29 Jun 2013

RPP, GJ





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


A. IDENTITAS
Nama Guru
:
Mansyur Kahrudin
Sekolah
:
SMA LembagaPemasyarakatan
Bidang Studi
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
:
XII / I

B. SILABUS
Judul
:
PERILAKU TERPUJI

Materi
:
1.    Adil
2.    Bijaksana
3.    Amal Saleh
StandarKompetensi
:
Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensidasar
:
1. Menjelaskan pengertian adil, rida, dan amal saleh
2.Menampilkan contoh perilaku adil, rida, dan amal saleh
3.Membiasakan adil, rida, dan amal saleh dalam kehidupan sehari-hari
Indikator Hasil Belajar
:
1.Siswa mampu menjelaskan pengertian adil, rida, dan amal saleh
2. Siswa mampu memberikan contoh perilaku adil, rida, dan amal saleh
3. Siswa mampu bersikap adil, rida, dan amal saleh dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu
:
2x45 menit (1xpertemuan)
Metode
:
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab
4.      Studi kasus

Media
:
1.     Buku ajar PAI
2.     Papan tulis, spidol, dan penghapus
3.     Al-Qur’an dgital/al-Qur’an terjemah
4.     Video yang berkaitan dengan akhlaq terpuji

C. PROSEDUR AKTIVITAS:
AKTIVITAS
PROSEDUR
DURASI
Scene Setting

Ø Salam pembukaan dan berdo’a bersama-sama
Ø Guru memberikan kata pengantar tentang  perilaku adil,
Ø Guru menjelaskan  pengertian adil, bijaksana, dan amal saleh
Ø Guru memberikan contoh sikap perilaku adil, bijaksana, dan amal saleh melalui gambar peraga yaitu guru menampilkan video, yang berkaitan dengan perilaku adil, bijaksana, dan amal saleh
Ø Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok
Ø Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa berupa tes lisan
Ø Guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah
Ø Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok
Ø Guru memberikan soal-soal latihan kepada siswa dikerjakan kemudian dikumpulkan, 
Ø Guru menyampaikan kesimpulan hasil belajar
Ø Guru sebelum mengakhiri pelajaran dengan berdo’a bersama,
Ø Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam


90 menit
Aktivitas Belajar Siswa

·      siswa menjawab salam guru
·      siswa menyimak dan mendengarkan pengantar dari guru
·      siswa menyaksikan video yang diputar oleh guru
·      siswa membentuk kelompok, menjadi tiga kelompok
·      siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru
·      siswa memaparka hasil diskusi sesuai dengan kelompok masing-masing
·      Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan guru berupa tes tulis
·      siswa menyimak hasil kesimpulan dari guru
·      siswa berdo’a bersama sebelum guru meninggalkan kelas,
·      siswa menjawab salam dari guru




90 menit
Proyek
a)      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menghafal hadits tentang kebersihan sebagian dari pada iman
b)      Siswa mengerjakan tugas rumah yang diberikan guru berupa soal latihan

Evaluasi
·         Tes lisan
·         Portofolio
·         Tes tulis (pilihan ganda, esay, dan tugas rumah)




Sumber Belajar
:
Buku Ajar Mandiri untuk kelas XII SMA penerbit erlangga
Al-Qur’an digital
Terjemahan bulughul maram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata