi Mata Pelajaran
Mata Pelajaran ini membahas tentang Ibadah seperti Shalat, tata cara kepengurusan jenazah dan hokum dalam Al-Quran atau secara umum mempelajari tentang hubungan dengan Allah.

3.       Standar Kompetensi
Siswa memahami Tata Cara Shalat

4.       Matriks Pembelajaran
NO
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Nilai Karakter
Media
Alokasi Waktu
Evaluasi
Sumber Belajar
1.



2.



3.
Mempraktikkan Sholat Jum’at


Memperagakan tatacara shalat Jum’at

Mehamami shalat hukum shalat Jum’at

1.Siswa mampu mengamalkan shalat Jum’at dalam kehidupan sehari-hari



Shalat
Ceramah, Tanya Jawab, Simulasi
1.Membaca do’a shalat dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai moral ketika Shalat
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
1 TM
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
Al-Quran terjemahan

Sifat Shalat Nabi Muhammad saw karangan Syaikh Nashiruddin Al-Bani
4.



5.



Mempraktikkan Shalat Jenazah


Memahami hukum shalat Jum’at

1.Siswa mampu memperagakan tata cara shalat Jum’at


Shalat
Ceramah, Tanya Jawab, Simulasi
1.Membaca do’a shalat dengan fasih dan benar
2.Menerapkan nilai-nilai moral ketika Shalat
White Board, Power Point,
Anggota Badan (Ini belajar visual)
1 TM
Tugas Kelompok
Tes Tulis
Pengamatan
Al-Quran terjemahan

Sifat Shalat Nabi Muhammad saw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata