19 Mei 2013

Gagasan Malik Fadjar tentang Corak dan Sifat Pendidikan Ideal

Oleh MuFe El-Bageloka
 
Berikut ini corak-corak pendidikan ideal menurut Pak Malik Fadjar;
•    Pendidikan Integralistik mengandung komponen-komponen kehidupan yang meliputi; Tuhan, Manusia dan alam pada umumnya sebagai suatu yang integral bagi terwujudnya kehidupan yang
baik serta pendidikan yang menganggap manusia sebagai sebua pribadi jasmani-rohani, intelektual, perasaan dan individu sosial. Pendidikan yang integralistik diharapkan dapat menghasilkan output yang mempunyai integritas yang tinggi.
•    Pendidikan humanistik memandang manusia sebagai manusia, yakni sebagai mahluk ciptaan Tuhan dengan fitrah-fitrah tertentu. Sebagai mahluk hidup, ia harus melangsungkan, mempertahankan dan mengembangkan hidup atau pendidikan yang memanusiakan manusia.
•    Pendidikan yang pragmatik adalah pendidikan yang memandang manusia sebagai mahluk hidup yang selalu membutuhkan sesuatu untuk melangsungkan, mempertahankan dan mengembangkan hdupunya, baik bersifat jasmani dan rohani.
•    Pendidikan yang berakar budaya yang kuat, adalah pendidikan yang tidak meninggalkan akar-akar sejarah, baik sejarah kemanusian pada umumnya maupun sejarah kebudayaan suatu bangsa atau kelompok etnis tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata