3 Des 2015

Al-Quran dalam Kehidupan Kita; Pelatihan Tilawati di Hotel Suci

Oleh MuFe El-Bageloka
Pendahuluan


Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang tidak lekang oleh zaman, baik dalam segi sains, pengetahuan, akhlak ataupun muamalah. Menurut para ulama Al-Quran merupakan sumber pengetahuan dan spiritual, singkat kata al-Quran merupakan panduan hidup manusia yang hakiki.
Umat Islam tertinggal karena ia meninggalkan al-Quran. Untuk itu, kedepannya al-Quran tidak hanya dilantunkan dalam Musabaqah Tilawatil Quran ataupun acara-acara tertentu, melainkan harus dipahami, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena nilai-nilai hikmah dalam al-Quran akan bermanfaat manakala diamalkan atau dengan kata lain ilmu ini akan bermanfaat manakala ilmu itu diamalkan.
INTERMEZO; al-Quran yang memiliki surat dengan ayat terpendek ada dua yaitu surat AL-ASHR DAN surat AL-KAUTSAR.

Pentingnya Manajemen TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran)
Manajemen adalah seni untuk mendapatkan sesuatu dari orang lain. Suatu cara untuk memanfaatkan sumber daya yang secara efektif dan efesien dalam mencapai tujuan, ini sudah tentu harus ada kerja sama secara harmonis. Pendidikan itu tidak menjamin standar seseorang untuk menjadi tinggi, tetapi ilmu yang akan mengangkat derajat seseorang, ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Mujadilah ayat 11

Artinya
Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Ayat di atas secara gamblang menjelaskan tentang arti kesabaran dalam menuntut ilmu. Dan inilah yang akan mengangkat derajat seseorang. Ilmu itu didapati hanya dengan akal yang tajam dan fikiran dan hati yang jernih. Ini sudah dicontohi oleh Rasulullah SAW beliau bukan orang yang berpendidikan tinggi tapi Beliau SAW adalah orang yang beriman dan berilmu, malahan Rasulullah SAW merupakan orang yang buta huruf, tidak bisa membaca dan menulis, ini terbukti ketika Beliau SAW disuruh membaca oleh Malaikat jibril, tapi Beliau menjawab “saya tidak bisa membaca”.
Al-Quran itu mempunyai keistimewaan tersendiri dalam kehidupan manusia. Allah SWT menegur hamba-Nya dengan teguran yang keras

Maka apakah mereka tidak memperhatikan/ mempelajari Al Quran ataukah hati mereka terkunci?
Karena al-Quran mempunyai keistimewaan tersendiri, sudah umat manusia harus mempelajari dan mengamalkannya. Di sinilah perlu manajemen dalam pembelajaran al-Quran, terutama ketika belajar membacanya.
Adapun fungsi manajemen, antara lain;
a)    Me-manage pikiran dan organisasi
b)    Me-manage manusia
c)    Me-manage produksi dan operasi

Doa ketika kita mau mengelolah SDM
اللَّهُمَّ اَلِفُ قُلُوْ بَنَا
Ya Allah satukanlah hati kita

Adapun kelompok tipe sumber daya organisasi dapat disingkat dengan istilah 4 M 1 E, antara lain;
a)    Money (Uang)
b)    Man (Manusia)
Islam punya solusi dalam problem solving yakni musyawarah

c)    Methode (cara)
d)    Machine (Mesin) atau mesin penggerak
e)    Enviroment (Lingkungan)
TPQ itu harus ada perencanaan karena itu akan menghasilan out put yang berkualitas. Bagaimana caranya kita harus menjadi penggerak dalam organisasi, kita harus menguasai dia dulu dan yang terakhir harus ada evaluasi.
Adapun sumber dana;
a.    Sumber pendaftaran santri baru
b.    SOP (Sumbangan Operasi Pendidikan)
c.    SPP (Syahriyah)
d.    Donatur (Dana Masyarakat)
e.    Dana Pemerintah (APBD/APBN)
f.    Sumber lain dan tidak mengikat
 Adapun yang harus dievaluasi; kurikulum, penjadwalan, prestasi santri, dan ustadz.

Pentingnya Memahami Metode Mengajar Al-Quran
Metode adalah cara untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sesuatu yang baik belum tentu menghasilkan yang baik, maka perlu metode dan strategi yang baik dan jitu.
Metode adalah suatu cara yang dilakukan oleh guru agar terjadi proses belajar pada siswa untuk mencapai tujuan. Kita harus mencari metode yang banyak kelebihannya dan sedikit kekurangannya.
Kelebihan dan kekurangan metode tilawati
Bagi guru
Kelebihannya; santri lebih mudah dikoordinir, tidak terlalu lelah dalam mengajar. Adapun kelemahannya; sulit diawal pembelajaran jilid baru.
Bagi santri
Kelebihannya; waktu baca yang sama, memahami makharijul huruf, memahami waqaf ibtida’. Adapun kekurangannya; tidak bisa dipacu secara perorangan.
Menjadi guru ngaji itu berkahnya tak terhingga karena semulia-mulianya manusia yakni yang berprofesi guru, apalagi guru ngaji. Syarat umum menjadi guru ngaji, antara lain;
a.    Mampu memberikan dorongan semangat belajar, serta mengarahkan santri menjadi anak yang baik.
b.    Memberi contoh yang baik kepada santri baik perkataan ataupun perbuatan.
c.    Tidak mempermasalahkan khilfiyah, perbedaan metode mengaji maupun hal lain yang dapat mengurangi nilai ukhuwah islamiyah.
d.    Berakhlak mulia dan rajin ibadah terutama ibadah Mahdloh
e.    Selalu mendoakan santri, wali santri, sesame ustadz dan lembaganya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata