4 Des 2010

Biografi Buya HAMKA

 Oleh M. Feri Firmansyah
Siapa Buya Hamka?
    HAMKA merupakan singkatan dari Haji Abdul Malik bin Abdul Karim Amrullah. Lahir pada tanggal 17 February 1908, di Minanjau Sumatra Barat, Indonesia.
Beliau biasanya bangun sebelum
Subuh, Shalat Tahajjud kemudian merenungi ayat – ayat Al – Qur’ an. Membangunkan anak – anaknya untuk shalat ke Masjid. Setelah itu, beliau mengisi pengajian Subuh sampai jam 07.00 WIB. Setelah itu, beliau menulis sampai jam sepuluh atau jam sebelas dan pada jam ini baru beliau berada diluar rumah. Sore harinya beliau menerima tamu yang curhat berbagai masalah.
Beliau termasuk belajar otodidak yang  banyak melakukan pengembaraan. Awal pengembaraan beliau ketika berkenalan dengan tukang Kaba yaitu orang yang jalan ke kampung sambil membawa rebab diringi dengan nyanyian dan cerita. Beliau mengikuti tukang Kaba. Sehinga beliau tidak sekolah di madrasah Thawalib, sebuah perguruan besar yang didirikan oleh Bapaknya, tapi Beliau sering membolos.
Pada akhir 1924 ketika beliau dalam usia 16 tahun berangkat ke Tanah Jawa, langsung ke Yogyakarta. Di sana Beliau berkenalan dengan dan belajar pergerakan Islam modern kepada H.O.S. Tjokroaminoto,  Ki Bagus Hadikusuma, R.M Soerjopranoto dan AR. Fakhruddin yang kesemuanya itu beliau mengadakan kursus – kursus pergerakan di gedung Abdi Dharmo di Pakualang, Yogyakarta.  Di sanalah Beliau mengenal perbandingan antara pergerakan politik Islam, yaitu Syarikat Islam, Hindia Timur dan gerakan sosial Muhammadiyah.
Ketika Beliau ingin naik Haji, Beliau berusaha cari duit sendiri. Pada tanggal 27 Februari 1927 Beliau berangkat ke Mekkah. Saat pamit pada bapaknya, beliau nggak kasih tahu tujuannya kemana. Ketika bapaknya sedang asyik membaca, Beliau pamit dan meraih tangan bapaknya untuk dicium. Sampai di Mekkah, Buya baru kirim surat “saya sudah sampai di Mekkah”. Selain berhaji Beliau juga menimba ilmu dan tinggal di sana selama setengah tahun. Sembari mengkaji ilmu agama ke berbagai tokoh agama Islam yang mengajar di Baitul Haram, untuk mencukupi kebutuhan sehari – harinya, HAMKA bekerja pada sebuah percetakan. Ia baru pulang ke Tanah Air sekitar bulan Juni 1927 dan langsung menuju Mekkah di Medan pergi ke perkebunan yang ada di sekitar  wilayah Pantai Timur Sumatra (Deli) untuk menjadi guru agama. Pekerjaan ini Beliau lakoni sekitar lima bulan. Pada akhir tahun 1927, Beliau kembali ke kampung halamannya di Padangpanjang.
Beliau diundang ke Malaysia pada tanggal 7 Juli 1974, dan pada saat itu beliau dianugerahkan gelar Doktor persuratan oleh Universitas Kebangsaan Malaysia, manakala universitas ini sendiri memberikan penghormatan kepada BUYA HAMKA sebagai tokoh pertama yang memuliakan pengembaraan jejak ulama nusantara. Inilah Pidato Tun Abdul Razak ketika mengangkat BUYA HAMKA menjadi Doktor “Hamka bukan hanya milik bangsa Indonesia, tapi juga kebanggaan bangsa – bangsa Asia Tenggara”,
Tidak banyak yang tahu kalau BUYA HAMKA adalah seorang Veteran. Karena beliau lebih dikenal sebagai ulama dari pada pejuang ataupun pahlawan. Beliau seorang pemimpin pejuang yang bergerilya di Sumatra Barat saat itu yang memerintah adalah pemerintahan Darurat Indonesia (PDRI) yang dipimpin oleh Syafruddin  Prawiranegara yang berpusat di Padang. Karena saat itu Sumatra Barat pusat PDRI maka dibentuklah Front Pertahanan Nasional (FPN) yang bertugas menggelorakan semangat rakyat untuk melawan Belanda. FPN ini bukan merupakan TNI, tetapi barisan  perlawanan rakyat yang menentang penjajah.
Selain sebagai veteran, Buya Hamka juga menjabat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama dengan masa jabatannya selama enam tahun, dilantik pada tanggal 26 Juli 1975 mundur pada tanggal 18 Mei 1981 karena tidak mau mencabut fatwa Beliau yang berisi haram hukumnya mengikuti perayaan Natal bersama. Hal ini disampaikan ketika khotbah Jum’at di Masjid Al Azhar dengan tegas Beliau menegaskan “haram hukumnya, bahkan kafir jika umat Islam mengikuti perayaan Natal bersama. Jika ada orang Islam yang menghadirinya maka musyriklah ia. Katakanlah pada kawan – kawan yang hadir di sini, itulah akidah kita!”  tegas Buya Hamka.
Latar Belakang diangkat Buya Hamka sebagai ketua MUI. Karena pada maraknya Kristenisasi di masa Orde Baru. Pada tahun 1971 itu beliau telah ditetapkan menjadi Pimpinan Pusat Muhammadiyah sampai akhir hayatnya. Selain itu beliau telah menulis buku sebanyak 130 judul lebih. Tidak hanya itu, Beliau dikenal sebagai Da’I untuk umat Islam baik di Indonesia maupun di Asia.
     Beliau wafat pada hari Jum’at, 24 Juli 1981 setelah dua bulan mengundurkan diri dari ketua MUI, kata Beliau kepada sahabatnya M Yunan Nasution sebelum wafat “waktu saya diangkat dulu tidak ada ucapan selamat. Tetapi setelah berhenti saya menerima ratusan telegram dan surat – surat yang mengucapkan selamat”.

Anekdor – Anekdot Beliau Selama Hidup
Ketika perceraian Farida diurus ke pengadilan Agama dengan bantuan Sekretaris Majelis Ulama, Amiruddin Siregar. Soal perlindungan Beliau mempersilahkan Farida tinggal bersama anaknya di rumah Beliau, jalan Raden Patah. Suatu hari, suaminya Farida dan Tobing bersama kawannya yang berkulit hitam mengetuk rumah BUYA HAMKA. Waktu itu sedikit sepi karena waktu itu jam kerja, saat anak laki – laki tidak ada di rumah. Dengan marah Tobing menuntut agar Farida dan anaknya di serahkan. Kata si Tobing “Bapak tidak berhak menahannya di sini”. Sementara kawannya duduk di kursi tanpa di persilahkan terlebih dahulu, sejenak terjadi pertengkaran di ruang tamu. Sementara Farida berada di kamar lain, memeluk anaknya dalam keadaan ketakutan.
Dengan kalem Beliau mengundurkan diri, beliau berjalan mengambil salah satu tongkat yang berujung Runcing dan dilapisi dengan besi. Beliau berdo’a kepada Allah swt. Kemudian setelah itu beliau menghentakkan ujung itu ke lantai. Dengan suara keras Beliau membentak mereka “keluar” kata Beliau, sedang tongkat itu di arahkan ke mata Tobing, merekapun keluar karena ketakutan.
Waktu Beliau pergi ke Johor Malaysia yang berbatasan dengan Singapura. Sesampainya di sana disambut oleh seorang yang lebih tua, seraya mengucapkan Alhamdulillah berulang – ulang karena BUYA HAMKA sudah lama din anti. Terjadi perbincangan hebat, yang menyambut Beliau menggunakan lahja Arab. Tetapi ketika berbicara dengan orang lain sesame melayu, lahjanya sama saja. Beliau berbisik pada anaknya “dengarkan sebuah pepatah Arab “Hajanat tuaha wa tafansara syirihu”. Karena H. Rusydi tidak paham lalu Beliau menulis dalam huruf latin “Hajan Tuan Tafanca cirik (dipaksa mengejan tua, ciriklah yang keluar)” karena si Ence melayu tahu, Beliau sedang membicarakannya, dia bertanya ke Arab – araban
Tanpa mengubah mimiknya, beliau tetap tenang mengulang kembali bahasa Arabnya “Hajanat Tuaha wa tafansara syirihu”
“Alhamdulillah”

Buku yang beliau tulis, Sejumlah 118 jilid tulisan yang telah diterbitkan dan dibukukan dan masih ada dalam majalah Panji Masyarakat. Salah satu tulisan Beliau yang sangat fenomenal yaitu Tafsir Al Azhar 30 Jilid.
antara lain:
1.    Khatbul Ummah sampai III jilid. Inilah permulaan Beliau mengarang dan dicetak dalam huruf Arab
2.    Si Sabariah, dicetak dalam huruf Arab, dicetak sampai tiga kali. Dari hasil penjualan buku ini beliau menyediakan ongkos buat kawin
3.    Adat Minangkabau dan Agama Islam (1929)
4.    Ringkasan Tarikh Ummat Islam (1929) Ringkasan Sejarah Sejak Nabi Muhammad saw sampai Khalifah yang empat, Bani Abbas
5.    Kepentingan Melakukan Tabligh (1929)
6.    Hikmat Isra’ dan Mi’raj
7.    Arkanul Islam (1932)
8.    Laila Majnun (1932) Balai Pustaka
9.    Majalah “Tentara” (4 nomor) 1932 di Makassar
10.    Majalah Al Mahdi (9 nomor) 1932 di Makassar
11.    Mati Mengandung Malu (salinan Al Manfaluthi) 1934.
12.    Di Bawah Lindungan Ka,bah (1937) Pedoman Masyarakat, Balai Pustaka.
13.    Tenggelam Kapal Van Der Wijck (1937) Pedoman Masyarakat, Balai Pustaka
14.    Di Lembah Kehidupan (1937) Pedoman Masyarakat, Balai Pustaka
15.    Merantau ke Deli (1940) Pedoman Masyarakat, Toko Syarkawi
16.    Terusir (1940) Pedoman Masyarakat, Toko Syarkawi
17.    Margaretta Gauthier (terjemahan) 1940
18.    Tuan Direktur
19.    Dijemput Mamaknya 1939


Daftar Pustaka
Cholis Huda, Nur. 2008. Anekdot Tokoh – Tokoh Muhammadiyah, Pesan Islam dalam Kehidupan Sehari – hari. Surabaya: Hikmah Press
Rusydi. 1983. Pribadi dan Martabat Buya Prof. Dr. HAMKA. Jakarta: Pustaka Panjimas
Hery ,Sucipto. 2005. Senarai Tokoh Muhammadiyah, Pemikiran dan Kiprahnya. Jakarta: PT Grafindo Khazanah Ilmu
Sabili, Seabad Buya HAMKA, no. 24 TH. XV February 2008/ 14 Shafar 1429

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata