17 Mei 2015

Pondasi Dasar Mengelolah Lembaga Pendidikan

MuFe Photograpper

Mengelolah lembaga pendidikan memerlukan keterampilan, ketekunan dan kepemimpinan yang visioner dalam mengelolah dan membentuk sistem pendidikan tersebut. Sebelum mengelolah lembaga pendidikan, terlebih dahulu yang harus dipahami pertama, yakni:


a.    Planning
Mengelolah lembaga pendidikan yang baik yakni lembaga yang memiliki planning (perencanaan) baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Semuanya harus jelas dan detail. Perencanaan dalam lembaga pendidikan itu sangat penting karena perencanaan itu berfungsi untuk memetakan arah dan tujuan dari lembaga pendidikan tersebut. Perencanaan ini meliputi konsep, infrastruktur dan sistem pendidikan itu sendiri (Kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan serta peserta didik).

b.    Organizing
Ini merupakan pondasi kedua setelah planning. Biasanya perencanaan yang tak terorganisir tidak akan berjalan dengan semestinya atau dengan kata lain sulit untuk dijalankan. Berarti disini perencanaan harus diorganisir dengan baik pelaksanaannya, yakni mana yang dilaksanakan terlebih dahulu dan mana yang dilaksanakan sesudahnya. Karena ini bisa membuat perencanaan itu dapat dijalankan dengan tertib, yakni mana yang didahulukan dan mana yang diakhirkan.

c.    Actuating
Setelah terorganisir ataupun diatur. Maka pondasi yang kedua yakni implementasi dari perencanaan itu sendiri. Dalam menjalankan perencanaan yang telah diatur memerlukan KAS (Kerja IkhlAS, Kerja KerAS, Kerja CerdAS dan Kerja IkhlAS).

d.    Controling
Pondasi ini yang paling sulit dalam pelaksanaannya. Karena kalau lengah sedikit  berdampak pada perencanaan itu sendiri. Controling ini memerlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk melaksanakan dan tidak boleh ada tumpang tindih. Istilahnya saling mengasah satu sama lain atau tidak ikhlas dalam melaksanakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata