2 Nov 2012

Quantum Teaching dalam Pembelajaran

(Bobby De Porter,2001)

A.    Pendahuluan
Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa dan tugas guru yang sebagian besar terjadi di dalam kelas adalah membelajarkan siswa dengan menyediakan kondisi belajar yang optimal. Tugas di dalam kelas yang berhubungan dengan siswa ini berkaitan dengan minta, kehendak, percakapan maupun kegiatan-kegiatan mereka. Di samping itu, juga tugas guru berhubungan dengan sarana pengajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

    Suatu kondisi belajar yang optimal dicapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran serta pengendalian dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mencapai itu semua QT menunjukkan cara untuk menjadi guru yang lebih baik yang menguraikan cara-cara baru yang memudahkan proses belajar lewat pemaduan unsur seni dan pencapaian pembelajaran yang terarah.
    QT adalah pengubahan belajar yang meriah, dengan segala nuansanya, serta menyertakan segala kaitan, interaksi dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar. QT berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas interaksi yang mendirikan dan kerangka untuk belajar.
    Kata quantum memiliki arti interaksi yang mengubah energy menjadi cahaya. Dengan demikian, QT adalah orkestrasi bermacam-macam interaksi (mencakup unsur-unsur belajar efektif yang memengaruhi kesuksesan siswa) yang ada di dalam dan di sekitar momen belajar. Interaksi-interaksi ini mengubah kemampuan dan  bakat alamiah siswa menjadi cahaya yang akan bermanfaat bagi mereka sendiri dan bagi orang lain.
B.    Asas Utama
Quantum teaching  berstandar pada konsep ”Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, Dan Antarkanlah Dunia Mereka ke Dunia Kita”. Artinya : mengingatkan kita pada pentingya memasuki dunia murid sebagai langkah pertama untuk mendapatkan hal mengajar. Hak mengajar ini diberikan oleh siswa, bukan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Depdiknas mengeluarkan dokumen yang mengizinkan seseorang untuk mengajar. Berarti hanya wewenang untuk mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata