29 Jun 2013

KETERAMPILAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN



Agar dalam proses pembelajaran tercipta suasana menyenangkan, maka seorang guru dituntut memiliki seni bertanya yang mudah difahami oleh siswa. Keterampilan bertanya meliputi keterampilan bertanya dasar dan ketermpilan bertanya lanjutan.
Keterampilan bertanya dasar mencakup; pertanyaan jelas dan singkat, pemberian acuan, pemusatan perhatian, pemindahan giliran/penyebaran pertanyaan dan pemberian tuntunan.


Persyaratan
1.    Pertanyaan jelas dan singkat; setiap pertanyaan diusahakan jelas dan singkat memperhitungkan
Contoh:
    Anak-anak, diantara kalaian yang sekarang ada di kelas ini, siapa yang tadi pagi tidak mengambil air wudhu’? SALAH
    Anak-anak, siapa yang tadi pagi tidak berwudhu’?
2.   
    Anak-anak, binatang apa yang diharamkan oleh Islam?

3.    .
4.    Memberi giliran dan menyebarkan pertanyaan; Guru sebisa mungkin menyebarkan  pertanyaan dan memberi giliran/kesempatan dalam menjawab pertanyaan kepada semua siswa.
    Ajukan pertanyaan kepada seluruh siswa
    Beri kesempatan berfikir, lalu tunjuk salah satu dari mereka
    Ajukan jawaban tersebut kepada siswa yang lain untuk ditanggapi
    Ajukan kembali pertanyaan berikutnya
5.    Pemberian tuntunan; Guru memberi tuntunan agar siswa dalam menjawab tidak salah.
    Guru menunjuk gambar binatang tertentu yang diharamkan atau yang dihalalkan oleh siswa, seraya mngajukan pertanyaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata