19 Jun 2013

Analisis Buku Akidah Dan Akhlak Kelas VII MTS

Oleh:
Arina wahyuni
Judul buku    : Membangun Akidah dan Akhlak
Penulis        : T. Ibrahim dan H. Darsono
Penerbit    : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

A.    Hasil analisis buku
Buku Membangun Akidah dan Akhlak untuk Madrasah tsanawiyah ini terdiri dari tiga jilid. Setiap jilid dipergunakan untuk satu tingkat kelas yang terbagi menjadi dua semester. Pembahasan dalam buku ini dilengkapi dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, tetapi tidak ada indikator pencapaiannya sehingga tidak diketahui indikator pencapaian dari setiap kompetensi dasar materi yang disampaikan . Uraian materi dalam buku ini disajikan dengan bahasa sederhana sesuai tingkat pemahaman siswa kelas VII. Di samping itu juga terdapat dalil-dalil dari setiap materi sehingga siswa bisa lebih paham terhadap materi yang disampaikan.

Selain itu, pembahasan langsung berkenaan dengan konteks yang ada dalam standar kompetensi, materi yang terkandung didalamya pun sudah sangat berkenaan dengan akidah akhlak atau tidak bercampur dengan materi yang lain. dan nasehat  atau akhlak karimah yang terkandung dalam setiap materi pembahasan sangat sederhana sehingga mudah diterapakn langsung dalam kehidupan sehari-hari.

B.    Analisis desain cover

Buku ini didesain dengan cover anak MTS yang sedang belajar membaca Al-Qur’an sehingga singkron dengan judul buku akidah dan akhlak untuk siswa MTS, gambar siswa yang memakai baju putih dan celana biru dongker yang menunjukkan siswa MTS, dan gambar siswa yang sedang belajar Al-Qur’an yang menunjukkan suatu Akhlak terpuji, sehingga desain ini sudah sangat cocok.

C.    Kelebihan buku
Buku membangun akidah dan akhlak untuk madrasah tsanawiyah ini merupakan buku pelajaran agama islam yang khusus membahas masalah akidah dan akhlak dalam agama islam. Buku ini berdasarkan standar isi madrasah tsanawiyah tahun 2008.
1.    Adanya tampilan cover pada setiap bab dapat menjadi gambaran awal dalam mempelajari materi yang ada di dalamnya.
2.    Buku ini dilengkapi dengan pedoman transliterasi arab latin berdasarkan keputusan bersama menteri agama dan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia no 158 tahun 1987 dan no 0543 b/u/ 1989, standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai dalam setiap pembelajaran
3.    Adanya petunjuk penggunaan buku.
4.    ada beberapa suplemen berupa kamus kecil berisi kata-kata penting yang perlu diingat beserta maknanya dan untuk menambah perbendaharaan kata bagi siswa.
5.    Adanya akhlak karimah untuk menggerakkan siswa dalam bersikap dan bertingkah laku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
6.    Adanya uji kompetensi untuk siswa, disajikan beberapa macam evaluasi untuk menguji pemahaman siswa dalam setiap akhir bab
7.    Adanya porto folio.
8.    Adanya dalil-dalil yang menujang siswa untuk lebih memahami materi.
9.    Adanya rangkuman pada setiap akhir bab
10.    Adanya uji kompetensi pada setiap akhir semester
11.    Sajian isi yang lengkap dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, penggunaan bahasa yang mudah dipahami

 
D.    Kekurangan buku:
1.    Tidak ada game
2.    Tidak ada indikator pencapaian
3.    Kata mutiara hanya ada satu sehingga dirasa kurang
4.    Gambar yang ada hanya terdapat pada cover setiap bab, di dalam materi tidak ada, sehingga kurang menunjang pembelajaran siswa


Revisi analisis program pengajaran

Smt.    Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar    Indikator Pencapaian    Alokasi Waktu
I    Memahami dasar dan tujuan akidah Islam    1.    Mengetahui dasar dan tujuan akidah Islam    1.    Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam
2.    Menunjukkan dalil tenteng dasar dan tujuan akidah Islam
3.    Menyebutkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam    4 jam pelajaran
(2xpertemuan)
        2.    Mendeskripsikan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan.    1.    Menyebutkan pengertian Iman, Islam, dan Ihsan
2.    Menjelaskan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan
3.    Membedakan Iman, Islam, dan Ihsan
4.    Menyebutkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan   
    Memehami keimanan kepada Allah melalui pengenalan terhadap sifat-sifat-Nya    1.    Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah    1.    Menjelaskan sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah
2.    Menyebutkan sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah
3.    Menunjukkan bukti atau dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah    10 jam pelajaran
(5xpertemuan)
        2.    Mengetahui sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah    1.    Menjelaskan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah
2.    Menyebutkan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah   
        3.    Mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah swt. dalam kehidupan sehari-hari    1.    Menunjukkan ciri-ciri atau tanda-tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah swt. dalam kehidupan sehari-hari
2.    Menyebutkan ciri-ciri atau tanda-tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah swt. dalam kehidupan sehari-hari   
    Terbiasa melakukan akhlak terpuji kepada Allah swt.    1.    Membiasakan sifat ikhlas, taat, khauf dan tobat    1.    Mengartikan sifat ikhlas, taat, khauf dan tobat
2.    Menyebutkan cirri-ciri orang yang bersifat ikhlas, taat, khauf dan tobat
3.    Menunjukkan nilai-nilai positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf dan tobat dalam fenomena kehidupan
4.    Menjelaskan akibat tidak mamiliki sifat ikhlas, taat, khauf dan tobat
5.    Biasa bersifat ikhlas, taat, khauf dan tobat    8 jam pelajaran
(4xpertemuan)
2    Memahami asmaul husna    1.    Mengenalkan 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)    1.    Melafalkan 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)
2.    Menguraikan 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)
3.    Mengartikan 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)
4.    Menghafalakan 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)    10 jam pelajaran
(5xpertemuan)
        2.    Mengetahui bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman terhadap 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)    1.    Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)
2.    Menjelaskan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)
3.    Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)
   
        1.    Mengidentifikasi perilaku orang yang mengamalkan 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)
    1.    Menyebutkan perilaku orang yang mengamalkan 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)
4.     Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)
   
        2.    Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)
    3.    Menyebutkan teladan dari sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)
4.    Menguraikan teladan dari sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 asmaul husna( Al-aziz, Al-Ghaffar, Al-Basit, An-Nafi’, Ar-Rauf, Al-Barr, Al-Hakim, Al-Fattah, Al-Adl, dan Al-Qayyim)
   
    Memahami iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat    1.    Mengetahui iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat    1.    Menjelaskan iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat
2.    Menyebutkan hikmah iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat
3.    Menjelaskan pengertian makhluk ghaib selain malaikat
4.    Menyebutkan hikmah beriman kepada makhluk ghaib selain malaikat     10 jam pelajaran
(5xpertemuan)
        2.    Mengetahui bukti atau dalil kebenaran adanya malaikat-malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat seperti: jin, setan dll    1.    Menunjukkan bukti atau dalil kebenaran adanya malaikat-malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat seperti: jin, setan dll
2.    Menyebutkan bukti atau dalil kebenaran adanya malaikat-malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat seperti: jin, setan dll
   
        3.    Mengetahui tugas dan sifat-sifat malaikat-malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat seperti: jin, setan dll
    1.    Menjelaskan tugas dan sifat-sifat malaikat-malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat seperti: jin, setan dll
2.    Menyebutkan tugas dan sifat-sifat malaikat-malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat seperti: jin, setan dll
   
        4.    Mengidentifikasi perilaku beriman malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat seperti: jin, setan dll
    1.    Menyebutkan perilaku beriman malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat seperti: jin, setan dll
2.    Menerapkan perilaku beriman malaikat Allah dan makhluk ghaib selain malaikat seperti: jin, setan dll
   
    Terbiasa menghindari akhlak tercela kepada Allah    1.    Membiasakan diri untuk menghindari akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifak)    1.    Menjelaskan pengertian riya dan nifak
2.    Menguraikan pengertian riya dan nifak
3.    Menyebutkan bentuk dan contoh- contoh perbuatan riya dan nifak
4.    Menunjukkan bentuk dan contoh- contoh perbuatan riya dan nifak
5.    Menunjukkan nilai-nilai negative akibat perbuatan riya dan nifak dalam fenomena kehidupan
6.    Biasa untuk menghindari perbuatan riya dan nifak dalam kehidupan sehari-hari    2 jam pelajaran
(1xpertemuan)






2 komentar:

Mari kita membaca dengan hati plus mata