10 Jun 2015

Analisis Hikmah Foto Karya Kevin Carter; Sebuah Icon Dunia

Oleh MuFe El-Bageloka
Karya Kevin Carter
Awalnya saya tidak terlalu tertarik dengan dunia photografi. Namun setelah melihat foto ini, hatiku terenyuh untuk mencari siapa yang memotretnya. Setelah mencari photograferna, ternyata gambar ini diambil oleh seorang jurnalis sekaligus seorang photografer terkenal yakni Kevin Carter.
Entah apa judul dari foto ini. Tetapi makna yang terdalam dari foto ini adalah mengajak kepada untuk selalu melihat saudara kita yang dilanda kelaparan yang sangat dahsyat. Selain itu, foto yang diambil di Sudan ini mengandung hikmah jika ditinjau dari beberapa aspek;

A. Aspek Sosial
Foto ini sangat menggugah kita untuk melihat sisi kemanusian yang tak tersentuh oleh hati. Di sinilah hati nurani kita diuji, sejauh mana kita mengasihi saudara kita yang dilanda musibah kelaparan.

B. Aspek Profesionalitas
Terkadang seorang fotografer di medan peperangan dituntut untuk netral dan tidak boleh menolong. Ini yang dijunjung oleh Kevin Carter yang mana dia tidak boleh menolong anak tersebut meskipun hatinya ingin menolong. Walaupun terkadang banyak yang bertanya, mana yang lebih kita dahulukan memotret atau menolong?, Untuk menjawab pertanyaan ini memerlukan dilema yang besar. Karena seorang fotografer terjebak diantara dua sisi yakni  sisi Profesionalitas dan Sisi Kemanusian.

1 komentar:

  1. trimakasih infonya gan,,
    sangat menarik,,
    mantap,,

    BalasHapus

Mari kita membaca dengan hati plus mata