Kelompok
usia: 2 – 6 tahun
Tema
: Profesi
Tujuan:
Mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal konsep pekerjaan , tujuan
bekerja , jenis pekerjaan, tugas pekerjaan, tempat bekerja dan
alat-alat kerja.
Langkah Penyusunan
Rencana Pembelajaran:
1. Mencari tahapan
pencapaian perkembangan sesuai dengan tema.
2. Memasukkan
tahapan capaian perkembangan dan karakter yang ingin dicapai sesuai
dengan karakteristik sentra.
3. Membuat matrik
materi sesuai dengan kelompok usia.
Level Usia
|
Pekan I |
Pekan II |
Pekan III |
Pekan IV |
2-4 tahun
|
Apakah
pekerjaan itu?
Pekerjaan Ayah-Ibu |
Pekerjaan terdekat anak (orang
dewasa sekitar anak; sopir, suster)
|
Pedagang (nama profesi yang ada
di pasar swalayan)
|
Pekerjaan terdekat anak (nama
jabatan yang terkait dengan dunia kesehatan dokter, suster,
apoteker) |
4-5 tahun
|
Pemahaman
mengapa orang harus bekerja.
Apakah pekerjaan itu? |
Pekerjaan terdekat anak (orang
dewasa sekitar anak; sopir, suster, guru) |
Pedagang (tugas dan cara kerja
profesi yang ada di pasar swalayan) |
Pekerjaan terdekat anak (Cara
kerja , alat yang digunakan yang terkait dengan dunia kesehatan
misalnya suster, apoteker, nutrisian, dokter) |
5-6 tahun
|
Pemahaman
mengapa orang harus bekerja.
Apakah pekerjaan itu? |
Pekerjaan terdekat anak (orang
dewasa sekitar anak; sopir, suster, guru, satpam, tukang sampah) |
Pedagang (beberapa keahlian
yang diperlukan untuk profesi yang ada di pasar swalayan) |
Pekerjaan terdekat anak
(Keterampilan dan keahlian yang harus dimiliki untuk dunia
kesehatan, suster, apoteker, nutrisian, dokter) |
4.
Penyusunan Rencana Kegiatan Harian (RKH pada sistem sentra dibuat
pekanan karena anak hanya satu kali masuk dalam sentra per pekan)
Pekan
I Sub Tema: Mengapa Kita Harus Bekerja
Sentra
Drama |
Sentra
Balok |
Sentra
Persiapan |
Sentra
Eksplorasi |
Sentra
Seni |
PENATAAN
LINGKUNGAN:
Baju
berbagai macam profesi; dokter, guru, pedagang, ayah, ibu.
PIJAKAN
SEBELUM MAIN
Guru
membaca buku: Pekerjaan Ayah-Ibuku
Membuat
aturan main.
Bertanya
kepada anak ia ingin menjadi apa?
Memberi
kesempatan anak untuk melakukan permainan.
PIJAKAN
SELAMA MAIN
PIJAKAN
SETELAH MAIN:
|
PENATAAN
LINGKUNGAN:
-Menyiapkan
balok secukupnya; perbandingan 1 anak 20-30 pcs balok (lebih
banyak lebih baik)
-boneka
(dapat juga diganti dengan kartu_ berbagai profesi.
-alas
untuk membangun
-buku
tentang sebuah profesi.
PIJAKAN
SEBELUM BERMAIN
Guru
membaca buku: Ayahku seorang Guru
Membuat
aturan main.
Bertanya
kepada anak ia akan membangun apa?
Memberi
kesempatan anak untuk melakukan permainan
PIJAKAN
SELAMA MAIN
PIJAKAN
SETELAH MAIN:
|
PENATAAN
LINGKUNGAN:
Guru
menyiapkan alat peraga dalam wadah di meja yang telah disiapkan.
Jenis
permainan terdiri dari pola, alat hitung dan motorik, misalnya
jenis alat untuk bekerja, sendok, model tas, alat ronce, pola
orang-orangan. Satu jenis mainan untuk 1-2 anak.
PIJAKAN
SEBELUM MAIN
Guru
membaca buku: Ibuku Rajin Sekali
Membuat
aturan main.
Bertanya
kepada anak ia akan membangun apa?
Mempresentasikan
alat permainan baru sesuai dengan tema; misalnya orang-orangan.
Guru
menyebutkan nama mainan, meminta anak untuk memegang, meminta anak
untuk berpendapat kira-kira untuk apa saja mainan ini, guru
memperagakan cara bermainnya.
Memberi
kesempatan anak untuk melakukan permainan
PIJAKAN
SELAMA MAIN
PIJAKAN
SETELAH MAIN:
|
PENATAAN
LINGKUNGAN:
Menyiapkan
alat permainan: alat tumbuk 3 buah, alat pompa 2 buah, alat kocok
3 buah, alat untuk menggosok gigi; alat untuk memandikan bayi, 1.
(untuk 10 anak)
PIJAKAN
SEBELUM MAIN
Guru
membaca buku:
Aku
bisa Menggosok Gigi
Membuat
aturan main.
Bertanya
kepada anak ia akan bermain apa?
Mempresentasikan
alat permainan baru sesuai dengan tema; misalnya pompa air galon
untuk pedagang minyak.
Guru
menyebutkan nama mainan, meminta anak untuk memegang, meminta anak
untuk berpendapat kira-kira untuk apa saja mainan ini, guru
memperagakan cara bermainnya.
Memberi
kesempatan anak untuk melakukan permainan
PIJAKAN
SELAMA MAIN
PIJAKAN
SETELAH MAIN:
|
PENATAAN
LINGKUNGAN:
Alat-lat
menggunting, lem, krayon, kertas koran, origami, kardus.
PIJAKAN
SEBELUM MAIN
Guru
membaca buku: Cita-citaku
Membuat
aturan main.
Bertanya
kepada anak ia akan membangun apa?
Mempresentasikan
apa yang akan dibuat; membuat origami pak tani, membuat topi pak
tani dari koran, membuat taman di atas kardus.
Mencontohkan
cara menggunakan alat .permainan baru sesuai dengan tema; misalnya
orang-orangan.
Guru
menyebutkan nama mainan, meminta anak untuk memegang, meminta anak
untuk berpendapat kira-kira untuk apa saja mainan ini, guru
memperagakan cara bermainnya.
Memberi
kesempatan anak untuk melakukan permainan
PIJAKAN
SELAMA MAIN
PIJAKAN
SETELAH MAIN:
|
FORMAT RENCANA KEGIATAN PEKANAN
PEKAN : 2
SUB TEMA: Tempat-tempat yang disukai
anak TK A
Target Pencapaian:
Rekreasi diperlukan untuk mendekatkan diri kepada
Allah |
Karakter yang dibangun:
Kerja sama, bertanggungjawab, mandiri |
Sentra drama |
Sentra Seni
|
Sentra eksplorasi |
Sentra Balok
|
Sentra Persiapan
|
Pijakan Lingkungan :
Pakaian karakter binatang, kandang mini, pakaian
petugas kebun binatang |
Pijakan Lingkungan :
Gunting, kertas, gambar maket kebun
binatang,gambar binatang, lem,
|
Pijakan Lingkungan :
Playdough, cetakan
binatang, pasir,stik es krim, binatang mini (mikroplay),kertas,
cat air,kuas, krayon, palet, ikan, toples plastik, air
|
Pijakan Lingkungan :
Balok, kartu kosakata,
|
Pijakan Lingkungan :
Gambar kebun binatang, kartu kosakata, gambar seri
mengurutkan masuk ke kebun binatang |
Pijakan Sebelum
bermain:
Guru membaca buku :
Kebun binatang
Membuat aturan main
Tempat rekreasi apa
yang paling kamu sukai ?
Memberi kesempatan
kepada anak untuk melakukan permainan
|
Pijakan Sebelum
bermain:
Guru
membaca buku: Kebun binatang
Membuat
aturan main.
Mempresentasikan
apa yang akan dibuat; membuat montaze kebun binatang
Mencontohkan
cara menggunakan alat
Memberi
kesempatan anak untuk melakukan permainan
|
Pijakan Sebelum
bermain:
|
Pijakan Sebelum
bermain:
Guru
membaca buku:
Kebun
binatang
Membuat
aturan main.
Bertanya
kepada anak ia akan membangun apa?
Memberi
kesempatan anak untuk melakukan permainan
|
Pijakan Sebelum
bermain:
Guru
membaca buku: Kebun binatang
Membuat
aturan main.
Mempresentasikan
apa yang akan dibuat; membuat montaze kebun binatang
Mencontohkan
cara menggunakan alat
Memberi
kesempatan anak untuk melakukan permainan
|
Pijakan Saat Bermain :
|
Pijakan Saat Bermain :
|
Pijakan Saat Bermain :
|
Pijakan Saat Bermain :
|
Pijakan Saat Bermain :
|
Pijakan Setelah Bermain
:
|
Pijakan Setelah Bermain
:
|
Pijakan Setelah Bermain
:
|
Pijakan Setelah Bermain
:
|
Pijakan Setelah Bermain
:
|
pas bgt ni... sm tugas sy, tp yg sy bingungin cara memasukkan ke RKH nya bagaimana? mohon infonya terimakasih...
BalasHapusbuatkan aja daylinya
BalasHapusbang tl bagikan sentra 5-6 rpp dan silabusnya
BalasHapuscari aja di blogku
BalasHapusterimakasih. artikelnya sangat bermanfaat.
BalasHapus