29 Jun 2013

Kelebihan dan Kekurangan Media; Seputar Pertanyaan



UJIAN TENGAH SEMESTER
MK. MEDIA PEMBELAJARAN PAI 2
PRODI. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAI-UMM

Jjawablah pertanyaan berikut ini!




Buatlah analisis media yang, menurut Anda,  bisa dimanfaatkan secara efektif untuk pembelajaran PAI dan sertakan penjelasannya! (Anda boleh mengikuti contoh table di bawah ini:)



NAMA : MANSYUR KAHRUDIN
NIM     : 09110044

NO.
JENIS MEDIA
TIPE  MATERI YG DIAJARKAN
KARAKTERISTIK SISWA
KELEBIHAN & KEKURANGAN
1.
Power point
Konsep,
Contoh: pengertian  zakat mal dan zakat fitrah
MAN Model kupang  kelas I, Umur siswa  16 tahun
Gaya belajar:  visual
Kelebihan: bentuknya sederhana, menarik perhatian, praktis dan sistematis.
Kekurangan: jika LCD tidak bisa beroperasi, tidak dapat menjangkau dalam kelompok besar,  hanya menekankan persepsi indra penglihatan saja


2.
Papan tulis
 fakta,
Contoh: Sejarah nabi Muhammad
MAN Model kupang kelas II, Umur siswa 17 tahun
Gaya belajar: visual
Kelebihan: materi mudah di mengerti, dapat menjangkau dalam kelompok besar, siswa lebih fokus,
Kekurangan: siswa cenderung ke ranah afektif, dan kurang konsentrasi dalam pembelajaran.

3.
Video
Prosedural,
Contoh,praktek tata cara berwudlu’
MAN Model kupang kelas III, Umur 18 tahun
Gaya belajar: visual
Kelebihan:  simple, menarik perhatian siswa, mudah di mengerti oleh siswa, Keterbatasan ruang dan waktu, tanpa memerlukan peralatan khusus dan mudah
Kekurangan: tidak dapat menjangkau dalam kelompok besar
, karena membutuhkan alat-alat yang mendukung terhadap terrealisasinya pembelajaran. Seperti LCD, dan layar proyektor
4.
Poster (gambar peraga yg berkaitan dengan praktek gerakan dalam shalat)
Prosedural,
Contoh: praktek  gerakan dalam shalat
SDN 1 Flores kelas II, umur siswa 7 tahun, Gay belajar: visual
Kelebihan:  simple, menarik perhatian siswa, dengan adanya gambar atau poster gerakan dalam shalat siswa mudah memahami,
Kekurangan: sulit dijangkau oleh siswa, praktek shalatnya kurang maksimal, siswa kurang konsentrasi
5.
Papan tulis
prinsip
Contoh: rukun iman  itu ada enam.
SDN 1 Flores kelas II, umur siswa 8 tahun, Gay belajar: visual
Kelebihan: tampilannya sederhana, muda dijangkau oleh semua siswa, dan bisa dibaca oleh semua siswa.
Kekuranagn: kurang maksimal, karena semua siswa belum tentu bisa baca al-Qur’an, sebaiknya dibacakan gurunya kemudian ditiru oleh siswa dan lebih simple.












Line Callout 3: Fakta, konsep, prinsip atau procedural? Contohnya?


Line Callout 3: (Kelebihan): Media itu berfungsi maksimal jika kondisinya bagaimana? Dan (Kekurangan): tidak berfungsi dengan maksimal jika muncul kendala apa saja? Jelaskan!


Line Callout 3: Umur siswa, gaya belajarnya dll..


 











PETUNJUK JAWABAN:
(a) Jawaban Anda diterima  paling lambat Sabtu, 21 April 2012, pukul 24.00;
(b) jawaban diketik komputer, singkat padat mengena, 1 spasi, marjin 4cm (atas& kiri) dan 3cm (bawah & kanan);
(c) jawaban dalam bentuk softfile, dan dikirim via email ke alamat: paknefayas@gmail.com

Malang,
16 April 2012,
Saiful Amien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata