5 Jun 2013

Pengertian Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning)

Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) adalah konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan nyata sebagai keluarga dan masyarakat. Keberhasilan Pembelajaran ini dapat dilihat dari siswa yang menguasai materinya.

Tujuan pembelajaran kontekstual adalah membekali siswa dengan pengetahuan yang secara fleksibel dapat diterapkan (ditransfer) dari suatu permasalahan ke permasalahan yang lain, dari suatu konteks ke konteks yang lain. Adapun komponen CTL antara lain;
  1. Konstruktivisme
  2. Menemukan dengan cara; observasi, bertnya, mengajukan dugaan, pengumpulan data, penyimpulan,
  3. Bertanya
  4. Masyarakat belajar adalah proses yang diperoleh dari kerjasama orang lain.
  5. Permodelan
  6. Refleksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata