3 Sep 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



A. IDENTITAS
Nama Guru
:
M. Feri Firmansyah
Sekolah
:
Sekolah Menengah Kejuruan 02 Muhammadiyah Malang
Bidang Studi
:
Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester
:
XI / I


B. SILABUS
Judul
:
Mengenal Mad

Materi
:
Mad Arid Lissukun
Mad Iwad


Standar Kompetensi

:
Memahami Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Menjelaskan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad

Kompetensi dasar
:
Membedakan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Mengenali Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Membaca Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad dengan fasih dan benar

Indikator Hasil Belajar
:
Mampu menyebutkan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Mampu menguraikan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Mampu mengenali Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad




Alokasi Waktu
:
2 x 20 menit (1xpertemuan)

Metode
:
  1. Ceramah
  2. Drill
  3. Diskusi kelompok kecil
  4. Tanya jawab
  5. Game


Media
:
    1. Power Point




C. PROSEDUR AKTIVITAS:
AKTIVITAS
PROSEDUR
DURASI
Scene Setting
Pendahuluan
1. Mengucapkan salam dan berdoa
2. Membangkitkan semangat belajar dari hikmah kisah (cerita /motivasi)

Inti
1. Guru Menjelaskan makna cerita motivasi kemudian mengaitkannya dengan materi
2. Guru membaca Surat Al-Qari'ah
3. Guru Menjelaskan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Penutup
1. Guru menutup dengan doa kafaratul majelis
2. Guru memberi tugas kepada siswa untuk menghafal surat Al-Qari'ah
1 x 10 Menit







2 x 30 Menit
Aktivitas Belajar Siswa


Pendahuluan
1. Siswa menjawab salam dari guru
2. Siswa mendengarkan cerita inspiratif dari guru
Inti Pembelajaran
1. Siswa menangkap makna dari cerita inspiratif yang diceritakan oleh guru
2. Siswa mengikuti bacaan dari guru
3. Siswa memperhatikan penjelasan dari guru
Penutup
1. Siswa menjawab Salam
2. Siswa ikut membaca Doa Kafaratul Majelis



Proyek
1. Menghafal surat Al-Qari'ah


Evaluasi
1. Membuat soal-soal yang diberikan kepada siswa untuk dikoreksi





Sumber Belajar
:





Sumber: Al-Quran Al-Karim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata