31 Mar 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



A. IDENTITAS
Nama Guru : M. Feri Firmansyah
Sekolah : SD Baharu Nusantara (Pinggiran Pantai)
Bidang Studi : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI / I


B. SILABUS
Judul :
Cerita Abu Abu Lahab, Abu Jahal dan Musailamah Al-Kadzab

Materi :
Kisah Abu Lahab
Kisah Abu Jahal
Kisah Musailamah Al-Kadzab

Standar Kompetensi

:
Mendeskripsikan kisah Abu Lahab
Mendiskripsikan kisah Abu Jahal
Mendiskripsikan kisah Musailamh Al-Kadzab.

Kompetensi dasar :
  1. Menceritakan perilaku Abu Lahab
  2. Menceritakan perilaku Abu Jahal
  3. Menceritakan perilaku Musailamah Al-Kazab



Indikator Hasil Belajar :
1. Mampu menguraikan cerita perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
2. Mampu Menguraikan cerita perilaku Musailamah Al-Kazab
3.Mampu menyebutkan perilaku buruk Abu Lahab, Abu Jahal dan Musailamah Al- Kazab terhadap Rasulullah
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit (1xpertemuan)

Metode :
  1. Ceramah
  2. Diskusi kelompok kecil
  3. Tanya jawab
  4. Game


Media :
    1. Kelas VI Penerbit Erlangga
    2. Mushaf Al-Quran terjemah
    3. Peta Konsep (kertas karton)




C. PROSEDUR AKTIVITAS:
AKTIVITAS
PROSEDUR
DURASI
Scene Setting
Pendahuluan

  1. Mengucapkan salam dan berdoa
  2. Membangkitkan semangat belajar dari hikmah kisah (cerita /motivasi)

Inti
  1. Menceritakan perilaku Abu Jahal, Abu Lahab dan Musailamah Al-Kazab
Map)
  1. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa
  2. Menjodohkan kata berdasarkan cerita Abu Jahal, Abu Lahab dan Musailamah Al-Kadzab

Penutup
  1. Guru menjelaskan inti sari dari kisah Abu Jahal, Abu Lahab dan Musailamah Al-Kadzab
  2. Guru memberikan pertanyaan kepada para siswa seputar cerita tersebut
  3. Memberikan tugas (pekerjaan rumah)
  4. Memberikan kata motivasi
  5. Menutup dengan salam

1 x 10 Menit







2 x 30 Menit
Aktivitas Belajar Siswa


Pendahuluan
  1. Menjawab Salam
  2. Mendengarkan motivasi dari guru

Inti Pembelajaran
  1. Menjawab pertanyaan guru
  2. Diskusi kelompok kecil antar siswa
  3. Siswa Menjawab permainan menjodohkan yang diberikan oleh guru
  4. Bernyanyi


Penutup
  1. Siswa menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru
  2. Siswa mencatat kata motivasi yang telah diberikan oleh guru
  3. Siswa menjawab salam dan berdoa sebelum keluar dari kelas




Proyek
  1. Portofolio
  2. Mencari hal-hal inspiratif dari kisah tadi
  3. Menceritakan kembali kisah




Evaluasi
  1. Menilai berdasarkan kemauan ia belajar dan mengerjakan proyek-proyek itu.
  2. Membuat soal-soal yang diberikan kepada siswa untuk dikoreksi




Sumber Belajar :
  1. Sirah Nabawiyah karangan Syaikh Syafiurrahman Al-Mubarakfury
  2. Alquran (juz Amma)
  3. Pengalaman guru



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata