21 Jun 2014

Kota 1001 Goa

Oleh Fendi Widagdo
Adakah yang tahu kota 1001 Goa..? Yupz, kota 1001 goa adalah julukan dari Pacitan. Pacitan adalah kota terpencil di Jawa Timur yang belum terlalu terkenal di Indonesia. Pacitan adalah kota yang kompleks. Karena di Pacitan ada laut, pantai, goa, gunung dan sawah yang hijau. Pacitan baru sepuluh tahun terakhir ini dikenal masyarakat luas. Karena anak bangsa terbaik yang memimpin Indonesia lahri di kota Pacitan. Beliau adalah Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau juga banyak membawa perubahan di kota Pacitan.
Pada awalnya akses menuju ke Pacitan sangat sulit dan berliku-liku, naik turun gunung dan jalannya sempit. Sekarang alhamdulillah infrastrukturnya berkembang pesat. Dari jalannya yang kini lbear dan tidak terlalu berliku-liku, dan karena telah dibukanya jalan baru yang masih asri, bersih dan alami karena Pacitan mempunyai banyak objek wisata maka dinamakan kota 1001 Goa.
Objek wisata yang terkenal saat ini adalah pantai Klayar, pantai Srau, pantai Watu Karung, Goa Gong, Goa Tabuhan, Pemandian air hangat dan pantai Teleng Ria, Objek wisata yang baru dipublikasi ke masyarakat luas adalah pantai Pidakan, Pantai Soge, Pantai Taman dan Pantai Anakan. Semua obyek wisata baru ditemukan di sepanjang jalan lintas selatan yang menjadi kebanggaan masyarakat Pacitan dimana mobilitas masyarakat menjadi lebih cepat dan di samping kanan kiri dihiasi pemandangan yang sangat luar biasa.
Semua objek wisata di Pacitan mempunyai keunikan sendiri, Pantai Klayar. Yakni dapat melihat laut lepas pantai dengan lau biru yang terhempas luas, keunikan di pantai ini bahwa kita bisa melihat batu yang menyerupai Spinx di Mesir dan tidak hanya kita dapat melihat semburan ombak dicelah tebing seperti air terjun. Pantai watu karung, pantai ini menawarkan keindahan pasir putihnya dan ombaknya sangat indah dan tidak terlalu besar.
Pantai Srau, di sini kita bisa melihat spot-spot pantai kecil, karena pantai Srau adalah pantai perbukitan dimana adal lekuk-lekuk bukit tersebut yang membentuk spot-spot pantai kecil dan salah satu spot di pantai Srau adalah surganya para peselancar. Karena di sini ombaknya besar dan membuat peselancar menjadi tertantang.
Goa Gong adalah Goa terindah di Asia Tenggara dengan Stalaktid dan Stalakmidnya menjulang tinggi, keunikan dari goa ini karena salah satu batunya bisa membunyikan suara Goang jika dipukul. Sedangkan Goa Tabuhan, goa ini bisa mengiringi lagu karena goa ini bisa menghasilkan soud gamelan.
Pantai Teleng Ria adalah pantai yang terdekat dengan pusat kota, hanya butuh kurang lebih sepuluh menit dengan kendaraan pribadi. Di sini kita bisa menikmati water park dan keindahan teluk kota Pacitan. Selanjutnya pantai yang masih dibilang baru karena pantai di sepanjang JLS baru dibuka buat umum sekitar dua tahun terakhir, pantai pidakan, pantai yang mempunyai batu sepanjang bibir pantai dan jika kita menginjak air lautnya langsung karena airnya tenang dan kita bisa melihat ikan-ikan kecil. Dan pantai terakhir adalah Pantai Soge adalah pantai yang paling banyak dikunjungi, karena letak pantai ini sangat strategis hanya di sambing jalan besar jalur lintas selatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata