14 Agt 2014

Ramadhan Undercover Potret Setiap Tahun

Oleh MuFe El-Bageloka

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh kaum muslimin karena bulan ini terdapat diskon besar-besaran mulai dari pahala hingga harga barang dan ini tidak kita jumpai di bulan lain. Selain itu, di bulan Ramadhan juga para syaitan diikat oleh Allah swt, walaupun banyak juga Syaitan-syaitan yang menggoda manusia untuk membatalkan puasa, yakni makan di pinggir jalan ketika ada warung buka dan membuat orang-orang marah yakni banyak suara bom yang hanya meledak suaranya saja. Mungkin inilah potret bulan Ramadhan dari tahun ke tahun.


1. Petasan
Tradisi ini tidak bisa hilang pada bulan Ramadhan. Parahnya lagi, ketika orang shalat petasan masih menggelegar sehingga ini yang membuat orang tidak khusu' untuk shalat. Padahal kalau kita kaji secara mendalam mengganggu orang shalat itu tidak boleh, baik sengaja maupun tidak sengaja.
ntar ketika imam baca ayat, pas ada ledakan petasan imamnya langsung teriak "AAAAa" kan gawat jadinya

2. Jama'ah Ramai di Awal Bulan
Bukan rahasia umum lagi kalau jama'ah Indonesia selalu meramaikan masjid ketika Ramadhan menyambut. Tetapi shafnya maju sedikit demi sedikit ketika sudah mendekati akhir, karena para jama'ah lebih memilih tempat belanjaan yang diskon besar-besaran itu.

3. Diskon Besar-besaran
Di sini terlihat kecerdikan dari setiap pedagang pakaian ataupun barang yang lain memanfaatkan suasana religiusnya bulan Ramadhan.

4. Para Artis memakai jilbab musiman ataupun kopiah dadakan
Entah artis beriman ataupun tidak, islam ataupun non Islam mereka berlomba-lomba memakai jilbab musimannya itu.

5. Teriakan Sahur-sahur
Teriakan band dadakan macam ini cuma ada di Indonesia, tidak ada di tempat lain. Luar biasa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata