22 Nov 2012

Pendidikan dan Perubahan Sosial


Oleh M. Feri Firmansyah

Pendidikan dalam Perspektif Sosial
Pendidikan adalah alternatif utama membangun kualitas masa depan bangsa. Karena dalam pendidikan terdapat prestasi dan keunggulan daya saing diera global saat ini akan mudah di rancang kemudian diwujudkan dengan realitstis.

Untuk mengubah sosial pendidikan harus berani mengambil langkah inklusif-progresif, artinya harus berani mengambil langkah yang benar membangun dan merubah sosial tersebut. Karena dalam pendidikan itu terdapat prinsip bahwa social itu harus bisa berubah.
Menurut penulis pendidikan merupakan alat melompat dari tidak tahu menjadi tahu. Maka tidak heran jika pendidikan disebut social of change. Karena dengan pendidikan itu menurut pengamatan penulis, pendidikan itu bisa merubah status social pelaku, seperti kekayaan, kecerdasan dan tingkat emosional pelaku.
Dalam pendidikan yang namanya interaksi antara yang satu dengan yang lain. Sehingga yang namanya sosial dalam pendidikan itu sudah menjadi lumrah dan tidak dapat dihindari lagi. Selain itu, interaksi itu banyak menghasilkan etika-etika yang tertulis maupun tidak tertulis.
Perlu menjadi pegangan bahwa dalam kehidupan sosial, pendidikan itu mengemban tugas suci yaitu membenahi kualitas hidup manusia menjadi lebih baik. Biasanya dengan pendidikan pelakunya bisa menghadapi kemajuan zaman dengan tenang dan bisa bersikap arif dan bijaksana. Makaa oleh karena itu pendidikan akan menjadi kekuatan (power) dalam menghadapi kemajuan zaman yang sangat krusial ini.
Pendidikan bisa juga menjadi noble social, karena dengan pendidikan itu bisa merubah kehidupan sosial secara komprehensif, seperti ekonomi, politik dan lain-lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata