3 Des 2015

Pentingnya Ilmu; Muhadarah Anak MBS

Kelompok Satu
Pentingnya Ilmu
Oleh Naurah Amirah
Kaum Muslimin rahimakumullah


Pada kesempatan yang mulia ini, kita akan membicarakan taushiyah tentang ahammiyatul ilmu (penting ilmu). Allah SWT berfirman dalam al-Quran;


Artinya
Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Dalam ayat ini Allah menjelaskan bahwasanya orang yang mempunyai keimanan kepada Allah dan mempunyai ilmu yang tinggi tentang Islam maka diantara mereka akan diangkat beberapa derajat dan orang itu akan menjadi penghuni surga.

Kaum Muslimin rahimakumullah
Firman Allah tadi memberi kita sebuah semangat agar kita berlomba-lomba dalam mengejar ilmu setinggi-tingginya, karena ilmu dapat membawa kita pada kehidupan yang sejahtera, damai dan tentram.
Siapa diantara kita yang ingin hidupnya kacau dan sengsara, jika tidak ingin hidup kalian kacau dan sengsara maka janganlah bermalas-malasan dalam menuntut ilmu. Siapa yang diantara kalian ingin hidupnya damai dan sejahtera? Maka kejarlah ilmu setinggi mungkin niscaya Allah akan memberikan pahala dan memasukkannya  kedalam surga.

Kaum muslimin rahima kumullah
Ada sebuah hadis tentang menuntut ilmu yaitu diriwayatkan oleh Muslim

طلب العم فريضة على كل مسلم و مسلمة
Artinya menuntut ilmu wajib hukumnya bagi setiap mulimin dan muslimat

Hakikat Kesabaran
Oleh Donet Robiansyah
Hadirin Sidang MBS Rahima Kumullah
Jika keimanan itu laksana burung maka jiwa kita akan terbang menuju ke akhirat Allah dengan dua sayap yang kokoh yaitu sayap syukur dan sayap sabar. Allah SWT berfirman

Hai orang-orang yang beriman, Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung. (Ali Imran: 200).
Hadirin yang berbahagia
Itulah hakikat kesabaran yang intinya adalah bertahan sekuat dan kokoh dalam memperkuat jiwa, kemudian memperjuangkan segenap kemampuan jiwanya itu dalam menempuh keridhaan Allah dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya dalam kondisi apapun.
Manfaat mencapai puncak derajat tertinggi dan kebaikan yang paling baik/agung di dunia maupun akhirat, Allah bersama para dermawan yang penuh cinta kasih. Dan dimasukkan keadaan golongan kanan serta dapat memperkuat sendi sendi keislamannya dengan kesabarannya tersebut.

Sabar dalam Menghadapi Musibah
Oleh Muhammad Ikhsan
Pertama-pertama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat dan kasih sayangnya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju alam terang benderang yaitu dinul Islam. Dalam kata mutiara mengatakan
من صبر صفر
Yang artinya
Barangsiapa yang bersabar maka beruntuglah ia.
Oleh karena itu, ustadz-ustadz serta teman-teman yang saya banggakan bersabarlah dalam menghadapi suatu musibah karena ustadz serta teman-teman pasti akan mendapat keberuntungan.
Kesimpulan dari tausiyah saya ini adalah setiap kesabaran pasti akan membuahkan hasil. Contohnya Rasulullah SAW yang bersabar dalam berdakwah dari suatu tempat ke tempat lain demi untuk memperluas agama Islam dan akhirnya usaha Nabi Muhammad SAW tidak sia-sia dan membuahkan hasil yaitu pengetahuan kita tentang agama Islam yang luas. Demikianlah tausiyah yang dapat saya sampaikan.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata