15 Agt 2014

Kenakalan Remaja

Oleh Rahmanianda Mutmainnah

Di erah modern seperti ini kenakalan remaja sudah dianggap sebagai hal yang biasa, cara pandang tersebut sebenarnya salah satu sebab yang dapat merusak nilai-nilai agama, budaya serta sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Faktor penyebab kenakalan remaja
  1. Kurangnya perhatian dari orang tua; Perhatian dan didikan orang tua sangat dibutuhkan oleh remaja. Sebab diusia labil seperi ini banyak sekali pengaruh yang menjerumuskan seseorang ke dalam hal negatif. Oleh sebab itu perhatian dari orang tua sangat dibutuhkan.
  2. Akibat pergaulan bebas; Bergaul dengan siapapun boleh-boleh saja, tetapi kita harus dapat membedakan apakah pergaulan itu ke arah positif atau sebaliknya. Jikalau kita bergaul dengan teman-teman yang dapat membawa kita ke arah positif itu tidak masalah, hal tersebut akan memberikan dampak yang baik pula untuk diri kita. Akan tetapi, jikalau sebaliknya hal tersebut dapat menjerumuskan kita ke arah yang tidak baik, seperti terlibat tawuran, nongkrong tidak jelas yang akhirnya membuat kita tidak mengingat Allah.
  3. Kurangnya mempelajari nilai-nilai agama; Sebagai seorang muslim kita wajib mempelajari nilai-nilai agama, sebab apabila kita tidak mempelajari nilai-nilai agama kita akan selalu berbuat kesalahan, seperti nongkrong tidak jelas dan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.
Kenakalan remaja tersebut tidak boleh dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar hal tersebut tidak berkembang dalam masyarakat;
  • Sebagai orang tua harus selalu memperhatikan anaknya
  • Sebagai orang tua juga wajib mengingatkan dan
  • Selalu mengingat Allah, yakni dengan bertakwa
  • Selalu mengisi majelis ilmu
  • Kesadaran diri sendiri
Remaja adalah generasi penerus bangsa yang merupakan harapan dan tumpuan negara sebagai calon pemimpin masa depan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata