12 Apr 2014

Keutamaan Sabar

Sabar merupakan sifat yang sangat mulia. Karena sabar adalah kunci sukses seseorang dalam meraih impian yang dia impikan. Dalam Islam sabar mempunyai keutamaan, antara lain;

1. Allah memerintahkan sabar. “Dan mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat”. (QS. Al-Baqarah: 45)
2. Allah melarang bersikap lemah dan selalu bersedih hati. “Dan janganlah kalian bersikap lemah dan janganlah pula kalian bersedih.” (QS. Ali Imran: 139)
3. Allah memuji orang yang sabar. “Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 177)
4. Allah mencintai orang sabar. “Dan, Allah mencintai orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 146)
5. Allah bersama orang-orang yang sabar dan ini berarti Allah menjaga, melindungi dan menolong mereka. “Dan bersabarlah kalian karena Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Anfal: 46)
6. Allah mengabarkan bahwa sabar ini lebih baik bagi pelakunya. “Tetapi jika kalian bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar.” (QS. An-Nahl: 126)
7. Allah memberikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik. “Dan, sesungguhnya kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. AN-Nahl: 96)
8. Allah memberikan balasan tanpa batas kepada orang-orang yang sabar “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10)
9. Orang-Orang yang sabar mendapat kabar gembira. “Dan sungguh kami akan berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar” (QS. Al-Baqarah: 155)
10. Allah menjamin pertolongan bagi orang-orang yang sabar. “Ya cukup, jika kalian bersabar dan bertaqwa dan mereka datang menyerang kalian dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kalian dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda.” (QS. Ali Imran: 125)
11. Allah mengabarkan bahwa orang-orang yang sabar adalah orang-orang yang mulia. “Tetapi orang yang sabar dan memaafkan, sesungguhnya perbuatan yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.”(QS. Asy-Syura: 43)
12. Allah mengabarkan bahwa pahala amal shalih hanya layak diperoleh orang-orang yang sabar. “Kecelakaan yang terbesar bagi kalian, pahala Allah adalah baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal shalih dan tidak diperoleh pahala itu kecuali oleh orang-orang yang sabar”. (QS. Al-Qashash: 80)
13. Allah mengabarkan bahwa hanya orang-orang yang bersabarlah yang bisa mengambil pelajaran dan manfaat dari ayat-ayat Allah. “Keluarkanlah kaummu dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang, dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang yang penyabar dan banyak bersyukur.” (QS. Ibrahim: 5)
14. Allah mengabarkan bahwa keberuntungan yang diharapkan, keselamatan dari sesuatu yang ditakuti dan masuk surga, diperoleh orang-orang yang sabar “Dan, para malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu (sambil mengucapkan), ‘keselamatan bagi kalian berkat kesabaran kalian’. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS. Ar-Ra’d: 24)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata