25 Okt 2010

Adat Orang Sumbawa

a.    pengantan basai

Indonesia terdiri dari
ratusan suku bangsa yang bermukim di wilayah yang tersebar dalam ratusan pulau yang ada di Indonesia. Tiap suku bangsa memiliki cirri fisik, bahasa, kesenian, adapt istiadat dan agama yang berbeda. Dengan demikian dapat dikatakan bangsa Indonesia sebagai Negara yang kaya akan tradsi dan budaya.
Seetiap suku bangsa memiliki tradisi yang berbeda – beda. Dalam ilmu sosiologi perbedaan dan keragaman tersebut disebabkan oleh beberapa factor yaitu latar belakang histories, kondisi geografis, keterbukaan terhadap kebudayaan luar, letak yang strategis serta perbedaan iklim yang toporagrafi dari berbagai pulau. Keberagaman tradisi dan budaya terlihat upacara atau prosesi perkawaninan dari masing – masing berbagai pulau. Tidak terkecuali kabubaten Sumbawa Besar yang kaya akan tradisi dan budaya. Diantara tradisi itu adalah pengantan basai.
Pengantan dalam bahasa Indonesia adalah pengantan, sedangkan basai adalah bersatu atau berkumpul. Berarti pengantan basai adalah bersatunya seorang laki – laki dengan seorang wanita dalam satu ikatan perkawinan.
Sebelum dilaksanakan upacara pengantan basai tersebut harus melalui beberapa tahap tertentu, antara lain
·    bajajak
dalam islam ini dikenbal dengan istilah ta’arur yang berarti tradisi yang biasa diulakukan oleh pasangan yang akan menikah. Penjajakan mempertemukan dua keluarga yang saling mengenal latar belakang kehidupan masing – masing.
·    Bakatoan
Tradisi bakatoan atau biasanya disebut dengan lamaran. Setelah lamaran tersebut selesai, maka akan dilanjutkan pada tahap selanjutnya.
·    Basaputis
·    Biasanya dilaksanakan untuk memutuskan biaya – biaya pelaksanaan prosesi perkawinan seserahan (nyorong) dan mas kawin (mahar), acara semacam ini biasanya dilaksanakan pada malam hari.
·    Nyorong
Tradisi nyorong merupakan tradisi seserahan dari pengantin pria pada pengantin wanita. Apabila pengantin itu berada dalam satu desa maka pengantin pria akan digendong ke rumah mempelai wanitanya yang kemudian di
·    Barodak
Tradisi barodak adalah membersihkan badan mempelai dengan ramuan – ramuan tradisional atau disebut dengan luluran. Barodak tidak hanya dilaksanakan pada acara perkawinan saja. Namun dilaksanakan pada acara sempe bulu (aqiqah), biso tian (mandi tujuh bulanan)
·    nikahan

1 komentar:

Mari kita membaca dengan hati plus mata