RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A.
IDENTITAS
Nama
Guru |
: |
.......................................... |
Sekolah
|
: |
|
Bidang
Studi |
: |
Pendidikan
Agama Islam |
Kelas/Semester |
: |
X
/ 1 |
B.
SILABUS
Judul
|
: |
Berperilaku
Terpuji |
Materi
|
: |
Pengertian
perilaku Husnuzan
Contoh-contoh
perilaku Husnuzan
- Membiasakan
diri berperilaku Husnuzan
|
Standar
Kompetensi |
: |
Membiasakan
Perilaku Terpuji |
Kompetensi
dasar
|
: |
1. Menyebutkan
pengertian perilaku hunuzan.
2. Menyebutkan
contoh-contoh husnuzan
terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
3.
Membiasakan
perilaku husnuzan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Indikator
Hasil Belajar |
: |
1. Siswa
mampu menyebutkan pengertian husnuzan
terhadap Allah, diri sendiri dan ssama manusia.
2. Siswa
mampu menyebutkan contoh perilaku husnuzan
terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
3.
siswa mampu mennjukan perilaku husnuzan
terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
|
Alokasi
Waktu |
: |
2x45
menit (1xpertemuan) |
Metode |
: |
Diskusi
Tanya
jawab
Movie
learning
- Pemberian
tugas
|
Media |
: |
Buku
Mandiri PAI kelas X Penerbit Elangga
-
VCD
tentang berperilaku terpuji
|
C.
PROSEDUR AKTIVITAS:
AKTIVITAS
|
PROSEDUR
|
DURASI
|
Scene
Setting
|
Guru
mulai membuka pelajaran dengan memberi salam
- Guru
menyuruh siswa untuk membaca ayat-ayat yang terdapat pada awal
bab sebelum memasuki materi
|
10
menit
|
Guru
mulai materi dengan menjelaskan tentang pengertian perilaku
Husnuzan
- Sebelum
memasuki materi yang kedua, guru mulai mempersilahkan siswa untuk
bertanya tentang materi yang belum diketahui
|
10
menit
|
Guru
mulai memberikan materi yang kedua, yaitu contoh-contoh perilaku
Husnuzan
- Guru
mempersilahkan siswa untuk bertanya lagi
|
15
menit
|
Guru
mulai memberikan materi yang ketiga yaitu membiasakan perilaku
Huznuzan
- Guru
mempersilahkan siswa untuk bertanya lagi
|
15
menit
|
Guru
mulai menyetel VCD tentang prilaku Husnuzan
Guru
mulai membagi beberapa kelompok untuk mendiskusikan apa yang
telah mereka tonton di VCD tadi
- Guru
menyuruh siswa untuk memaparkan hasil diskusinya ke kelompok lain
|
25
menit
|
Guru
mulai memberikan kesimpulan tentang prilaku Husnuzan yang telah
di tonton di VCD tadi
Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
- Guru
mulai menutup aktivitas belajar dengan berdoa dan salam
|
15
menit
|
Aktivitas
Belajar Siswa
|
1.
Siswa
mulai belajar dengan menjawab salam dari guru
2.
Murid-murid
mulai membaca ayat-ayat yang diperintahkan guru sebelum memulai
materi
|
10
menit
|
3.Siswa
mulai memperhatikan penjelasan dari guru tentang pengertian
Husnuzan
Siswa
bertanya tentang materi yang belum di mengerti / dipahami
|
10
menit
|
Siswa
mulai memperhatikan lagi materi kedua yang diberikan oleh guru
yaitu contoh-contoh perilaku Husnuzan
- Siswa
bertanya lagi
|
15
menit
|
Siswa
mulai memperhatikan lagi materi ketiga yang diberikan oleh guru
yaitu membiasakan diri berperilaku Husnuzan
- Siswa
bertanya lagi
|
15
menit
|
Siswa
mulai menyimak dengan seksama VCD yang telah di setel oleh guru
Siswa
mulai membentuk kelompok dan mendiskusikan VCD yang telah di
tonton
- Siswa
mulai memaparkan hasil diskusinya ke kelompok lain,
|
25
menit
|
Siswa
mulai menyimak kesimpulan yang dipaparkan oleh guru
Siswa
mulai menulis tugas yang diberikan oleh guru
- Siswa
mengakhiri aktivitas belajar dengan berdoa dan menjawab salam
dari guru
|
15
menit
|
Proyek
|
Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di sekolah
Tugasnya:
Menjelaskan
apa saja manfaat bersyukur kepada Allah SWT
Guru
juga memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
Tugasnya:
- Mencari
di majalah, koran, internet, atau di buku-buku tentang
cendikiawan muslim yang gigih dalam menuntut ilmu, misalnya: Ibnu
Sina, Ibnu Rusyd dan lain sebagainya.
|
|
Evaluasi
|
Guru
memberikan pertanyaan: Kebaikan-kebaikan apa saja yang akan
diraih, apabila setiap anggota masyarakat sudah membiasakan diri
dengan berperilaku Husnuzan
|
|
Sumber
Belajar
|
: |
Buku
Mandiri PAI kelas X Penerbit Erlangga
Musyhaf
Al-Quran terjemahan
Internet
Majalah
Koran
- Buku-buku
Islam lainnya
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari kita membaca dengan hati plus mata