31 Mei 2013

Kutipan Edukatif dari MuFe El-Bageloka tentang Pengembangan Anak dalam Perspektif Islam

Oleh MuFe El-Bageloka
 
Berikut ini adalah tulisan yang saya kutip dari berbagai sumber dan ini juga berkaitan dengan metode (tips) pengembangan, Edukatif itu sendiri adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan pengajaran dan ini saya paparkan untuk anda semoga bermanfaat;

•    Rasulullah saw, bersabda, “Apabila Allah mengkhendaki terhadap sebuah keluarga, Allah berikan kepada mereka kepahaman dalam agama, yang muda menghormati yang tua, kasih sayang menjadi anugerah dalam kehidupan mereka, pengeluaran mereka ekonomis dan diberi kemampuan untuk mengetahui aib diri lalu bertaubat dari kesalahannya. Sebaliknya, jika Allah mengkhendaki selain itu, mereka akan dibiarkan begitu saja.” (H.R. Daru Quthni dari Anas ra).
•    Seorang lelaki menegur Al-A’masy, “Bagaimana anda mau dikerumuni oleh anak-anak seperti itu?” “Kenapa tidak?” Sahut Al-A’masy, “mereka itulah calon pembela agama anda.” (Al-Kifaayah fi ‘ilmir Riwaayah, hal. 115)
•    Seorang wali murid yang anaknya belajar kepada Ibnu Sahnun r.a berkata, “Saya tidak pernah meminta anak saya membantu saya bekerja. Saya tidak ingin mengganggu belajarnya.” Tahukah anda, pahalanya belajar itu lebih besar dari pada anda berhaji dan berjaga di medan tempur dan berjihad” (Tarbiyah fi Al-Islma, hal. 250)
•    Sebuah mutiara hikmah mengatakan, “Bersegeralah mendidik anak seblum kesibukan menumpuk. Walaupun semakin dewasa anak bertambah cerdas, namun semakin banyak persoalan hidup yang harus dihadapi.”
•    Sayyid Qutb berkata “Saya percaya dengan kekuatan ilmu, juga percaya dengan kekuatan pengetahuan, namun jauh lebih percaya dengan kekuatan tarbiyah (pendidikan).” (Majalah Risalah, no. 99 thn. 1952)
•    Dari Anas, dari ayahnya, Nabi saw, beliau bersabda: “Barang siapa mengajarkan ilmu maka ia akan memperoleh pahala orang yang mengamalkannya tanpa mengurangi pahala orang yang mengamalkan tersebut” (H.R. Ibnu Majah/236)
•    Dari Abu Hurairah, bahwa Nabi saw bersabda “Sedekah yang paling utama adalah belajar ilmu yang dilakukan oleh orang muslim kemudian diajarkan kepada saudaranya yang muslim” (H.R. Ibnu Majah/ 239)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata