21 Jun 2013

Metode Pendekatan atau Pengkajian Novel dan Cerpen



Pendekatan atau pengkajian sebuah novel dapat menggunakan cara-cara sebagai berikut;
1.       Pendekatan struktur, yaitu pendekatan yang
menitikberatkan struktur bahasanya. Sebagai akibat adanya hak kebebasan menggunakan kata-kata atau lisentia poetica. Bahasa pengarang sering menyimpang dari struktur yang normal. Oleh karena itu, untuk mempermudah pemahaman struktur bahasanya perlu dikembalikan ke struktur yang betul dan tepat yang normal.
2.       Pendekatan semantik, yaitu pendekatan yang lebih banyak menaruh perhatian pada arti kata-katanya. Walaupun bahasa prosa tidak sesulit bahasa puisi karena adanya kata-kata yang dipergunakan secara efektif, ekspresif dan konotatif, diperlukan pendekatan yang khusus pula.
3.       Pendekatan intuitif, yaitu pendekatan yang dilaksanakan dengna mengutamakan penangkapan dan kesan-kesan yang  timbul setelah menikmati satu karya sastra. Hal ini dapat dilakukan dengna memahami unsur-unsurnya terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa karya sastra merupakan kesatuan yang integral dari bagian-bagiannya dan bukan merupakan persatuan. Ini berarti unsur-unsur  itu saling luluh dan tidak berdiri sendiri.

NB;
Kutipan dari buku yang berjudul MEMAHAMI NOVEL ATHEIS, hal. 5
Karya Kusdiratin, dkk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata