16 Des 2013

Ingin Menikah, Silahkan; Sebuah Panduan Menikah untuk Para Pengantin

Oleh MuFe El-Bageloka

Serba serbi tentang Pernikahan
Menikah itu adalah kebutuhan karena akan memberikan pelakunya pada ketenangan, Firman Allah SWT “Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa tentram kepadanya dan dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan saying sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (Ar-Rum: 21).

Maka nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (kawin) dari hamba-hamba sahayamu dari yang lelaki dan hamba sahayamu dari yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah maha luas (pemberian-Nya) lagi maha mengetahui (An-Nur: 32).
Hai para pemuda, barangsiapa di antara kalian memiliki ba’ah, hendaklah dia menikah. Sesungguhnya pernikahan itu lebih menundukkan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, hendaklah ia berpuasa, sebab berpuasa merupakan wija’ baginya (HR. Muttafaqqun ‘alaih).
Ba’ah adalah kemampuan yang mencakup kemampuan secara fisik, mental dan finansial. Wija’ ialah penjaga, pelindung dan pencegah syahwat. Jadi menikah adalah sebagai bentuk upaya yang kita lakukan untuk melestarikan keturunan dan menjaga kemaluan yang sesuai dengan tuntunan syari’at islam.
Manfaat menikah
1. Membantu memelihara kemaluan, menahan pandangan serta menjaga agama dan akhlak.
2. Pahala yang besar dengan memenuhi perintah Allah dan Rasul-Nya untuk menikah.
3. Mewujudkan jalinan kasih saying dan kesehatan suami-isteri yang dapat menepis kesedihan dan mengatasi penyakit jiwa dan fisik yang disebabkan oleh kesendirian, keterasingan dan hidup membujang.
4. Dengan pernikahan, terwujudlah keturunan shalih yang diantaranya faedahnya:
5. Dengan pernikahan hubungan sosial semakin erat, jalinan cinta, kasih saying dan saling memahami di antara manusia semakin kuat, sehingga kehidupan ekonomi pun menjadi cemerlang.
6. Saling membantu dalam urusan agama dan dunia. Berapa banyak istri shalihah menjadi penyebab suaminya mendapat hidayah, begitu pula sebaliknya.

Menikah itu penting bagi Wanita:
1. Prioritas pria adalah bekerja dan menikah. Adapun wanita muslimah, prioritas mereka adalah menikah dan menjadi ibu rumah tangga.
2. Pria yang tidak menikah banyak kehilangan ketenangan dan kebahagian. Sedangkan wanita tidak menikah kehilangan sebagaian besar ketenangan dan kebahagiannya. Terkadang, dalam kehidupan sehari-harinya wanita merasakan luka yang jauh lebih besar daripada yang dirasakan pria yang tidak menikah. Hal itu terkait dengan kegiatannya di luar rumah dan pandangan masyarakat terhadapnya.
3. Wanita membutuhkan pria untuk melindunginya dan membuatnya merasa aman. Di beberapa masyarakat yang lebih aman dan bebas saja wanita takut keluar sendirian pada larut malam, sebagaimana para wanita takut hidup sendirian di rumah yang terpencil.
4. Citra dan reputasi wanita yang tidak menikah lebih mudah tercoreng daripada citra pria yang tidak menikah.
5. Seorang guru besar wanita di bidang ilmu jiwa (psikologi) melakukan beberapa riset tentang kejiwaan wanita. Kesimpulannya bahwa 95% wanita meyakini bahwa ia tidak berharga tanpa kehadiran laki-laki, meskipun ia berusaha merasa tidak membutuhkan pernikahan, namun ia akan menyesal dikemudian hari.
Anjuran Islam untuk Menikah
Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam menafsirkan surat An-Nur ayat 32 “taatilah perintah Allah untuk menikah, niscaya Allah akan memenuhi janji-Nya mencukupi kalian”. Ibnu ‘Abbas dalam menafsirkan ayat ini berkata “Allah memotivasi mereka untuk menikah, memerintahkannya kepada orang-orang merdeka dan hamba sahaya, serta menjanjikan kecukupan kepada mereka”.
Solusi yang paling tepat untuk keluar dari berbagai cobaan dan godaan ini adalah berpegang teguh dengan kitabullah (Al-Quran) Sunnah Rasul-Nya, antara lain:
1. Sebisa mungkin jauhilah godaan-godaan dan hal-hal yang dapat membangkitkan syahwat.
2. Bentengi diri anda dengan shalat, zikir dan membaca Al-Quran.
3. Perbanyaklah puasa, karena puasa dapat menenangkan gejolak syahwat. “Sesungguhnya puasa itu adalah pengekang nafsu syahwat”.
4. Sibukkan diri anda dengan hobi yang anda sukai. Hati-hati dengan waktu luang atau duduk-duduk sendirian tanpa aktivitas yang membuahkan hasil.
5. Perbanyaklah doa pada waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa agar Allah membantu anda untuk membentengi diri sebelum menikah dan menganugerahi anda isteri yang shalihah.
6. Berusahalah untuk berteman dengan orang-orang shalih yang membantu anda menaati Allah dan menjauhi maksiat.
Anjuran anda sebelum menikah yakni memperbanyak amal shalih dan banyak membaca buku tentang shalat.
Persepsi pria jahat tentang wanita, antara lain;
1. Memandang wanita sebagai ladang anak
2. Menganggap wanita sebagai alat pemenuhan syahwat dan naluri biologis yang bersifat kebinatangan saja.
3. Memandang wanita sebagai solusi jitu dan sarana yang tepat untuk melunasi hutang-hutangnya.
4. Memandang istir hanya sebagai pelayan taat di rumahnya.
5. Memandang wanita sebagai alat untuk menepis gunjingan orang kepadanya.
6. Menikahi wanita karena saudarinya dinikahi oleh saudara wanita itu, ini dengan niat jahat.
7. Menikahi wanita untuk memperbaiki garis keturunan
8. Dingin terhadap wanita.
9. Selalu mengkritik dan melihat kekurangan isterinya.
10. Tega membuat istir sendirian menunggu kepulangannya dari begadang hingga larut malam.
11. Menganggap wanita sebagai batu
12. Sibuk dengan hajatan dan pesta.
Pandangan pria shalih terhadap istrinya;
1. Rangkaian bunga mawar yang harum kala dicium. Ia melihatnya sebagai kekasih hati, teman hidup dikala sedih dan bahagia dan cintanya sepanjang masa. Bahkan, ia melihatnya sebagai lembaran jiwa dan saudara kandung hati.
2. Pria itu melihatnya sebagai cahaya yang menerangi penglihatannya dan pendengaran bagi kedua telinganya. Ia juga melihat istrinya laksana purnama yang benar-benar sempurna dan mata air yang mengalir jernih.
3. Pria itu melihatnya lebih lembut dari angin sepoi-sepoi dan lebih setia dari pada teman dekat. Ia juga menganggap istrinya seperti mata air cinta dan lautan rasa aman.
4. Pria itu menganggapnya sebagai pujaan zaman dan pantai ketenangan.
5. Pria itu menganggapnya seperti kain yang membalut jiwanya yang terkoyak dan obat hati yang terluka. Serta menganggapnya sebagai lambang kesetian, hamparan yang selalu memberikan dan sungai kejernihan.
6. Pria itu melihatnya seperti ratu kecantikan, wanita yang begitu menggoda dan kebaikan yang melampui khayalan. Pria itu menganggapnya sebagai kesungguhan yang tidak mengalami kejenuhan dan cinta yang tiada mengenal bata.
7. Pria itu melihatnya sebagai ibu tangga, pencetak pahlawan dan pendidik generasi.

Kreteria calon idaman, antara lain:
1. Shalihah
2. Akhlak yang baik
3. Keturunan
4. Perawan
5. Cantik
6. Terpelajar dan pintar mengelola masalah
7. Kedekatan sifat
Kreteria calon suami idaman
1. Shalih
2. Berakhlak Mulia

Sepuluh kiat memilih jodoh:
1. Defenisikan denga jelas ciri-ciri ragam kepribadian yang anda utamakan, dan juga mengetahui apa saja sifat-sifat yang tak mungkin anda sukai.
2. Percaya diri. Perasaan tidak percaya diri bisa menjadi penghalang yang tidak memungkinkan anda mendekati orang atau pribadi yang anda inginkan.
3. Buka mata baik-baik agar anda dapat melihat semua orang yang di sekitar anda.
4. Pilih pribadi yang bisa saling menghormati dan saling memahami.
5. Hidup sendiri lebih baik dari pada teman yang buruk. Jangan pernah menunggu cinta dan jangan terburu-buru berhubungan dengan pribadi yang tidak anda sukai hanya karena ingin melepaskan kesendirian anda.
6. Berteman dengan orang yang shalih lebih baik daripada hidup sendiri.
7. Jangan langsung menikah setelah mengalami kegagalan
8. Jangan pernah bayangkan orang lain takkan mencintai anda karena anda merasa kurang sempurna dan tidak setampan orang lain.
9. Beranilah terhadap diri sendiri dan orang lain dan realistislah dalam memilih.
Ciri-ciri ketampanan pria,
Ciri-ciri ketampanan fisik terpenting bagi pria di mata wanita ialah tubuh kuat. Putrid Nabi Syu’aib pernah terpukau dengan kekuatan Nabi Musa as, sehingga ia tidak mampu untuk tidak memuji Musa di depan ayahnya dengan harapan ayahnya menikahkannya dengan Musa as, (QS. Al-Qashash: 26).
Pria yang berbahu lebar. Hal ini merupakan kebalikan bagi wanita
Pria yang tinggi atau lebih tinggi daripada istrinya atau minimal sama
Pria yang berbulu lebat di bagian wajah dan badannya.
Karakter pria yang disukai wanita;
1. Baik hati
2. Sukses dan kaya
3. Dermawan
4. Berani mengungkapkan pendapatnya dan bertindak.
5. Bersikap tenang tetapi bisa bertindak tegas.
6. Pintar, cerdas dan berkpribadian kuat.
7. Berpostur lebih tinggi darinya.
8. Menghormati dan menghargai wanita dan berempati terhadap problem-problemnya.
9. Tidak terlampau gemuk.

Hati-Hati Memilih Pasangan Hidup; karena bisanya wanita muslimah terjebak pada beberapa kesalahan ketika memilih pasangan hidup, yang hal itu bisa menjadi salah satu penghalang kebahagian rumah tangga.
Keberkahan, kebaikan, keberuntungan dan kebahagian takkan diraih seorang wanita yang memilih pria yang tidak rajin shalat, sebab ciri orang Islam adalah shalat.
Lelaki yang tidak berilmu, kebahagian rumah tangga akan terwujud apabila suami anda adalah orang berilmu.
Jangan pernah mengutamakan lamaran dari lelaki yang kaya, tinggi jabatannya dsb jika tidak beragama dan berakhlak buruk.
Cari tahulah tentang perilakunya terhadap keluarganya. Khususnya kedua orang tuanya.
Bukan suatu kemestian bahwa sebaik-baik pria adalah orang yang paling cepat menyiapkan tempat tinggal bagi isteri jika itu didapatkan dari cara haram.
Ingatlah kebagian rumah tangga hanya terwujud dengan memilih suami yang beragama dan berakhlak dengan baik.
Tetaplah mencari orang yang sesuai dengan anda dari segi usia, pengenalan terhadap agama dan ukuran ketampanan yang membantu anda dalam menjaga kehormatan, serta tidak melihat-lihat kepada orang lain.
Apabila di tengah-tengah proses menuju akad nikah anda melihat aib dan kesalahan yang tidak dapat anda terima dan tidak anda inginkan dalam diri pasangan hidup, utarakan hal itu kepada kedua orang tua anda.

Anjurannya adalah pilihlah pasangan anda karena agamanya, karena ini yang akan menyebabkan pernikahan akan langgeng, sabda Rasulullah SAW “Wanita dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah wanita karena agamanya, niscaya engkau akan beruntung”.
Warning; jangan sekali-kali menikahi laki-laki seperti ini
1. Meninggalkan shalat
2. Pelaku dosa besar
3. Tidak memiliki rasa cemburu
4. Manja
5. Lanjut usia
6. Sombong dan berbangga diri
7. Gila kerja
8. Durhaka kepada ayah dan ibunya
9. Banci
10. Kikir
Jangan nikahi wanita seperti ini:
1. Tomboy (kelaki-lakian)
2. Pembangkang
3. Pemarah
4. Tidak beragama
5. Pernah pacaran
Keluarga berperan penting dalam memilih jodoh untuk anaknya. Sebaiknya bersikap seimbang atau pertengahan yakni keduanya saling menghargai pendapat masing-masing.
Orang yang layak dijadikan perantara:
1. Berkepribadian kuat
2. Terkenal berpengalaman bijak
3. Beragama baik
4. Mengerti watak wanita
Perilaku seseorang sangat membantu ia untuk mendapatkan jodoh yang terbaik. Penelitian itu menunjukkan bahwa 75% pernikahan yang didahului dengan berpacaran yang romantis akan berakhir dengan kegagalan dan perceraian. Begitu juga sebaliknya, pernikahan yang didahului dengan mak comblang mempunyai prosentasi keberhasilan 95 %. Pernan cinta dalam membina rumah tangga tidak lebih dari 30%. Sisanya saling pengertian, saling bertanggung jawab, saling mengasihi, tekad dsb.
Cinta adalah adanya seorang teman hidup dari lawan jenis yang merasa puas dengannya, merasa tenang dan tentram, serta ridha dan bahagia bersamanya (QS. Ar-Rum: 21). Cinta karena ikatan pernikahan adalah yang dapat menyatukan hati dan jiwa, mengumpulkan keduanya dalam membina mahligai rumah tangga dan mendirikan sebuah keluarga yang menjadi pondasi berdirinya sebuah masyarakat dan penopang kemajuan cinta suami istir bukanlah cinta yang didasari keinginan seksual, fantasi/ khalayan akan tetapi, cinta yang mampu menggabungkan dua ruh dan menyatukan dan karakter berbeda.
Meminang; melihat wanita yang dipinang “setiap yang didahului melihat pasangannya, akan berakhir dengan kesedihan, bahkan seorangg pelamar diperbolehkan melihat wanita yang hendak dilamar secara sembunyi tanpa sepengatahuan wanita. Anjuran periksa kesehatan sebelum menikah.
Informasi seputar meminang
Istikharah, shalat dua rakaat; ingat seperti orang sudah memilih dan menetap pilihan terlebih dahulu, kemudian shalat istikharah karena istikharah yang semacam itu walaupun dilakukan sebanyak seribu kali, tidak akan mendapatkan yang diinginkan dari Allah, karena ia telah mendahului hawa nafsunya dari pada meminta petunjuk kepada Rabbnya, sehingga Allah menyerahkan urusannya padanya saja. Lakukan shalat istikharah 7 kali.
Meminta nasehat
Jangan menyebarkan gossip ketika akan melamar
Jujur saat melamar
Rukun akad nikah;
a. Persetujuan wali
b. Ijab Kabul
c. Dua orang saksi
d. Mahar
Pernikahan membutuhkan penerimaan secara fisik, kesehatan mental, spiritual, status sosial dan sikap saling melengkapi tabiat dan kecenderungan masing-masing sehingga menjadi satu bangunan yang kokoh. Pernikahan dinamis adalah pernikahan saling memperhatikan sebuah kesepakan dan meletakkan dasar yang bisa menjamin keberhasilannya. Penopang utama pernikahan sukses;
a. Realistislah menerima keadaan pasangan
b. Kedekatan; jujur dan keterbukaan diperlukan
c. Mengetahui kesukaan suami
d. Mengetahui istri.
Resepsi pernikahan (walimah) = sunnah yang tekankan. Wajib memenuhi undangan pernikahan. Salah satu tujuan terpenting dari penyelenggaraan walimah adalah mengumumkan pernikahan mengumpulkan keluarga dan lain sebagainya.  Dilarang keras untuk menghambur-hamburkan harta.
Contoh saat walimah:
a. Minimnya rasa malu, yaitu kedua berdansa sambil saling memeluk, membelai dan mencium padahal semua ini tidak boleh dilihat orang.
b. Bercampur baurnya laki-laki dan perempuan
c. Cincin pertunangan.
d. Foto
e. Tarian para wanita pada saat pesta pernikahan.
Anjuran untuk pengantin baru yakni dua bersama istri. Selalu mencumbu istri, karena memiliki pesanan penting dalam menjaga kesehatan naluri dan jasmani manusia ciuman juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri, karena mereka dicintai dan didambakan.
Urgensi seksi; keberhasilan suami isteri dalam memenuhi kebutuhan seksual merupakan factor terpenting dalam mendekatkan hak kedua, meningkatkan kemesraan dan menimalisir problematika diantara keduanya. Kamar tidur, tips untuk menjaga ketengangan dalam kamar tidur;
1. Jangan sekali-kali mendiskusikan masalah yang bersifat negatif di dalam kamar, supaya tidak ada perasaan negatif yang menempel di kamar tersebut.
2. Bicarakanlah tugas-tugas rumah tangga dan mengurus anak di luar ruangan ini.
3. Selalu menjaga kebersihan dan kerapian kamar
4. Hendaklah istri terbiasa menjaga keharuman kamar.
5. Tidak memperkenankan orang lain masuk ke kamar tidur.
6. Jadikanlah kamar ini sebagai temat yang nyaman untuk saling mencurahkan perasaan dan emosi.
7. Saling berpandangan dan tersenyumlah
8. Ada satu hal yang sangat penting, namun sering diremehkan yakni isteri ataupun suami yakni tidak mengganti pakain ketika tidur.
Yang diperlukan ketika melakukan seks yakni tahap foreplay (pendahuluan), sebaliknya setelah merobek selaput darah tidak berhubungan intim selama dua hari agar selaput itu pulih seperti sedia kala. Titik-titik sensitive adalah mulut, bibir, telinga, leher pundak, payu dara, pantat, paha dan klitoris. Kunci rangsangan seorang wanita adalah pada sentuhan. Namun ada cara lain yaitu ciuman, pandangan dan khayalan.
Tanda syahwat isteri telah memuncak yaitu menjadi tegang dan kencang banyaknya cairan di liang vagina yang akan membantu proses penetrasi, tanda-tanda ini dapat diketahui suami dengan sentuhan kulit alat vitalnya di vagina isterinya. Suami menginginkan isteri agresif, aktif dalam berhubungan seks. Suami yang dinamis kemudian diinginkan oleh wanita, adalah suami yang pintar, romantic dan terampil menyentuh tubuh isterinya dengan lembut. Karena tipe suami seperti inilah yang dapat membahagiakan isterinya. Wanita membenci lelaki yang keras tutur katanya, sekalipun ia pejantan tangguh.
Seks bagi wanita bukan hanya sekedar hubungan langsung antara dua alat kelamin, sebab baginya hanyalah sebuah akhir dari hubungan seks. Suami harus memahami bahwa istri ingin suaminya melihat tubuhnya sebagai sungai emosi dan hasrat. Ia selalu menanti orang yang mampu menyentuh dan membangkitkannya sekalipun tidak diakhiri dengan pertemuan alat kelamin secara langsung. Membangkitkan gairah istri berarti menundukkan semua indera untuk memuji dan mengeksploitasi tubuh istri dengan kata-kata romantis, pandangan penuh hasrat, sentuhan-sentuhan hangat, serta pelukan kehangatan dan penuh kasih sayang. Sebab, istri tidak suka jika suami menjadikan dirinya hanya sebagai bejana tempat melampiaskan nafsu tanpa menghiraukan perasaannya. Tabiat wanita adalah pemalu. Rasa malu adalah salah satu sifat yang dukai oleh laki-laki, tetapi rasa malu itu ada batasnya. Sebaliknya setelah selesai bercinta sebaiknya tetap berpelukan sampai syahwatnya mereda.
Hukum-hukum fikh
Mandi besar; caranya
a. Mencuci kemaluan
b. Berwudhu
c. Menyiram badan bagian kanan dulu
Membangun rumah tangga dengan modal ketakwaan
Hak-hak isteri
a. Mahar
b. Nafkah lahir maupun batin
c. Disetubuhi
d. Mempergaulinya dengan baik
e. Mengajarkannya ilmu dan mendukungnya untuk belajar.
Beberapa hal yang wajib dipelajari oleh seorang wanita, diantaranya:
1. Mengenal Allah dengan keesaan-Nya dan sifat-sifat-Nya serta membenarkan Rasul-Nya
2. Mengetahui segala yang disukai dan dibenci oleh Allah
3. Mengetahui tata cara shalat, bersuci, puasa, haji dan zakat apabila anda memiliki harta.
4. Memahami tata cara berinteraksi dengan suami serta hal-hal yang disukai dan dibenci
5. Memahami kiat-kiat mendidik anak dengan benar.
Hak-hak suami yang utama;
a. Suami dihormati dan ditaati dalam hal-hal yang disukai atau dibenci oleh isteri baik dalam keadaan bersemangat maupun enggan kecuali suami menyuruh untuk bermaksiat.
b. Istri tidak menghalanginya melakukan jimak, kecuali ada alasan yang dibenarkan syariat atau sakit keras.
c. Istri tidak menerima tamu yang tidak disukai oleh suaminya, sekalipun ayah dan ibu
d. Istri tidak keluar dari rumah, puasa ataupun membelanjakan harta suami tanpa seizinnya.
e. Istri mengurus rumah suaminya dan mendidik anak-anak dengan pendidikan yang benar.
f. Istri tidak meminta cerai, kecuali karena sebab yang dapat dibenarkan oleh syari’at.
g. Isteri tidak membuka rahasia-rahasia suaminya, khususnya rahasia-rahasia yang bersifat perasaan seksual.
Kewajiban suami untuk isteri
Memberikan mahar kepada isteri tanpa dikurangi ataupun diminta kembali
Mempergauli isteri dengan berbicara dan berinteraksi yang baik
Menafkahi sesuai dengan kemampuan
Menjaga keluarga dari api neraka
Menyuruh keluarga untuk melaksanakan shalat.
Tips agar kewajiban itu terlaksanakan dengan baik;
Suami harus rela berkorban untuk isterinya meskipun nyawa dan menjaga kemuliaan dan harga dirinya. Islam mewajibkan suami untuk mengorbankan dirinya untuk menjaga dan membela istrinya. Jika suami terbunuh ketika membela istrinya, ia mati syahid.
Suami tidak boleh membuka rahasia istrinya, khususnya rahasia-rahasia yang bersifat emosional dan seksual.
Suami tidak boleh memaki isterinya atau memaki keluarganya, memukul tanpa sebab teruma pada bagian wajah.
Suami harus memuliakan isteri dengan memenuhi kebutuhan seksnya, minimal sekali setiap kali suci.
Karakteristik wanita shalihah itu antara lain;
1. Membatasi pandangannya hanya untuk suaminya.
2. Membatasi diri dengan kegiatan di rumah dan keluar hanya untuk suatu keperluan penting.
3. Mendahului suaminya berdamai atau berbaikan meskipun ia telah dizalimi.
4. Memenuhi hak-hak suami dengan sebaik-baiknya
5. Menjaga kecantikan serta penampilannya
6. Menjaga agar suaminya tidak melihaat sesuatu yang tidak disukainya,
7. Menjauhi segala hal yang dapat mengubah kecantikan seorang perempuan yang diidam-idamkan suaminya.
8. Pintar memasak
9. Cerdas dan menjaga akhlak
10. Sabar dan mampu mengemban berbagai tanggung jawab
11. Melepas kepergian suami sampai dipintu setiap kali suaminya pergi dll
12. Selalu taat kepada suami
13. Tidak meninggikan suara dan cemberut di depan suami.
Yang dibenci suami dari istri;
a. Isteri yang menentang, tidak hormat, tidak taat kepada suaminya khususnya di depan orang lain.
b. Boros dan suka berfoya-foya
c. Banyak menggerutu dan mengomel
d. Pandir bodoh, berbicara dan memberikan perhatian.
e. Berlebihan dalam memuliakan keluarganya dan meremehkan keluarga suaminya
f. Sering berbohong
g. Memuji pria lain dihadapan suami
h. Membocorkan rahasia keluarga kepada keluarganya atau orang lain.
Pernikahan adalah suatu hubungan yang berdiri di atas pujian, diplomasi dan toleransi. Ciri-ciri isteri shalihah, antara lain;
a. Kebaikannya berasal dari rasa takutnya kepada Allah
b. Harta pusakanya adalah qana’ah (rasa cukup apa adanya) dengan rezekinya yang Allah berikan.
c. Perhiasannya adalah kedermawanan terhadap harta yang dimilikinya karena mengharap ridah Allah SWT
d. Perilakunya adalah melayani suami dengan baik demi memperoleh keridhaan Allah SWT.
e. Keinginannya adalah mempersiapkan diri untuk kematian karena kerinduannya kepada Allah SWT.
f. Kemuliannya adalah tawadhu’ (rasa renda diri)nya kepada Allah
Saudaraku apabila ada permasalahan dalam rumah tangga kalian hendaklah diselesaikan dengan musyawarah dan bertakwalah kepada Allah SWT.
Hal-hal yang tidak sukai pada suami, antara lain;
a. Suami jarang memperhatikannya
b. Suami jarang mengajaknya bicara
c. Suami tidak memperhatikan kecantikannya
d. Suami adalah seorang yang miskin, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan pokoknya.
e. Suami yang kaya, tetapi pelit
f. Suami yang menderita sakit menahun
g. Suami yang sering pergi dalam waktu lama. Lebih-lebih pada malam hari
h. Suami yang menghabiskan banyak waktu di rumah
i. Suami mencampuri pekerjaan istrinya dan wewenangnya di rumah
j. Bau rokok
k. Suami memandang dan berbicara dengan wanita non mahram dihadapan istri
l. Suami kurang menghormati istri, khususnya di depan orang lain.
m. Suami kurang menghormati kerabat dan teman istri
n. Banyak menerima tamu di rumah.
Kiat mempererat hubungan suami istri
1. Jangan pernah ragu mengungkapkan perasaan cinta
2. Ungkapkan kepedihan dan kesedihan dan berbagilah dengan pasangan hidup
3. Peluklah pasangan anda pada saat letih dan lelah, baik fisik maupun psikis.
4. Berbincang, berdialog dan ungkapkan pendapat anda secara rasional.
5. Pujilah pasangan anda atas hasil pekerjaannya, hargai prestasi-prestasinya dan berterima kasihlah kepada pasangan anda setiap permintaan anda dipenuhi.
Perhatikan hal ini dalam berumah tangga
a. Kritikan dan larangan
b. Perkara spele
c. Istri yang suka mencela
d. Boros
e. Sisi negatif pasangan hidup; harus perhatikan sisi positifnya
f. Tidak puas dengan pasangan hidup
g. Perilaku buruk terhadap pasangan hidup
h. Diam; Antara diamnya pria dan wanita._ Pria untuk menjaga kewibawaan, sedangkan wanita untuk menghindari munculnya pertengkaran dan menjaga kemesraan hubungan suami istri.
i. Televisi
j. Pembantu
Kesengsaraan dalam rumah tangga adalah segala sesuatu yang mendorong pada seseorang pada keburukan, firman Allah SWT “Dan tanah yang baik, tanamannya tumbuh subur dengan izin Rabbnya; dan tanah yang buruk, tanamannya tumbuh merana. Demikian kami menjelaskan berulang-ulang tanda-tanda (kebesaran kami) bagi orang-orang yang bersyukur (Al-A’raf: 58).
Kesalahan terbesar yang terjadi dalam rumah tangga adalah membiarkan masalah bertumpuk-tumpuk tidak diselesaikan, dijelaskan, dibicarakan dengan kepala dingin tidak mengakui kesalahannya dan tidak mau mengungkapkan kegelisahan, ketakutan, kekhilafan, kepedihan dan harapannya. Dampaknya menghapuskan pahala dan menambahkan dosa durhaka.
Sebab-sebab ketidak harmonisan keluarga, antara lain;
a. Tidak memenuhi syarat-syarat akad nikah
b. Cemburu yang berlebihan
c. Terlalu dekat dengan keluarga
d. Perlakukan suami yang kurang sopan.
e. Tumpang tindih tanggung jawab
f. Tingkat keserasian yang tinggi
g. Perbedaan akhlak, watak yang mencolok
h. Campur tangan keluarga
i. Tinggal serumah dengan keluarga atau beberapa istri
j. Dsb.
Menimalisir problematika rumah tangga, antara lain;
1. Berusaha menikah dengan pasangan yang serasi dan menghindari nikah dengan orang yang tidak serasi
2. Berusaha keras memenuhi kebutuhan minimum keluarga
3. Pasangan pengantin sebaiknya menempati tanggung jawab sebagaimana mestinya
4. Menyebarkan wawasan agama tentang rumah tangga
5. Menambah kesadaran dan wawasan rumah tangga untuk membantu meminimalisir angka perceraian yang selalu bertambah.
6. Memperingan mahar yang harus segera dibayarkan kepada pihak mempelai wanita
7. Memangkas anggaran-angaran yang tidak penting
8. Mengintegrasikan dialog dan menciptakan iklim keterbukaan antara suami dan istri.
9. Mengisi waktu dengan melakukan hobi bersama-sama
10. Melakukan inovasi dalam rumah tangga
11. Mendengarkan keluhan pasangan hidup
12. Menudahi pembicaraan apabila sudah meruncing pada pertengkaran
13. Segera meminta maaf
14. Berperilaku akhlakul karimah.
Ada beberapa hal yang diperhatikan sebelum menikah, antara lain;
a. Persiapan yang mantap
b.  Memilih calon yang kuat
c. Pemenuhan kepuasan batin, fisik, dsb
d. Cinta pada pasangan
Tips mengatasi kejenuhan dalam rumah tangga
a. Saling memberikan hadiah
b. Pandangan yang terpancar dari rasa cinta dan pesona
c. Duduk berdua dengan istri pada saat-saat romantic
d. Selalu mencumbu dan merayu
e. Rekreasi
f. Duduk-duduk santai dengan obrolan ringan
g. Saling membantu dalam menghadapi musibah
h. Jujur dan sering curhat
i. Memanggil istri dengan panggilan yang disukai
j. Tidak terlalu mempersalahkan kekeliruan dan bersedia memaafkan kesalahan.
Perhatikan hal-hal ini wahai para suami;
1. Ransangan pembuka yang ringan dengan canda dan cumbu rayu, kalimat-kalimat romantic yang hangat, dan bisikan-bisikan yang lembut dan menggairahkan
2. Ransangan menengah dengan mempermainkan organ tubuh yang tidak vital. Misalnya, mencium putting payudara istri dan kedua telinga. Terkhusus, putting payudara sebelah kiri dan telinga sebelah kiri, sebab keduanya lebih sensitive karena lebih seksi. Juga dapat dilakukan dengan mencium leher istri, mengusap-usap betis dan pantatnya, karena hal itu dapat memberikan ransangan yang kuat dan dapat membantu mempersiapkan vaginanya mengeluarkan cairan lubirikasi yang sangat penting bagi penetrasi penis, dan untuk menyempurnakan hubungan badan secara sukses.
3. Ransangan kuat dengan memainkan organ reproduksi wanita agar dapat mencapi klimaks dan orgasme. Organ paling penting ialah klitoris, yaitu dengan merabanya pelan-pelan. Karena klitoris adalah salah satu organ yang sangat sensitive.
Jangan menonton film porn, karena;
a. Gambaran yang keliru mengenai hubungan intim, yang mestinya dilakukan atas dasar cinta dan kelembutan, berubah menjadi aktivitas yang menuntut adanya kekerasan dan kekuatan yang luar biasa dari suami agar dapat memuaskan birahi istrinya, ini tentu persepsi yang salah.
b. Anda mengambil kesimpulan bahawa andan tidak akan dapat memuaskan hasrat istri, sebab besar dan panjangnya alat vital milik para actor dalam film tsb, biasanya tidak normal sehingga menghilangkan kepercayaan diri, ini adalah persepsi keliru.
c. Ketahuilah bahwa semua adegan yang mereka perankan hanyalah sandiwara.
d. Istri tidak menginginkan anda sering melakukan jimak dan lama melakukannya, tetapi yang diinginkan adalah anda memuaskan perasaannya serta mengisi hatinya dengan curahan cinta dan kasih sayang.
e. Melihat film semacam ini hanya menjemuruskan diri anda perbuatan yang diharamkan Allah.
f. Jagalah dirimu wahai para pemuda dan pemudi yang hendak menikah dari perbuatan keji, onani dsb.


Resep membahagian pasangan
a. Jadikan pasanganmu sebagai poros kehidupan dan engkau berputar disekelilingnya
b. Membagi tanggung jawab
c. Tampakkan keanggunan
d. Hemat dalam berbelanja
e. Sopan
f. Dsb,, disinilah pentingnya anda mempelajari Akhlak
Kiat mengatasi ketidak harmonisan keluarga:
a. Minta tolonglah kepada pasangan agar memberikan sangsi kepadamu
b. Bisakan untuk mengatakan sesuatu sekali saja setelah itu lupakanlah.
c. Cobalah meluluskan keinginanmu melalui cara yang ramah dan santun
d. Tumbuhkan jiwa humorismu
e. Curhatlah pada pasanganmu
f. Senang, bahagia dan berbanggalah ketika pasanganmu memujimu
g. Jangan mengubah watak pasanganmu secara frontal.
Fikih suami istri
a. Haid, warna-warna haid;
1) Hitam, yaitu pada saat haid pertama kali
2) Merah adalah warna asli darh
3) Kuning, yaitu darah yang keluar seperti nanah dengan warna dominan kekuning-kuningan.
4) Keruh, yaitu warna abu-abu (gabungan warna putih dan hitam) seperti warna air yang kotor.
b. Istihadhah adalah darah yang keluar terus-menerus dari kemaluan wanita di luar waktu haid.
c. Nifas; darah yang keluar setelah melahirkan
Menyetubuhi istri saat haid, melalui dubur, oral seks adalah sesuatu yang diharamkan oleh Allah SWT,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata