14 Jan 2012

Learning Diary: Fun, amazing and Funtastic



Oleh M. Feri Firmansyah


Pendahuluan
Dunia pengajaran dan pembelajaran memiliki peran yang sangat penting terhadap perkembangan peserta didik, terutama bagi anak-anak didik. Sebab melalui pengajaran dan pembelajaran itulah, proses pendidikan berlangsung. Karena itu, dunia pengajaran dan pembelajaran menjadi singnifikan untuk dicermati dan diperhatikan. Salah satunya adalah dengan memahami tentang berbagai media pengajaran dan pembelajaran yang digunakan dalam proses memberikan materi pelajaran kepada peserta didik.

Dalam media pembelajaran ada yang dikenal dengan istilah media audio, visual, internet dan masih banyak lagi. Media pembelajaran seperti ini digunakan untuk mempermudah dan membantu tugas guru dalam menyampaikan berbagai bahan dan materi pelajarn, serta mengefektifkan dan mengefesienkan anak didik dalam memahami materi dan bahan ajar pelajaran tersebut.
Dengan adanya media pengajaran dan pembelajarn, anak didik dapat belajar dengan mudah dan merasa senang dalam mengikuti pelajaran. Biasanya anak didik dengan mudah menangkap materi pelajaran bila pembelajaran yang diselenggarakan tersebut menyenangkan.

Oke, dengan mengucapkan Bismillah
Awal perkuliahan, aku lupa tanggalnya kapan yang pasti pada jam 10.20 WIB. Ketika awal perkuliahan Pak Syaiful Amien hanya menerangkan Materi Perkuliahan:
1. Posisi, peran dan fungsi media pembelajaran
2. Klasifikasi Media Pembelajaran
3. Metode Pembelajaran, upaya mengintegrasikan teknologi dan media
4. Metode Pembelajaran, upaya mengitegrasikan teknologi dan media
5. Prinsip visual; mendesain material yang efektif
6. Visual; menguatkan pembelajaran dengan media visual
7. Audio; mendengar dan belajar
8. Video: untuk menguatkan pembelajaran dengan gambar, supaya beriman ya Pak 
9. Trend dalam tekhnologi dan media pembelajaran
10. Merancang media yang tepat untuk pembelajaran PAI.
Tekhnologi adalah way of problem solving. Dengan begitu orang yang tidak semberangan mengembangkan media tanpa ada metode. Untuk itu, ada kata pepatah yang bagus untuk mahasiswa,
Saya mendengar, saya lupa
Saya melihat, saya tahu
Saya melakukan, saya paham
Bentuk Pembelajaran
1. Model: information procesing nad socian interaction
2. Strategi: direct, indrect, interactive
3. Metode: Lecture, inquiri, case study, cooperative learning

Orang kaya adalah orang yang sedikit kebutuhan mau dan mampu memberi yang terbaik. Model pembelajaran yang ditawarkan oleh Bapak tercinta adalah Pembelajaran berbasis kedermawanan. Jadi inti dari model ini adalah bacalah buku sebanyak-banyaknya.


29 September 2011
Hari ini merupakan hari yang cerah, banyak kejadian-kejadian lucu ketika Pak Amien mengajar, salah satunya ketika disebut nama Hilman Ainul Halili, spontan Muhajir Musa menjawab “lagi nguras Lumpur Lapindo. Kemudian Pak Amien menerangkan Defenisi, Posisi dan fungsi Media dalam Pembelajaran PAI.
Media berasal dari bahasa latin yakni medium yang artinya between, perantara.
Menurut para ahli
(Briggs, 1977) adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi materi instruksional.
(Schramm, 1977) adalah tekhnologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan instruksional.
(Anderson, 1987) adalah perlengkapan untuk memperjelas pesan atau sesuatu guna untuk menyampaikan pesan kepada audience.

Dalam Media Pembelajaran yang harus diketahui lebih dahulu adalah istilah pembelajaran. Yang mana pembelajaran adalah upaya membelajarkan peserta didik melalui penataan faktor eksternal agar terjadi proses belajar (internal) untuk mencapai hasil belajar.
Faktor eksternal antara lain; kondisi peserta didik, kondisi kelas, karakteristik peserta didik dan lain-lain. Sedangkan faktor internal seperti belajar. Inti dari belajar itu sendiri adalah perubahan, belajar adalah proses merubah diri dari yang baik menjadi terbaik.
Dalam belajar beberapa aspek yang ditekankan pada peserta didik, antara lain; kognitifnya (knowladge),  Afektif (diolah, dihayati dan amalkan) dan psikomotorik (keterampilan, life skill). Tujuan dari pembelajaran adalah menjadikan siswa untuk senang dan sekiranya menikmati pembelajaran itu. Bagaimana cara? Kuncinya satu yakni seorang guru itu harus menata dulu faktor eksternal seperti lingkungan, susana belajar yang menyenangkan dan lain-lain. Ingat guru yang bijak adalah guru yang bisa menata faktor eksternal untuk memotivasi muridnya.
Ketika proses belajar mengajar pasti terjadi yang namanya komunikasi. Komponen komunikasi itu sendiri antara lain
Guru berperan sebagai komunikator
Media, ini tergantung media apa yang dipakai oleh si komunikator untuk menyampaikan pesannya
Siswa berperan sebagai komunikan
Tujuan dari komunikasi itu sendiri apa.
Media itu mempunyai posisi yang sentral dalam pendidikan yakni sebagai perantara penyampaian ide (sumber) berupa pengkodean (dari pengalaman si penyampai) kemudian diterjemahkan dalam penafsiran kode oleh penerima dan menghasilkan feedback (umpan balik).
Media berfungsi sebagai channel komunikasi dalam menyampaikan materi kepada peserta didik (ini khusus dalam pendidikan).
Sebagai catatan untuk seorang guru ketika mengajar yakni ia harus memperhatikan hal-hal berikut:
1. Kondisi,
tujuan, karakteristik bidang studi
kendala, seperti karakteristik bidang studi dan karakteristik siswa

2. Metode
Strategi pengorganisasian pesan pembelajaran
Strategi penyampaian pesan pembelajaran
Strategi pengelolahan pembelaraan

3. Hasilnya harus efektif, efesien dan mempunyai daya tarik bagi peserta didik

Fungsi Media
Media itu berfungsi sebagai pembawa informasi dari guru ke siswa. Media berfungsi baik jika mempertimbangkan sisi kelebihannya, antara lain:
Kemapuan fiksatif artinya dapat menangkap, menyimpan dan menampilkan kembali suatu objek/ kejadian
Kemampuan Manipulatif artinya media dapat menampilkan kembali objek / kejadian itu
Kemampuan Distributif artinya mampu menjangkau audience yang berjumlah besar dalam satu kali penyajian secara serempak.
Namun dari beberapa kelebihan yang telah diungkapkan penulis, terdapat beberapa hambatan, antara lain:
Verbalisme, siswa dapat menyebut kata tapi tidak mengetahui arti dari kata itu. Hal ini terjadi karena guru hanya mengajar dengan metode ceramah saja.
Salah tafsir, istilah kata sama diartikan berbeda oleh peserta didik. Ini terjadi karena biasa guru hanya menjelaskan secara lisan tanpa menggunakan media pembelajaran yang lain, misalnya gambar, model dan lain-lain.
Perhatian tidak berpusat, ini terjadi karena ada gangguan fisik, terkadang melamun atau bisa saja metode pendidik itu membosankan.
Tidak terjadi pemahaman yang logis (tidak nyambung): kurang memiliki kebermaknaan logis dan psikologis.
Sekedar numpang “apa yang diamati peserta didik, dilihat secara terpisah. Tidak terjadi proses berpikir logis mulai dari kesadaran hingga timbulnya sebuah konsep”. Dengan begitu, jika pendidik bisa mempertimbangkan kelebihan dan hambatan dalam belajar (komunikasi) maka media akan berfungsi baik.

Landasan Penggunaan Media
Landasan filsafat ini karena terjadinya dehumanisasi
Landasan psikologis, anak akan lebih mudah mempelajari hal-hal yang bersifat kongkrit dari pada abstrak.
Sekali lagi penulis tekankan bahwa dalam pemilihan media pembelajaran harus mempertimbangkan kompleksitas, penyesuaian pembelajaran dan keunikan belajar.

Perangkat dan Klasifikasi Media Pembelajaran
Perangkat-perangkat media, antara lain:
Materi adalah sesuatu yang dapat dipakai untuk menyimpan pesan yang akan disampaikan pada audience dengan peralatan tertentu
Equipment (peralatan) adalah sesuatu yang digunakan untuk memindahkan menyampaikan sesuatu yang disimpan untuk material kepada audience, misalnya berupa tampilan slide power point.
Software (perangkat lunak) adalah isi pesan yang tersimpan dalam material.
Hardware adalah peralatan yang digunakan untuk menyimpan pesan yang dituangkan dalam material.
Wilbar Sehram, mengklasifikasikan media menjadi tiga bagian, antara lain: rumit, mahal dan sederhana. Menurut Gane menerangkan kemampuan dan fungsi media menurut hirarki belajar:
Pelontar stimulus
Penarik minat belajar
Cantik prilaku
Memberi kondisi nyaman dalam belajar dan menuntut cara berfikir
Tujuan belajar antara lain:
Info faktual
Pengenalan visual
Prosedur
Menambah keterampilan
Memberi perilaku pilihan pada peserta didik

Media 2 Dimensi
Meliputi media grafis, bentuk papan dll
Media grafis, fungsi, untuk menarik perhatian, memperjelas ide dan menghiasi fakta yang cepat dilupakan.
Karakteristik: media 2 dimensi hanya dapat dilihat dari depan saja dan hanya dapat didengar saja.

27 Oktober 2011
Media 3 Dimensi
Ialah sekolompok media tanpa proyeksi penyajian secara visual. Benda asli ketika akan difungsikan sebagai media pembelajaran dapat dibawa langsung kelas. Media mempunyai kelebihan antara lain;
Penyajian secara kongkrit dan menghindari verbalisme
Dapat menunjukkan objek secara utuh baik konstruksi maupun cara kerjanya
Dapat menunjukkan alur secara jelas

Kelemahan media ini antara lain;
Penyimpanannya memerlukan ruang besar dan rumit. Maka alternatifnya pelajar melakukan kunjungan wisata
Belajar benda sebenarnya melalui specimen


Keuntungan Widya Wisata
Membangkitkan minat siswa untuk menyelidiki
Melatih seni hidup
Pemilihan media Pembelajaran PAI
Metode itu lebih penting dari pada materi. Dalam pemilihan penyampaian mesti mempertimbangkan kondisi pembelajaran.
Tujuan pembelajaran:
Mengarah/mengacu pada hasil yang diharapkan
Ditetapkan lebih dahulu
Siswa diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Kelemahan metode widya wisata
Memerlukan biaya dan tanggung jawab ekstra
Obyek wisata jaran memberikan peluang belajar.

Komputer (ini dikelompokku)
Komputer  merupakan  suatu  perangkat  elektronika  yang  dapat  menerima  dan mengolah  data  menjadi  informasi,  menjalankan  program  yang  tersimpan  dalam  memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.

Jenis-jenis komputer
Desktop Komputer
Laptop (komputer portable)
PDA

Komponen-komponen Komputer
Hardware (Perangkat Keras)
Software (Perangkat Lunak)


Hardware
Input Device
Procces Device
Output Device
Backing Storage

Input device
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.

Process device
Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit(CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.

OutPut Device
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses

Backing storage
Backing storage adalah suatu alat dimana data - data disimpan. Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program.


software
program komputer yang memungkinkan sebuah komputer dapat melakuakn sebuah tugas tertentu

Perangkat-perangkat  pembantu
bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.

Kelebihan menggunakan komputer
Mampu mengolah data dalam jumlah besar
Memiliki kecepatan dan ketelitian yang tinggi dalam mengerjakan fungsinya
Memiliki media penyimpanan yang berkapasitas besar
Komputer dapat mengembangkan daya intelektual, menambah kemampuan (skill)
Komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media di dalamnya

Kelemahan Menggunakan Komputer
Komputer cenderung mengisolasi
Komputer cenderung membuat orang pasif secara fisik
Komputer cenderung hanya cocok dengan satu gaya belajar
Komputer cenderung berdasar media dan bukan berdasar pengalaman
13 Desember 2011
Hari itu aku upload tulisanku diblog ferigramesa.blogspot.com “pembelajaran terpadu untuk pengembangan peserta didik dan Media Pengembangan Peserta didik dari berbagai media”

24 November 2011
Aku memposting tulisanku yang berjudul “Media Pendidikan”. Ini aku kumpulkan hasil UTS-nya teman-teman. Selain tulisan di atas aku juga memposting tulisan “metode pembelajaran asyik”.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata