31 Mar 2012

Rencana Pembelajaran Sentra Berdasarkan Permen 58 dan Pengembangan Karakter



Kelompok usia: 2 – 6 tahun
Tema : Profesi

Tujuan: Mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal konsep pekerjaan , tujuan bekerja , jenis pekerjaan, tugas pekerjaan, tempat bekerja dan alat-alat kerja.

Langkah Penyusunan Rencana Pembelajaran:
1. Mencari tahapan pencapaian perkembangan sesuai dengan tema.
2. Memasukkan tahapan capaian perkembangan dan karakter yang ingin dicapai sesuai dengan karakteristik sentra.
3. Membuat matrik materi sesuai dengan kelompok usia.

Level Usia
Pekan I
Pekan II
Pekan III
Pekan IV
2-4 tahun
Apakah pekerjaan itu?
Pekerjaan Ayah-Ibu
Pekerjaan terdekat anak (orang dewasa sekitar anak; sopir, suster)
Pedagang (nama profesi yang ada di pasar swalayan)
Pekerjaan terdekat anak (nama jabatan yang terkait dengan dunia kesehatan dokter, suster, apoteker)
4-5 tahun
Pemahaman mengapa orang harus bekerja.
Apakah pekerjaan itu?
Pekerjaan terdekat anak (orang dewasa sekitar anak; sopir, suster, guru)
Pedagang (tugas dan cara kerja profesi yang ada di pasar swalayan)
Pekerjaan terdekat anak (Cara kerja , alat yang digunakan yang terkait dengan dunia kesehatan misalnya suster, apoteker, nutrisian, dokter)
5-6 tahun
Pemahaman mengapa orang harus bekerja.
Apakah pekerjaan itu?
Pekerjaan terdekat anak (orang dewasa sekitar anak; sopir, suster, guru, satpam, tukang sampah)
Pedagang (beberapa keahlian yang diperlukan untuk profesi yang ada di pasar swalayan)
Pekerjaan terdekat anak (Keterampilan dan keahlian yang harus dimiliki untuk dunia kesehatan, suster, apoteker, nutrisian, dokter)

4. Penyusunan Rencana Kegiatan Harian (RKH pada sistem sentra dibuat pekanan karena anak hanya satu kali masuk dalam sentra per pekan)

Pekan I Sub Tema: Mengapa Kita Harus Bekerja
Sentra Drama
Sentra Balok
Sentra Persiapan
Sentra Eksplorasi
Sentra Seni
PENATAAN LINGKUNGAN:
Baju berbagai macam profesi; dokter, guru, pedagang, ayah, ibu.

PIJAKAN SEBELUM MAIN
Guru membaca buku: Pekerjaan Ayah-Ibuku
Membuat aturan main.
Bertanya kepada anak ia ingin menjadi apa?
Memberi kesempatan anak untuk melakukan permainan.

PIJAKAN SELAMA MAIN
  • memberi gagasan, memperluasan gagasan main anak
  • mengembangkan kosakata dan komunikasi
  • mengembangkan sosial anak
  • mengamati main anak
  • mencatat kegiatan anak

PIJAKAN SETELAH MAIN:
  • membereskan mainan
  • menanyakan kembali apa yang telah dimainkan anak (recalling)
  • penegasan konsep yang dikembangkan
  • memberi kesempatan anak untuk menuangkan gagasan bermainnya dalam bentuk tulis/gambar sesuai dengan usia.
PENATAAN LINGKUNGAN:
-Menyiapkan balok secukupnya; perbandingan 1 anak 20-30 pcs balok (lebih banyak lebih baik)
-boneka (dapat juga diganti dengan kartu_ berbagai profesi.
-alas untuk membangun
-buku tentang sebuah profesi.

PIJAKAN SEBELUM BERMAIN

Guru membaca buku: Ayahku seorang Guru
Membuat aturan main.
Bertanya kepada anak ia akan membangun apa?
Memberi kesempatan anak untuk melakukan permainan


PIJAKAN SELAMA MAIN
  • memberi gagasan, memperluas gagasan main anak untuk membuat bangunan yang dikehendaki anak (sesuai minat anak)
  • mengembangkan kosakata dan komunikasi (kosakata yang sesuai dengan profesi)
  • mengembangkan sosial anak
  • mengamati main anak
  • mencatat kegiatan anak


PIJAKAN SETELAH MAIN:
  • membereskan mainan
  • menanyakan kembali apa yang telah dimainkan anak (recalling)
  • penegasan konsep yang dikembangkan
  • memberi kesempatan anak untuk menuangkan pengalaman bermainnya dalam bentuk tulis/gambar sesuai dengan usia.
PENATAAN LINGKUNGAN:
Guru menyiapkan alat peraga dalam wadah di meja yang telah disiapkan.
Jenis permainan terdiri dari pola, alat hitung dan motorik, misalnya jenis alat untuk bekerja, sendok, model tas, alat ronce, pola orang-orangan. Satu jenis mainan untuk 1-2 anak.

PIJAKAN SEBELUM MAIN
Guru membaca buku: Ibuku Rajin Sekali
Membuat aturan main.
Bertanya kepada anak ia akan membangun apa?
Mempresentasikan alat permainan baru sesuai dengan tema; misalnya orang-orangan.
Guru menyebutkan nama mainan, meminta anak untuk memegang, meminta anak untuk berpendapat kira-kira untuk apa saja mainan ini, guru memperagakan cara bermainnya.
Memberi kesempatan anak untuk melakukan permainan


PIJAKAN SELAMA MAIN
  • memberi gagasan, memperluas gagasan main anak untuk membuat karya nyata (sesuai minat anak)
  • mengembangkan kosakata dan komunikasi (kosakata yang sesuai dengan profesi)
  • memperkuat konsep yang dibangun bersama anak
  • mengembangkan sosial anak
  • mengamati main anak
  • mencatat kegiatan anak

PIJAKAN SETELAH MAIN:
  • membereskan mainan
  • menanyakan kembali apa yang telah dimainkan anak (recalling)
  • penegasan konsep yang dikembangkan
- memberi kesempatan anak untuk menuangkan pengalaman bermainnya dalam bentuk tulis/gambar sesuai dengan usia.
PENATAAN LINGKUNGAN:
Menyiapkan alat permainan: alat tumbuk 3 buah, alat pompa 2 buah, alat kocok 3 buah, alat untuk menggosok gigi; alat untuk memandikan bayi, 1. (untuk 10 anak)

PIJAKAN SEBELUM MAIN
Guru membaca buku:
Aku bisa Menggosok Gigi
Membuat aturan main.
Bertanya kepada anak ia akan bermain apa?
Mempresentasikan alat permainan baru sesuai dengan tema; misalnya pompa air galon untuk pedagang minyak.
Guru menyebutkan nama mainan, meminta anak untuk memegang, meminta anak untuk berpendapat kira-kira untuk apa saja mainan ini, guru memperagakan cara bermainnya.
Memberi kesempatan anak untuk melakukan permainan



PIJAKAN SELAMA MAIN

  • memberi gagasan, memperluas gagasan main anak untuk membuat karya nyata (sesuai minat anak)
  • mengembangkan kosakata dan komunikasi (kosakata yang sesuai dengan profesi)
  • memperkuat konsep yang dibangun bersama anak
  • mengembangkan sosial anak
  • mengamati main anak
  • mencatat kegiatan anak

PIJAKAN SETELAH MAIN:
  • membereskan mainan
  • menanyakan kembali apa yang telah dimainkan anak (recalling)
  • penegasan konsep yang dikembangkan
- memberi kesempatan anak untuk menuangkan pengalaman bermainnya dalam bentuk tulis/gambar sesuai dengan usia.
PENATAAN LINGKUNGAN:
Alat-lat menggunting, lem, krayon, kertas koran, origami, kardus.

PIJAKAN SEBELUM MAIN
Guru membaca buku: Cita-citaku
Membuat aturan main.
Bertanya kepada anak ia akan membangun apa?
Mempresentasikan apa yang akan dibuat; membuat origami pak tani, membuat topi pak tani dari koran, membuat taman di atas kardus.
Mencontohkan cara menggunakan alat .permainan baru sesuai dengan tema; misalnya orang-orangan.
Guru menyebutkan nama mainan, meminta anak untuk memegang, meminta anak untuk berpendapat kira-kira untuk apa saja mainan ini, guru memperagakan cara bermainnya.
Memberi kesempatan anak untuk melakukan permainan

PIJAKAN SELAMA MAIN

  • memberi gagasan, memperluas gagasan main anak untuk membuat karya nyata (sesuai minat anak)
  • mengembangkan kosakata dan komunikasi (kosakata yang sesuai dengan profesi)
  • memperkuat konsep yang dibangun bersama anak
  • mengembangkan sosial anak
  • mengamati main anak
  • mencatat kegiatan anak

PIJAKAN SETELAH MAIN:
  • membereskan mainan
  • menanyakan kembali apa yang telah dimainkan anak (recalling)
  • penegasan konsep yang dikembangkan
  • Mengajak anak berkeliling melihat karya teman-temannya.
- memberi kesempatan anak untuk menuangkan pengalaman bermainnya dalam bentuk tulis/gambar sesuai dengan usia.




FORMAT RENCANA KEGIATAN PEKANAN
PEKAN : 2
SUB TEMA: Tempat-tempat yang disukai anak TK A
Target Pencapaian:
Rekreasi diperlukan untuk mendekatkan diri kepada Allah

Karakter yang dibangun:

Kerja sama, bertanggungjawab, mandiri

Sentra drama
Sentra Seni
Sentra eksplorasi
Sentra Balok
Sentra Persiapan
Pijakan Lingkungan :
Pakaian karakter binatang, kandang mini, pakaian petugas kebun binatang
Pijakan Lingkungan :
Gunting, kertas, gambar maket kebun binatang,gambar binatang, lem,
Pijakan Lingkungan :
Playdough, cetakan binatang, pasir,stik es krim, binatang mini (mikroplay),kertas, cat air,kuas, krayon, palet, ikan, toples plastik, air


Pijakan Lingkungan :
Balok, kartu kosakata,
Pijakan Lingkungan :
Gambar kebun binatang, kartu kosakata, gambar seri mengurutkan masuk ke kebun binatang
Pijakan Sebelum bermain:
Guru membaca buku :
Kebun binatang
Membuat aturan main
Tempat rekreasi apa yang paling kamu sukai ?
Memberi kesempatan kepada anak untuk melakukan permainan


Pijakan Sebelum bermain:
Guru membaca buku: Kebun binatang
Membuat aturan main.
Mempresentasikan apa yang akan dibuat; membuat montaze kebun binatang
Mencontohkan cara menggunakan alat
Memberi kesempatan anak untuk melakukan permainan



Pijakan Sebelum bermain:
  • memberi gagasan kerja sama, memperluas gagasan main anak untuk membuat karya nyata (sesuai minat anak)
  • mengembangkan kosakata dan komunikasi (kosakata yang sesuai dengan kebun binatang)
  • memperkuat konsep yang dibangun bersama anak
  • mengembangkan sosial anak
  • mengamati main anak
  • mencatat kegiatan anak

Pijakan Sebelum bermain:
Guru membaca buku:
Kebun binatang
Membuat aturan main.
Bertanya kepada anak ia akan membangun apa?
Memberi kesempatan anak untuk melakukan permainan





Pijakan Sebelum bermain:
Guru membaca buku: Kebun binatang
Membuat aturan main.
Mempresentasikan apa yang akan dibuat; membuat montaze kebun binatang
Mencontohkan cara menggunakan alat
Memberi kesempatan anak untuk melakukan permainan


Pijakan Saat Bermain :
  • memberi gagasan tentang kerjasama, memperluasan gagasan main anak
  • mengembangkan kosakata (pawang, kerjasama,tanggungjawab, mandiri, kebun bintang) dan komunikasi
  • mengembangkan sosial anak (KS TJ MND)
  • mengamati main anak
  • mencatat kegiatan anak



Pijakan Saat Bermain :
  • memberi gagasan tentang kerjasama, memperluas gagasan main anak untuk membuat karya nyata (sesuai minat anak)
  • mengembangkan kosakata dan komunikasi (kosakata yang sesuai dengan kebun binatang)
  • memperkuat konsep yang dibangun bersama anak
  • mengembangkan sosial anak
  • mengamati main anak
  • mencatat kegiatan anak

Pijakan Saat Bermain :
  • memberi gagasan tentang kerjasama, memperluas gagasan main anak untuk membuat karya nyata (sesuai minat anak)
  • mengembangkan kosakata dan komunikasi (kosakata yang sesuai dengan kebun binatang)
  • memperkuat konsep yang dibangun bersama anak
  • mengembangkan sosial anak
  • mengamati main anak
  • mencatat kegiatan anak


Pijakan Saat Bermain :
  • memberi gagasan tentang kerjasama, memperluas gagasan main anak untuk membuat karya nyata (sesuai minat anak)
  • mengembangkan kosakata dan komunikasi (kosakata yang sesuai dengan kebun binatang)
  • memperkuat konsep yang dibangun bersama anak
  • mengembangkan sosial anak
  • mengamati main anak
  • mencatat kegiatan anak

Pijakan Saat Bermain :
  • memberi gagasan tentang kerjasama, memperluas gagasan main anak untuk membuat karya nyata (sesuai minat anak)
  • mengembangkan kosakata dan komunikasi (kosakata yang sesuai dengan kebun binatang)
  • memperkuat konsep yang dibangun bersama anak
  • mengembangkan sosial anak
  • mengamati main anak
  • mencatat kegiatan anak


Pijakan Setelah Bermain :
  • membereskan mainan
  • menanyakan kembali apa yang telah dimainkan anak (recalling)
  • penegasan konsep yang dikembangkan
memberi kesempatan anak untuk menuangkan pengalaman bermainnya dalam bentuk tulis/gambar sesuai dengan usia.
Pijakan Setelah Bermain :
  • membereskan mainan
  • menanyakan kembali apa yang telah dimainkan anak (recalling)
  • penegasan konsep yang dikembangkan
memberi kesempatan anak untuk menuangkan pengalaman bermainnya dalam bentuk tulis/gambar sesuai dengan usia.
Pijakan Setelah Bermain :
  • membereskan mainan
  • menanyakan kembali apa yang telah dimainkan anak (recalling)
  • penegasan konsep yang dikembangkan
memberi kesempatan anak untuk menuangkan pengalaman bermainnya dalam bentuk tulis/gambar sesuai dengan usia.
Pijakan Setelah Bermain :
  • membereskan mainan
  • menanyakan kembali apa yang telah dimainkan anak (recalling)
  • penegasan konsep yang dikembangkan
memberi kesempatan anak untuk menuangkan pengalaman bermainnya dalam bentuk tulis/gambar sesuai dengan usia.
Pijakan Setelah Bermain :
  • membereskan mainan
  • menanyakan kembali apa yang telah dimainkan anak (recalling)
  • penegasan konsep yang dikembangkan
memberi kesempatan anak untuk menuangkan pengalaman bermainnya dalam bentuk tulis/gambar sesuai dengan usia.


5 komentar:

  1. pas bgt ni... sm tugas sy, tp yg sy bingungin cara memasukkan ke RKH nya bagaimana? mohon infonya terimakasih...

    BalasHapus
  2. bang tl bagikan sentra 5-6 rpp dan silabusnya

    BalasHapus
  3. terimakasih. artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Mari kita membaca dengan hati plus mata