21 Jun 2013

Pandangan Islam tentang Ekonomi, Politik dan Seni; Kumpulan pertanyaan

Oleh MuFe El-Bageloka

1.    Ekonomi merupakan salah satu kegiatan penting yang dipikirkan oleh Islam. Banyak sekali masalah ekonomi yang disebutkan dalam al-Qur’an.
a.    Bagaimana Islam melihat masalah ekonomi sebagai sarana menuju ketakwaan?
Jawabannya
Islam melihat ekonomi sebagai sarana dakwa yakni dengan sedekah, infaq dan zakat. Karena menurut saya dengan menerapkan zakat yang sebenarnya maka akan menuntaskan kemiskinan selain itu Ini juga merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah.

b.    Apa makna riba dalam Qur’an surat al-Baqarah 275-276? beri penjelasan yang memadai!
Jawabannya
Makna riba secara bahasa adalah bertambah. Jadi menurut perspektif Islam riba itu sangat diharamkan. Dalam syariat Islam, riba diartikan dengan bertambahnya harta pokok tanpa adanya transaksi jual beli sehingga menjadikan hartanya itu bertambah dan berkembang dengan sistem riba. Maka setiap pinjaman yang diganti atau dibayar dengan nilai yang harganya lebih besar, atau dengan barang yang dipinjamkannya itu menjadikan keuntungan seseorang bertambah dan terus mengalir, maka perbuatan ini adalah riba yang jelas-jelas diharamkan oleh Allah Subhannahu Wa Ta’ala dan Rasul Nya Shalallaahu alaihi wasalam, dan telah menjadi ijma’ kaum muslimin atas keharamannya.
Dalam menafsirkan ayat diatas, sahabat Ibnu ‘Abbas Radhiallaahu anhu berkata: “Orang yang memakan riba akan dibangkitkan pada hari kiamat dalam keadaan gila lagi tercekik.”
(Lihat Tafsir Ibnu Katsir, 1/40)
Imam Qatadah juga berkata: “Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta riba akan dibangkitkan pada hari Kiamat dalam keadaan gila sebagai tanda bagi mereka agar diketahui para penghuni padang mahsyar lainnya kalau orang itu adalah orang yang makan harta riba.”
(Lihat Al-Kaba’ir, Imam Adz-Dzahabi, hal.53).
Dari kedua imam itu dapat kita tarik kesimpulan bahwa Riba itu tetap haram

c.    Bagaimana pula pandangan Islam tentang bank, asuransi, valuta asing, dan bursa efek ? berikan masing-masing alasan yang menguatkan?
Jawabannya:
Selama tidak bertentangan dengan syari’  at Islam itu jelas tidak dilarang atau tidak ada unsur penipuan maka itu dibolehkan. Memang dalam fiqh klasik ini tidak ada, tetapi zaman kan sudah modern jadi kita juga perlu fiqh modern. Prinsip yang membolehkan ketiganya adalah dengan tologn menolong.

2.    Politik atau as-Syiyasah dan hukum atau al-hukm adalah dua hal yang saling berkaitan dalam kehidupan bernegara. Namun Islam mempunyai pandangan tersendiri atas dua hal tersebut.
a.    Jelaskan pengertian as-Syiyasah menurut Islam dan berikan contoh dalam menerapkannya!
Jawabannya;
Secara sederhana siyasah syar’iyah diartikan sebagai ketentuan kebijaksanaan pengurusan masalah kenegaraan yang berdasarkan syariat. Jadi rumusannya siyasah syar’iyah yakni dengan: Pengelolaan masalah-masalah umum bagi pemerintah islam yang menjamin terciptanya kemaslahatan dan terhindarnya kemudharatan dari masyarakat islam,dengan tidak bertentangan dengan ketentuan syariat islam dan prinsip-prinsip umumnya, meskipun tidak sejalan dengen pendapat para ulama mujtahid. Contohnya KPK, Pembagian daging kurban dll.

b.    Jelaskan pula pengertian al-hukm dalam Islam serta penerapannya ?
Jawabannya:
al- hukm menurut Jumhur sebagaimana yang dimaksud oleh al- Amidy, bahwa pengertian hukum secara terminologi adalah, khitab (titah) Allah yang berhubungan dengan perbuatan mukallaf yang berbentuk tuntutan atau kebolehan memilih (antara mengerjakan atau meninggalkan), atau berupa ketetapan”. Penerapannya yakni fatwa ulama tentang pembunuhan para teroris.

c.    Bagaimana Islam memandang permasalahan kepemimpinan ? sertakan satu ayat yang relevan !
Islam memandang kepemimpinan itu penting, karena bukankah dalam kepemimpinan itu sudah diterangkan dalam hadsit bahwa “setiap kamu adalah pemimpin dan setiap yang dipimpinnya itu akan diminta pertanggung jawabannya di akhirat atas yang dia pimpin”. Adapun dalilnya terlalu banyak dalam al-quran, jadi intinya pada surat Al-Baqarah bagaimana tujuan awalnya diciptakan manusia untuk menjadi pemimpin.

3.    Islam sangat memperhatikan masalah seni dan budaya.
a.    Dalam pandangan anda, apa makna seni dan budaya dalam Islam?
Jawabannya;
Makna seni budaya menurut saya ialah sesuatu yang indah dan bisa mendekatkan diri kepada Allah, karena agama Islam itu adalah agama yang seni. Jadi pengikutnya harus bisa memahami seni dalam arti yang positif.

b.     Tunjukkan ayat-ayat yang mengisyaratkan tentang penghargaan Islam terhadap keindahan!
Jawabannya;
Saya lupa ayatnya, sesungguhnya Allah indah dan menyukai keindahan.

c.    Ada beberapa prinsip yang harus dipegang dalam berkesenian, apa sajakah itu ? jelaskan mengapa prinsip itu harus ada?
Jawabannya;
Seni itu ada karena seni itu penting, Prinsip seni antara lain;
1.    Tidak mengandung  unsur syirik
2.    Tidak melanggar akidah

d.    Selain sebagai keindahan seni dan budaya juga bertujuan sebagai alat dakwah, seperti apakah itu ? jelaskan argumentasi anda ! 
Jawabannya;
Seperti lagu-lagu yang bernafaskan Islami,


NB :
-    Jawaban ditulis tangan di kertas folio
-    Dikumpulkan sesuai jadwal UAS
-    Kerjakan secara mandiri


8 komentar:

  1. makasiiiiiiiiiiii jawabannya sangat membantu.................. keluar lagi di uas 2014......

    BalasHapus
  2. Ehhhhh dosennya pake soal dari sini buat UAS loh !!! Keren kan..... :D

    BalasHapus
  3. hadeeeeehhhhh............
    cukup lahulah...

    BalasHapus
  4. jawabannya sedikit, gimana mau cukupin 8 lembar pak, wkwkwk

    BalasHapus
  5. ealah dosenku dri sini toh soalnya,,cman knapa harus 8 lembar jwbbnya :(

    BalasHapus
  6. niceeeeeeeee wkwwkwkwkwwkw 8 lembar

    BalasHapus
  7. kita reuni di sini nawak-nawak

    BalasHapus

Mari kita membaca dengan hati plus mata