Oleh M. Feri Firmansyah
Pendahuluan
Dunia pengajaran dan pembelajaran memiliki peran yang sangat penting terhadap perkembangan peserta didik, terutama bagi anak-anak didik. Sebab melalui pengajaran dan pembelajaran itulah, proses pendidikan berlangsung. Karena itu, dunia pengajaran dan pembelajaran menjadi singnifikan untuk dicermati dan diperhatikan. Salah satunya adalah dengan memahami tentang berbagai media pengajaran dan pembelajaran yang digunakan dalam proses memberikan materi pelajaran kepada peserta didik.
Dalam media pembelajaran ada yang dikenal dengan istilah media audio, visual, internet dan masih banyak lagi. Media pembelajaran seperti ini digunakan untuk mempermudah dan membantu tugas guru dalam menyampaikan berbagai bahan dan materi pelajarn, serta mengefektifkan dan mengefesienkan anak didik dalam memahami materi dan bahan ajar pelajaran tersebut.
Dengan adanya media pengajaran dan pembelajarn, anak didik dapat belajar dengan mudah dan merasa senang dalam mengikuti pelajaran. Biasanya anak didik dengan mudah menangkap materi pelajaran bila pembelajaran yang diselenggarakan tersebut menyenangkan.
Oke, dengan mengucapkan Bismillah
Awal perkuliahan, aku lupa tanggalnya kapan yang pasti pada jam 10.20 WIB. Ketika awal perkuliahan Pak Syaiful Amien hanya menerangkan Materi Perkuliahan:
1. Posisi, peran dan fungsi media pembelajaran
2. Klasifikasi Media Pembelajaran
3. Metode Pembelajaran, upaya mengintegrasikan teknologi dan media
4. Metode Pembelajaran, upaya mengitegrasikan teknologi dan media
5. Prinsip visual; mendesain material yang efektif
6. Visual; menguatkan pembelajaran dengan media visual
7. Audio; mendengar dan belajar
8. Video: untuk menguatkan pembelajaran dengan gambar, supaya beriman ya Pak
9. Trend dalam tekhnologi dan media pembelajaran
10. Merancang media yang tepat untuk pembelajaran PAI.
Tekhnologi adalah way of problem solving. Dengan begitu orang yang tidak semberangan mengembangkan media tanpa ada metode. Untuk itu, ada kata pepatah yang bagus untuk mahasiswa,
• Saya mendengar, saya lupa
• Saya melihat, saya tahu
• Saya melakukan, saya paham
Bentuk Pembelajaran
1. Model: information procesing nad socian interaction
2. Strategi: direct, indrect, interactive
3. Metode: Lecture, inquiri, case study, cooperative learning
Orang kaya adalah orang yang sedikit kebutuhan mau dan mampu memberi yang terbaik. Model pembelajaran yang ditawarkan oleh Bapak tercinta adalah Pembelajaran berbasis kedermawanan. Jadi inti dari model ini adalah bacalah buku sebanyak-banyaknya.
29 September 2011
Hari ini merupakan hari yang cerah, banyak kejadian-kejadian lucu ketika Pak Amien mengajar, salah satunya ketika disebut nama Hilman Ainul Halili, spontan Muhajir Musa menjawab “lagi nguras Lumpur Lapindo. Kemudian Pak Amien menerangkan Defenisi, Posisi dan fungsi Media dalam Pembelajaran PAI.
Media berasal dari bahasa latin yakni medium yang artinya between, perantara.
Menurut para ahli
• (Briggs, 1977) adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi materi instruksional.
• (Schramm, 1977) adalah tekhnologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan instruksional.
• (Anderson, 1987) adalah perlengkapan untuk memperjelas pesan atau sesuatu guna untuk menyampaikan pesan kepada audience.
Dalam Media Pembelajaran yang harus diketahui lebih dahulu adalah istilah pembelajaran. Yang mana pembelajaran adalah upaya membelajarkan peserta didik melalui penataan faktor eksternal agar terjadi proses belajar (internal) untuk mencapai hasil belajar.
Faktor eksternal antara lain; kondisi peserta didik, kondisi kelas, karakteristik peserta didik dan lain-lain. Sedangkan faktor internal seperti belajar. Inti dari belajar itu sendiri adalah perubahan, belajar adalah proses merubah diri dari yang baik menjadi terbaik.
Dalam belajar beberapa aspek yang ditekankan pada peserta didik, antara lain; kognitifnya (knowladge), Afektif (diolah, dihayati dan amalkan) dan psikomotorik (keterampilan, life skill). Tujuan dari pembelajaran adalah menjadikan siswa untuk senang dan sekiranya menikmati pembelajaran itu. Bagaimana cara? Kuncinya satu yakni seorang guru itu harus menata dulu faktor eksternal seperti lingkungan, susana belajar yang menyenangkan dan lain-lain. Ingat guru yang bijak adalah guru yang bisa menata faktor eksternal untuk memotivasi muridnya.
Ketika proses belajar mengajar pasti terjadi yang namanya komunikasi. Komponen komunikasi itu sendiri antara lain
• Guru berperan sebagai komunikator
• Media, ini tergantung media apa yang dipakai oleh si komunikator untuk menyampaikan pesannya
• Siswa berperan sebagai komunikan
• Tujuan dari komunikasi itu sendiri apa.
Media itu mempunyai posisi yang sentral dalam pendidikan yakni sebagai perantara penyampaian ide (sumber) berupa pengkodean (dari pengalaman si penyampai) kemudian diterjemahkan dalam penafsiran kode oleh penerima dan menghasilkan feedback (umpan balik).
Media berfungsi sebagai channel komunikasi dalam menyampaikan materi kepada peserta didik (ini khusus dalam pendidikan).
Sebagai catatan untuk seorang guru ketika mengajar yakni ia harus memperhatikan hal-hal berikut:
1. Kondisi,
• tujuan, karakteristik bidang studi
• kendala, seperti karakteristik bidang studi dan karakteristik siswa
2. Metode
• Strategi pengorganisasian pesan pembelajaran
• Strategi penyampaian pesan pembelajaran
• Strategi pengelolahan pembelaraan
3. Hasilnya harus efektif, efesien dan mempunyai daya tarik bagi peserta didik
Fungsi Media
Media itu berfungsi sebagai pembawa informasi dari guru ke siswa. Media berfungsi baik jika mempertimbangkan sisi kelebihannya, antara lain:
• Kemapuan fiksatif artinya dapat menangkap, menyimpan dan menampilkan kembali suatu objek/ kejadian
• Kemampuan Manipulatif artinya media dapat menampilkan kembali objek / kejadian itu
• Kemampuan Distributif artinya mampu menjangkau audience yang berjumlah besar dalam satu kali penyajian secara serempak.
Namun dari beberapa kelebihan yang telah diungkapkan penulis, terdapat beberapa hambatan, antara lain:
• Verbalisme, siswa dapat menyebut kata tapi tidak mengetahui arti dari kata itu. Hal ini terjadi karena guru hanya mengajar dengan metode ceramah saja.
• Salah tafsir, istilah kata sama diartikan berbeda oleh peserta didik. Ini terjadi karena biasa guru hanya menjelaskan secara lisan tanpa menggunakan media pembelajaran yang lain, misalnya gambar, model dan lain-lain.
• Perhatian tidak berpusat, ini terjadi karena ada gangguan fisik, terkadang melamun atau bisa saja metode pendidik itu membosankan.
• Tidak terjadi pemahaman yang logis (tidak nyambung): kurang memiliki kebermaknaan logis dan psikologis.
Sekedar numpang “apa yang diamati peserta didik, dilihat secara terpisah. Tidak terjadi proses berpikir logis mulai dari kesadaran hingga timbulnya sebuah konsep”. Dengan begitu, jika pendidik bisa mempertimbangkan kelebihan dan hambatan dalam belajar (komunikasi) maka media akan berfungsi baik.
Landasan Penggunaan Media
• Landasan filsafat ini karena terjadinya dehumanisasi
• Landasan psikologis, anak akan lebih mudah mempelajari hal-hal yang bersifat kongkrit dari pada abstrak.
Sekali lagi penulis tekankan bahwa dalam pemilihan media pembelajaran harus mempertimbangkan kompleksitas, penyesuaian pembelajaran dan keunikan belajar.
Perangkat dan Klasifikasi Media Pembelajaran
Perangkat-perangkat media, antara lain:
• Materi adalah sesuatu yang dapat dipakai untuk menyimpan pesan yang akan disampaikan pada audience dengan peralatan tertentu
• Equipment (peralatan) adalah sesuatu yang digunakan untuk memindahkan menyampaikan sesuatu yang disimpan untuk material kepada audience, misalnya berupa tampilan slide power point.
• Software (perangkat lunak) adalah isi pesan yang tersimpan dalam material.
• Hardware adalah peralatan yang digunakan untuk menyimpan pesan yang dituangkan dalam material.
Wilbar Sehram, mengklasifikasikan media menjadi tiga bagian, antara lain: rumit, mahal dan sederhana. Menurut Gane menerangkan kemampuan dan fungsi media menurut hirarki belajar:
• Pelontar stimulus
• Penarik minat belajar
• Cantik prilaku
• Memberi kondisi nyaman dalam belajar dan menuntut cara berfikir
Tujuan belajar antara lain:
• Info faktual
• Pengenalan visual
• Prosedur
• Menambah keterampilan
• Memberi perilaku pilihan pada peserta didik
Media 2 Dimensi
Meliputi media grafis, bentuk papan dll
Media grafis, fungsi, untuk menarik perhatian, memperjelas ide dan menghiasi fakta yang cepat dilupakan.
Karakteristik: media 2 dimensi hanya dapat dilihat dari depan saja dan hanya dapat didengar saja.
27 Oktober 2011
Media 3 Dimensi
Ialah sekolompok media tanpa proyeksi penyajian secara visual. Benda asli ketika akan difungsikan sebagai media pembelajaran dapat dibawa langsung kelas. Media mempunyai kelebihan antara lain;
• Penyajian secara kongkrit dan menghindari verbalisme
• Dapat menunjukkan objek secara utuh baik konstruksi maupun cara kerjanya
• Dapat menunjukkan alur secara jelas
Kelemahan media ini antara lain;
• Penyimpanannya memerlukan ruang besar dan rumit. Maka alternatifnya pelajar melakukan kunjungan wisata
• Belajar benda sebenarnya melalui specimen
Keuntungan Widya Wisata
• Membangkitkan minat siswa untuk menyelidiki
• Melatih seni hidup
Pemilihan media Pembelajaran PAI
Metode itu lebih penting dari pada materi. Dalam pemilihan penyampaian mesti mempertimbangkan kondisi pembelajaran.
Tujuan pembelajaran:
• Mengarah/mengacu pada hasil yang diharapkan
• Ditetapkan lebih dahulu
• Siswa diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Kelemahan metode widya wisata
• Memerlukan biaya dan tanggung jawab ekstra
• Obyek wisata jaran memberikan peluang belajar.
Komputer (ini dikelompokku)
Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.
Jenis-jenis komputer
• Desktop Komputer
• Laptop (komputer portable)
• PDA
Komponen-komponen Komputer
• Hardware (Perangkat Keras)
• Software (Perangkat Lunak)
Hardware
• Input Device
• Procces Device
• Output Device
• Backing Storage
Input device
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Process device
Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit(CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
OutPut Device
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses
Backing storage
Backing storage adalah suatu alat dimana data - data disimpan. Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program.
software
program komputer yang memungkinkan sebuah komputer dapat melakuakn sebuah tugas tertentu
Perangkat-perangkat pembantu
bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
Kelebihan menggunakan komputer
• Mampu mengolah data dalam jumlah besar
• Memiliki kecepatan dan ketelitian yang tinggi dalam mengerjakan fungsinya
• Memiliki media penyimpanan yang berkapasitas besar
• Komputer dapat mengembangkan daya intelektual, menambah kemampuan (skill)
• Komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media di dalamnya
Kelemahan Menggunakan Komputer
• Komputer cenderung mengisolasi
• Komputer cenderung membuat orang pasif secara fisik
• Komputer cenderung hanya cocok dengan satu gaya belajar
• Komputer cenderung berdasar media dan bukan berdasar pengalaman
13 Desember 2011
Hari itu aku upload tulisanku diblog ferigramesa.blogspot.com “pembelajaran terpadu untuk pengembangan peserta didik dan Media Pengembangan Peserta didik dari berbagai media”
24 November 2011
Aku memposting tulisanku yang berjudul “Media Pendidikan”. Ini aku kumpulkan hasil UTS-nya teman-teman. Selain tulisan di atas aku juga memposting tulisan “metode pembelajaran asyik”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari kita membaca dengan hati plus mata