25 Okt 2010

Biografi Singkat Nikolaus Otto

Kejayaan suatu kaum apabila di dalamnya banyak terdapat orang – orang yang menghargai ilmu pengetahuan atau sains yang mana dengan sains banyak kemudahan yang diperoleh oleh setiap manusia dalam melakukan aktivitasnya masing – masing. Dengan adanya kemudahan yang diperoleh oleh setiap manusia tidak lepas dari peranan para ilmuwan – ilmuwan yang brilian dengan penemuan mereka tentang tekhnologi.
Lahirnya para intelektual Barat tidak lepas dari kejayaan Islam di masa lalu, yang mana pada perdaban Islam banyak melahirkan ilmuwan yang menemukan ilmu – ilmu dasar, dan ini dilanjutkan oleh para intelektual Barat.
Tidak bisa dipungkiri lagi jika perdadaban Islam telah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan pemikiran dunia. Nama itu, seperti Ibnu Sina, Al Farabi, Ibnu Khaldun dan lain – lain telah menjadi rujukan para intelektual Barat atau ilmuan modern.
Dalam tulisan ini, penulis akan mencoba untuk menyajikan biografi singkat tentang salah ilmuwan yang berpengaruh di dunia dengan karya dan pemikirannya hingga saat ini masih kita rasakan.
Jika boleh berandai, apa yang terjadi jika dia tidak menemukan inovasi yang mereka lakukan untuk mengubah dunia. Maka penulis menyarankan untuk mensyukuri setipa nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan yang maha kuasa. Sebab atas kekuasaannya pula lahir para ilmuwan modern yang memberikan kontribusi lebih pada dunia.
Uniknya dari para ilmuwan Barat Modern, rata – rata mereka bukan berasal dari kalangan elit. Akan tetapi justru sebaliknya mereka dilahir dan dibesarkan di lingkungan keluarga yang tidak mampu. Akan tetapi karena ketekunan dan keuletan mereka dalam menekuni setiap apa yang mereka pelajari.
Ini berarti mengajarkan kepada para calon intelektual, jangan hanya mau belajar tanpa ada kontribusi terhadap dunia. Mereka para ilmuwan Barat bisa pintar karena mereka tidak pernah menyerah dalam menghadapi setiap kesulitan hingga kesulitan itu bisa mereka atasi.
Pada kesempatan ini penulis akan mencoba untuk mengutip pendapat dari Winston Chuchill “keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi setiap suatu kegagalan hingga kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat”.
Pembaca yang budiman, selamat menikmati sajian penulis yang kurang sempurna ini. Semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi bagi orang – orang yang ingin sukses dan mengukir tinta emas bagi dunia.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada kakanda – kakanda tercinta yang telah memberikan saya tugas yang begitu mendidik. Karena dengan adanya tugas semacam ini, saya banyak mengetahui bagaimana liku – liku perjalanan para tokoh yang berpengaruh bagi dunia.
Pada kesempatan ini pula saya mohon maaf, mumpung ada kesempatan karena mau dekat lebaran. Apabila ada sikap dan perbuatan saya yang kurang menyenangkan bagi para kakaknda – kakanda yang tercinta. Maka sekali lagi saya mohon maaf yang setulus – tulusnya.
Rumusan Permasalahan
Penulis pada kesempatan ini akan mencoba untuk mengupas sedikit tentang Nikolaus August Otto yang mana dia telah memberikan kontribusi lebih bagi dunia.
OKE SELAMAT MEMBACA.




Jejak – jejak Pejalanan Nikolaus August Otto
Mungkin Nikolaus Otto, tidak setenar Isac Newton. Hal ini merupakan hal yang wajar karena pemikirannya tidak begitu dikaji oleh para ilmuwan modern. Untuk itu, simaklah tulisan ini.
Nikolaus August Otto dilahirkan pada tanggal 14 juni 1832 di Holzhausen, Jerman. Ayahnya meninggal dunia ketika dia masih kecil. Sekolahnya harus putus pada umur enam belas tahun karena sudah tidak memiliki biaya.
Dengan kondisi semacam itu, tidak membuatnya frustasi berbagai macam kerja yang ia lakukan hanya untuk mencapai cita – citanya. Bayangkan kawan, jabatan pertama beliau adalah sebagai salesman keliling yang menjual teh, kopi dan gula. Ia segera mengembangkan suatu minatnya di dalam tekhnologi baru dan memulai melakukan percobaan dengan membangun four – stroke mesin / motor (diilhami dari Lenoir’ Two – Stroke gas driven mesin pembakaran bagian dalam)
Nikolaus August Otto merupakan salah satu ilmuwan penemu dan pencipta mesin dan motor dengan pembakaran empat langkah. Suatu jenis mesin yang dipakai jutaan manusia yang dibuat sejak saat itu hingga kini untuk menggerakkan mobil dan kendaraan. Sebagai seorang ilmuwan beliau memulai percobaan dengan mesin gas dan pada tahun 1864 ikut serta dengan dua kawan untuk membentuk perusahaannya sendiri.
Proses pembakaran pada bagian dalam mesin yan diciptakan Otto suatu pemikiran yang cermat dan brilian. Mesin jenis ini mulanya digunakan untuk menggerakkan perahu motor dan sepeda motor. Mesin tersebut juga biasa digunakan dalam industri dan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan penemuan pesawat terbang (hingga pesawat terbang bermesin Jet di tahun 1939, hakikatnya semua pesawat terbang digerakkan dengan pembakar yang bekerja menurut rancangan Otto). Tetapi, yang terpenting dari yang penting dalam penggunaannya adalah pemakaiannya dalam gerakan mesin mobil yang hingga saat ini bisa kita rasakan manfaatnya.
Sebenarnya sudah banyak percobaan yang dilakukan untuk membikin mobil sebelum Otto menciptakan mesinnya. Beberapa penemu seperti Siegfried Marcus (1875), Etienne Lenoir (1862) dan Nicolas Joseph Cugnot (1769), telah berhasil membikin model yang bergerak. Tetapi, berhubung adanya kekurangan pada jenis mesin yang mesti mampu mengombinasikan antara keringanan dan kecepatan tinggi, ternyata tidak satupun dari model – model yang memiliki fungsi seperti penggunaan itu.
Namun demikian, dalam jangka lima belas tahun sejak otto menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran. Dua penemu yang berbeda yaitu Karl Benz dan Gottlieb Daimler, masing – masing secara tersendiri membuat mobil praktis dan laku di pasaran. Tetapi udah jelas jika di abad lalu sekitar sembilan puluh persen menggunakan mesin dengan empat dorongan pembakaran yang merupakan hasil penemuan Otto.
Pada umumnya, penemuan – penemuan ilmiah besar yang memberikan kemashlahatan bagi umat manusia walaupun ada penemuan yang telah mengakibatkan berjuta orang telah meninggal sebut saja seperti penemuan peledak dan senjata modern. Namun demikian, penemuannya telah mengubah dunia hampa menjadi hingar bingar dengan adanya mobil – mobil yang berdampak pada penigkatan aktivitas manusia.
Sekitar tahun 1860, Otto mendapat kabar bahwa penemuan mesin yang digerkkan oleh gas Etienne Lenoir (1822 – 1900 M), mesin pertama yang dapat bergerak. Otto menyadari, kalau saja mesin Lenoir saja mesin Lenoir bisa menggunakan bahan bakar cair, pasti akan lebih berdaya guna karena tidak perlu lagi memikirkan soal pembuangan gas. Otto kemudian merancang sebuah alat yang disebut dengan karburator, tetapi ciptaannya ditolak oleh paten karena alat yang serupa pernah dibuat oleh orang lain.
Karena ditolak, Otto tidak putus asa. Dia terus menukuni penyempurnaan ciptaan Lenoir. Pada tahun 1861 terpikir olehnya gagasan pembuatan mesin dasar model baru yang bergerak atas dasar empat dorongan putaran (mesin Lenoir dengan dua dorongan). Pada bulan Januari Otto membuat jenis mesin tersebut.
Saat ia memulai penciptaannya, dia menemui banyak rintangan dan kesulitan khususnya dalam praktik mesin itu. Sehingga dengan terpaksa ia meninggalkan pekerjaannya dan sebagai gantinya dian mengembangkan “mesin udara” sebagao langkah penyempurnaan mesin dengan dua dorongan yang digerakkan oleh gas. Pada tahun 1863 dia mematenkan hasil penemuannya ini. Tidak lama kemudian dia bersama Eugena Langen membuat pabrik kecil dan menyempurnakan hasil rancangannya.
Pada tahun 1867 dia mematenkan hasil penemuannya dan dua dororngannya dianugerahi mendali emas dalam World Fair di Paris. Setelah itu, penjualan mesinnya melesat dan keuntungan mesinnya pun melimpah. Tahun 1872 dia mempekerjakan Gottlieb Daimler, seorang insinyur brilian yang berpengalaman dalam menejemen pebrik untuk memperlancar produksi mesinnya.

Meski telah berhasil menemukan mesin dengan dua pendorong yang telah membuat ia kaya, dia tetap berambisi untuk mesin dengan empat dorongan yang mengompres campuran minyak dan udara sebelum terjadi pembakaran yang merupakan penyempurnaan mesin Lenoir tak terbandingkan. Akhirnya moddel ini dapat dibuat pada tahun 1876 tepatnya pada bulan Mei dan setahun kemudian patennya ia peroleh. Dan penemuannya ini telah terjual sebanyak 30.000 mesin dalam waktu 10 tahun dan telah menyisihkan sepenuhnya mesin hasil temua Lenoir.
Paten Otto ini pernah menjadi perkara pada tahun 1886, dimana seorang berkebangsaan Perancis (Alponse Beau de Rochas) punya gagasan yang serupa di tahun 1862 dan telah mempatennya. Namun ia tidak terlalu terpengaruh karena penemuannya tidak pernah di pasarkan, dan lebih dari itu tidak pernah muncul sebagai suatu model. Selain itu, Otto tidak pernah mendapat ilham dari Rochas. Hal itu, bukannya hak paten Otto menjadi hilang melainkan pasaran mesinnya merajalela dan tentunya telah membuat ia menjadi kaya raya.
Nikolas August Otto meninggal pada tahun 1891 dalam keadaan kemashurannya. Sebelum tahun 1876 Otto menciptakan mesinnya, penyempurnaan menuju adanya mobil yang praktis hampir mustahil. Sesudah tahun, ketika Otto menemukan mesin dengan empat dorongan pembakaran, terbukalah kemungkinan – kemungkinan itu dan menjadi kenyataan hingga saat ini. Dengan sendirinya Nikolaus Otto tidak bisa dipungkiri merupakan salah seorang yang telah berhasil membuat dunia menjadi lebih modern seperti saat ini.
Prestasi - prestasi yang pernah diraih oleh Nikolaus Otto antara lain
v Penemu mesin pembakaran pertama
v Mendapatkan mendali emas di pameran dunia paris pada 1867
v Penemu mesin asmosfer pada tahun 1867 pada bulan Mei
v Wallahu a’lam bissawab
Itulah saudaraku, para ilmuwan itu tidak pernah berhenti memberikan kontribusi bagi masyarakat. Bukankah dalam Al – Quran telah mengajarkan kepada kita jika orang yang paling baik bagi masyarakat ialah orang yang bermanfaat bagi orang lain.
Para ilmuwan itu, tidak pernah putus asa dalam mencapai keinginannya, mereka terus menekuni setiap ahli yang mereka sukai. Lalu kapan kita seperti mereka, Al – Quran telah mengajarkan kepada kita dalam metode belajar yang sungguh indah yaitu dalam surat al ‘Alaq ayat 1 “bacalah dengan nama tuhanmu yang telah menciptakanmu”
Metode itulah yang diterapkan oleh para ilmuwan kita. Sehingga tidak heran jika mereka sukses. Karena secara tidak langsung mereka mengaplikasikan hikmah – hikmah yang terkandung dalam Al – Quran.
Ketahuilah saudaraku, bahwa mereka mendapatkan setiap kesuksesan dengan tetes keringat lelah. Dalam arti mereka mau bersusah payah untuk menekuni bidang yang mereka sukai walaupun itu, terdapat halangan dan rintangan.
Namun, setiap manusia lainnya selalu ingin sukses tetapi tidak mau berusaha. Sehingga yang ada hanyalah khayalan tingkat tinggi. Sungguh mereka tidak menyelami setiap hikmah kehidupan yang terkandung di dalamnya.



PENUTUP

Nikolas August Otto memiliki pengaruh besar terhadap kesejahteraan masyarakat dunia. Bahkan sampai sekarang masih bisa kita rasakan manfaat dari kerja keras beliau. Dengan ide dan gagasannya yang begitu brilian bukan hal yang mustahil jika sekarang sudah bisa dinikmati oleh manusia.
Kehormatan ini menempatkannya, seperti yang dikatan oleh salah satu ilmuwan, jika beliau sejajar dengan Isac Newton. Ia juga dianggap oleh sejumlah ilmuwan sebagai ilmuwan yang brilian.
Orang lain memberikan komentar tentangnya “ide – ide Nikolaus August Otto memudahkan para ilmuwan untuk mengembangkan tekhnologi. Tidak hanya itu dia juga memberikan fasilitas yang memudahkan masyarakat”
Demikianlah, Nikolaus August Otto dengan apa yang telah disumbangkan untuk peradaban dunia dan pemikirannya bagi bangsa Jerman. Maka sudah sepantasnya ia ditempatkan di antara para ilmuwan dan para pemikir di Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata