13 Des 2011

Pembelajaran Terpadu untuk Pengembangan Peserta Didik


Oleh M. Feri Firmansyah al-Bageloka


Pendahuluan
Di banyak sekolah yang layak bentuk penggunaan komputer dalam sistem pembelajaran terpadu (ILS), mengacu pada satu set sebuah jaringan stasiun kerja komputer yang dilengkapi dengan perangkat lunak yang menyediakan satu set pelajaran tertentu berurutan. Siswa bekerja meskipun
pelajaran ini seperti yang ditentukan oleh sistem manajemen built-in (integrasi), yang melacak kemajuan siswa individu. Sistem ini adalah "terintegrasi" dalam arti bahwa setiap pelajaran dihubungkan dengan teks, semua pelajaran yang berkorelasi dengan seperangkat tujuan, dan semua tes disesuaikan dengan pelajaran dan tujuan. Selanjutnya, perangkat lunak biasanya disesuaikan agar sesuai dengan konten, tujuan, dan urutan bab dari buku teks yang digunakan.


Keuntungan
- Diri mondar-mandir. Siswa dapat bergerak melalui materi dengan langkah mereka sendiri, sedang diuji dan bercabang pada interval yang sering
- Jumlah paket. Sebuah keuntungan besar dari sudut pandang administratif memiliki keseluruhan terintegrasi
- Divalidasi. Program pembelajaran yang dapat diuji dan divalidasi sebelum distribusi, dengan basis besar klien, vendor mampu untuk berinvestasi penelitian dan pengembangan kurikulum. Vendor merevisi dan memperbarui perangkat lunak pada dasar biasa. Beberapa vendor bahkan menyediakan "uang kembali jaminan" dari keberhasilan siswa

- keterbatasan
- - Courseware berkualitas
- Kualitas Courseware adalah variabel, beberapa dari tingkat rendah. Membosankan bor dan bahan praktek. Strategi instruksional yang digunakan di komputer-dibantu program mungkin bertentangan dengan filosofi mengajar Anda sendiri. Kritik ini adalah penekanan yang berlebihan pada tingkat rendah pengetahuan dan keterampilan.
- - Bukti efektivitas
- Ada sedikit penelitian yang obyektif untuk menunjukkan efektivitas bahan-bahan sebagian besar studi yang ada telah ditugaskan oleh salah satu vendor dan telah dilakukan dengan kurang kekakuan diterima
- - Kehilangan fleksibilitas
- Salah satu trade-off dibuat dalam mengadopsi dalam sistem komputer yang terintegrasi adalah fleksibilitas. Guru dan siswa dibatasi untuk menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang sama dengan cara yang sama
- - Laporan
- Laporan kemajuan individu diberikan kepada guru sering sulit untuk menafsirkankurikulum integrasi. mungkin resiko yang paling serius dari ILS ini, ironisnya, kurangnya integrasi dengan kurikulum. komponen dari sistem komputer yang terintegrasi satu sama lain, tetapi sistem tidak dapat diintegrasikan dengan sisa dari kurikulum sekolah. salah satu yang paling sering criticims kurikulum adalah bahwa fraksinasi fragmen fakta dan keterampilan diajarkan dalam isolasi, tidak penggabungan ke keseluruhan.




-Kurikulum Integrasi. mungkin resiko yang paling serius dari ILS ini, ironisnya, kurangnya integrasi dengan kurikulum. komponen dari sistem komputer yang terintegrasi satu sama lain, tetapi sistem tidak dapat diintegrasikan dengan sisa dari kurikulum sekolah. salah satu yang paling sering criticims kurikulum adalah bahwa fraksinasi fragmen fakta dan keterampilan diajarkan dalam isolasi, tidak penggabungan ke keseluruhan.

integrasi
ILS digunakan paling sering untuk matematika dasar dan pengajaran bahasa seni. sering, rendah atau siswa mencapai kebutuhan khusus meninggalkan kelas reguler mereka untuk menggunakan ILS di bilik dalam lingkungan lab komputer. siswa tinggal di rumah dapat dihubungkan ke jaringan juga. beberapa sistem speciallize dalam perangkat lunak untuk remediasi keterampilan dasar, yang lain menawarkan kurikulum yang luas mencakup hampir semua mata pelajaran sekolah standar. beberapa sistem menggunakan kemampuan jaringan untuk membuat database, seperti ensiklopedi dan perpustakaan video klip, tersedia untuk semua pengguna.
aplikasi yang paling menarik di masa depan cenderung menjadi orang-orang seperti ANAK proyek (lihat "dekat: Proyek ANAK-Sebuah pendekatan baru untuk sistem pembelajaran terpadu" dalam bab 2) di mana pelajaran ILS adalah salah satu komponen dari program sekolah secara keseluruhan yang menggabungkan pengajaran tim, unit sistematis, mahasiswa dan keterlibatan orang tua dalam menetapkan tujuan, dan kustomisasi dengan resep dari staf pengajar lokal.

Pemilihan perangkat lunak
Pemilihan peraturan menurut
ada beberapa faktor yang berhubungan dengan memilih perangkat lunak (lihat "checlist Penilaian: perangkat lunak komputer"). terpenting adalah untuk menguji perangkat lunak dalam konteks dari hasil pembelajaran. faktor lain yang harus dipertimbangkan mencakup isi, format, kemudahan operasi, desifn dan kelengkapan paket.
Di samping itu, program perangkat lunak, juga disebut aplikasi, yang ditulis untuk berjalan pada sistem operasi tertentu. sistem operasi, seperti mac OS, jendela, atau Unix, adalah software yang berfungsi sebagai antarmuka komputer dengan pengguna. menentukan dengan tepat bagaimana pengguna, komputer, dan aplikasi berinteraksi untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. perangkat lunak yang Anda pilih harus dirancang untuk berjalan pada sistem operasi availble Anda dan harus berfungsi baik dengan konfigurasi hardware spesifik Anda (lihat bagian berikutnya).
akurasi. ketika melihat perangkat lunak, Anda perlu mempertimbangkan konten dalam hal akurasi nya. jika perangkat lunak yang lebih tua, beberapa informasi dapat keluar dari tanggal. juga, penting untuk mempertimbangkan urutan informasi. informasi harus disajikan dalam cara yang jelas dan logis. Akhirnya, Anda perlu memeriksa maksud dari pelajaran dan hubungannya dengan tujuan Anda mahasiswa yang dimaksudkan.
Umpan Balik. adalah penting bahwa perangkat lunak. ikuti teknik pendidikan suara dan prinsip. dalam latihan dan praktek program ini adalah penting bahwa siswa memiliki umpan balik informatif fruquent.
Pembelajar Kontrol. Kreteria lain penting adalah jumlah kontrol pembelajar diberikan kepada siswa. siswa harus mampu mengendalikan mondar-mandir dan arah pembelajaran mereka. softwware harus menyediakan siswa dengan kesempatan untuk memilih topik dalam daerah ot studi. juga, mahasiswa harus mampu mengendalikan seberapa cepat mereka kemajuan materi menyeluruh. akhirnya, informasi harus disajikan dalam cara yang dirancang untuk mempertahankan minat siswa dan keterlibatan dalam tugas-tugas.
Prasyarat. contoh pratical yang berhubungan dengan pengalaman siswa sendiri yang lebih berharga dalam proses belajar. keterampilan prasyarat perlu diidentifikasi jika mereka sangat penting untuk keberhasilan penggunaan perangkat lunak. informasi perlu disampaikan pada tingkat yang sesuai untuk siswa.
Kemudahan Penggunaan. Selanjutnya, perangkat lunak harus mudah digunakan. Perangkat lunak ini user friendly jika membuat komputer transparan dalam proses pembelajaran. ketika para siswa harus lebih fokus pada operasi perangkat lunak dari pada mengembangkan pemahaman isi, maka komputer yang mengganggu, daripada membantu, belajar.
kemudahan penggunaan adalah atribut sangat kritis dalam situasi di mana siswa bekerja secara individual atau dalam kelompok-kelompok kecil di proyek yang berbeda, menggunakan perangkat lunak yang berbeda, maka kedua Anda dan siswa Anda menjadi frustasi.
Fitur Khusus. kadang-kadang perangkat lunak memiliki efek khusus atau fitur yang mungkin penting untuk efek atau fitur yang mungkin penting bagi pembelajaran yang efektif. sering, bagaimanapun, ini hanya window dressing dan menambahkan tidak ada nilai dalam proses belajar. pada kenyataannya, mereka mungkin mengganggu pembelajaran. warna, grafis, animasi dan suara harus menjadi bagian dari kualitas perangkat lunak hanya jika mereka berkontribusi untuk belajar siswa. seperti yang dibahas dalam bab 5, teks harus disajikan dalam cara yang konsisten, dengan menggunakan ukuran, warna dan lokasi untuk mengurangi beban kognitif menguraikan makna. keystroking dan mousing teknik harus intuitif bagi siswa. cara di mana siswa berinteraksi dengan perangkat lunak harus transparan, yang memungkinkan mereka untuk fokus pada konten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata