Daftar Bidang Ilmu dan Jumlahdalam Maktabah syamilah.
1. Klasifikasi umum memuat kitab Tafsirul Ahlam, Ta’tirul Anam fi Tafsiril Ahlam, Mausu’ah Tafsiril Ahlam, Mafahimul Islamiyyah, Al-Jam’iyyatul Khairiyyah li Tahfidhil Qur’anil Karim, Jam’ul Qur’anil Karim fi ‘Ahdi Khulafair Rasyidin, dll.
2. Dalam bidang Ulumul Qur’an
(lebih 43 kitab), meliputi I’rabul Qur’an, Asbabu Nuzulil Qur’an, Al-Itqan, Misykatul anwar, Fadlailul Qur’an, Majazul Qur’an, Lubabun Nuzul, At-Tibyan, Asbabun Nuzul, Ahkamul Qur’an lisy Sayfi’iy, Ahkamul Qur’an li Ibni Arabiy, dll.
3. Di bidang tafsir (lebih 52 kitab) meliputi Tafsir Thabari, Ibnu Katsir, Al-Baghawi, Al-Alusi, Al-Bahr, Fathul Qadir, Ad-Durrul Mantsur, Jalalain, Al-Khazin, Az-Zamakhsyari, Ibnu Abdis Salam, Sayyid Thanthawi, Adh-Dhilal, Al-Qusyairi, dll.
4. Dalam bidang Fiqih, kitab di lingkungan 4 madzhab diletakkan terpisah. Untuk Madzhab Imam Syafi’y, yang tersedia antara lain Al-Umm, I’anatuh Thalibin, Fathul Wahhab, Fathul Mu’in, Asnal Mathalib, Al-Majmu’, Raudlatuth Thalibin, Hasyiah Qalyubi wa Umairah, Mughnil Muhtaj, Nihayatul Muhtaj, Hasyiah Bujairimi alal Khatib, Hasyiah Bujairimi alal Minhaj, dll.
5. Dalam madzhab Imam Maliki (15 kitab), Asy-Syarhul Kabir, Bidayatul Mujtahid, Mukhtashar Khalil, At-Taju wal Iklil, Mawahibul Jalil, Hasyiyah Ad-Dasuqi alasy Syarhil Kabir, dll.
6. Dalam bidang Tasawuf, / Akhlak terdapat Ihya Ulumiddin, Riyadlush Shalihin, Al-Kabair, Al-Futuhatul Makiyyah, Qutul Qulub, Al-Risalatul Qusyairiyyah, Al-Adzkar, Sharh Hikam Atho’iyyah dll.
Tafsir klasik
Tafsir surat Al-Ma’un
فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ (4) الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ (5) الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ (6) وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ (7)
Tafsir ibnu katsir
Walihadjaa qola.(lilmusallina) aiy :aladjina hum min ahlisolati wa qadtajimu bihaa, summa hum anhaa sahuuna, imam an fa’luhaa bilkuliyati, kama qolahu ibnu abbas, waimma an fa’luhaa fil waqti muqdiru laha syaran, fayugrijuhaa an waqtuhaa bilkuliyati, kama qolahu masyruku, wa abuduha.
Waqola a’to bin dinnar : walhamdulilla hiladji qola (an solatihim sahuna) wa lam yaqul : fi sholatihim sahunaa.
Wa imam an waqtuhaa alulaa falyu’girunahaa ila akhirihi daiman au ghaliban. Wa imam an adaihaa biarkanihaa wa syurutihaa alal wajhil ma’murabihi. Wa imam anil ghusyui fihaa watadbiru limaanihaa, fallafdi yasmilu hadja kullihu, walakin min itisafi bisyain min djalika qasata min hadjihil ayat. Wamin ittisafi bijamin djalika, fakad tamma nasibahu minhaa, wakamalulahu hunnafaaqaal amaliy. Kamaa sabat fiy sohyhyna an Rasulullah SAW qola : tilka sholatil munafiqu, tilka sholatil munafiqu, tilka sholatil munafiqu, yajlisu yarqubu syamsiy, hatta idja kanat baina qarni syaitan qamaa fankuru arbaan laa yudjakirullah fihaa illa qolilan. Fahadja akaru sholati asry alti hiya alwastiy, kama sabta bihinnasi ila akhara waqtuhaa, wahua waqata karaahatu, summa qooma ilayhaa fankuruhaa naqara algaraabi, lam yutmainna wa laa ghusyu’ fihaa aidan, walihadja qola : laa yudjakirullahu fihaa illaa qaliylan, waliallahu innamaa hamaluhu alal qiyaamu ilayhaa maraatunnasu, la ibtigau wajhu.
Tafsir jalalain
(Fawailullil musalin).( Aladjina hum an salaatihim saahuna) gaafiluna yu’giruunahaa an watihaa. (aladjina hum yuraauna) fisalati wa gairihaa. (wayamnaunalmaauna) kalibrati walfa’si wal qidri wal qas’ati
Tafsir saady
(fawailulil musallina) iy: almultajimuna liiqomati assolati, walakinnahum ( an sholatihim saahuna) iy: madyuuna lahaa, taarikuna lauqatuhaa, mafutuna liarkaanihaa, wahadja liadami ihtimaamuhum biamarillahu haysa duyuuwaa assolaati, alaty hiya ahamma attaatu wa afdalul qurbataati, wassahu anisholati, huwa alladji yastahiqu soohibuhu aladjimu wallaumu, waamma sahwa fisolati, fahdja yaqau min kulli ahada, hatta minnabiyisallallahu alaihi wasalam. Walihadja wasafallahu haulaai wal quswati waudumi arrahmatu, faqoola : (alladjinahum yuraauna) ay ya’maalul ajali riaaunnasi.
(wayamnaunal maaun) ay yamnaunaa I’taaisyan, aladji la yadara I’touhu ala wajhil arriyati, au alhabti, kalinai, wadalu, walfa’syi, wanahwi djalika, mimma djarat alaadati bibijalihaa wassamaa hatu bihi.
Faulai lisyiddati harsyuhum yamnaunal mauna, fakaifa bimaa huwa iksaruminhu. Wafi hafjihi surati, alhasu alaa ikraami, alyatiimu walmaasakina watahdidul ala djalika, wamaratu assalati, walmahaafidatul alyhaa, wal ighlasi fihaa wa fijamiul a’mali.
Tafsir Universitas Islam Indonesia
Taruh ayat Al Quran surat Al Maun Fer sama artinya jugadala
Ayat 4 – 5; dalam ayat Allah swt mengungkapkan satu ancaman yaitu celakalah bagi orang – orang yang mengerjakan shalat dengan tubuh dan lidahnya tidak sampai ke hati. Dia lalai tidak menyadari apa yang diucapkan lidahnya dan yang dikerjakannya oleh sendi – sendi anggota badannya.
Ayat 6; dalam Ayat ini Allah menambahkan penjelasan tentang sifat orang pendusta yaitu; mereka melakukan perbuatan – perbuatan lahir hanya semata karena ria tidak terkesan pada jiwanya untuk meresapi rahasia dan hikmahnya
Ayat 7; Allah swt menambahkan lagi sifat pendusta yaitu mereka tidak mau memberikan barang – barang yang diperlukan oleh orang – orang yang membutuhkannya, pemalsuan barang itu mencerminkan kerendahan budi.
Tafsir Fi Dzilalil Quran
فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ (4) الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ (5) الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ (6) وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ (7)
Ayat 4 – 7; ini adalah doa / ancaman kebinasaan bagi orang – orang yang shalat yang lalai dari shalatnya. Siapakah itu? “orang yang berbuat riya dan enggan menolong dengan barang yang berguna”. Mereka melakukan shalat tetapi tak menegakkan shalat, mereka melakukan shalat hanya karena ingin dipuji oleh orang lain. Bukan karena ikhlas karena Allah. Oleh karena itu shalat semacam ini tidak diberi bekas di dalam jiwa orang – orang yang mengerjakan shalat tetapi lalai dari shalatnya. Maka shalat mereka menjadi debu yang berhamburan bahkan sebagai kemaksiatan yang menunggu pembalasan yang buruk.
Tafsir Al Quran T. M Hasbi Ash – Shididieqy
فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ (4) الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ (5) الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ (6) وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ (7)
Ayat 4; Allah menampakkan azab atas orang – orang yang bersembahyang dengan tubuh dan lidah. Orang – orang yang tidak kelihatan bekasan sembahyangnya pada dirinya dan yang tidak menghasilkan buah yang diharapkan dari sembahyang itu lantaran dia shalat dengan hati yang lalai, tidak merenungkan apa yang dibaca dan dia hanya sebatas menjalankan.
Ayat 5; mereka mengerjakan beberapa pekerjaan yang dilihat oleh manusia. Akan tetapi mereka tidak memahami hikmah rahasia perbuatannya. Dia beribadah hanya untuk dilihat oleh orang lain supaya mendapat pujian
Ayat 6; disamping mereka Riya, mereka juga kikir pula, tidak mau bersedekah. Al Ustadz Muhammad Abduh; “ orang yang menyertakan shalat hanya sekedar untuk dilihat orang lain, dia hanya mengeluarkan hartanya hanya untuk mempertahankan kedudukannya. Orang demikian tidak mengambil manfaat dari perbuatannya.
Daftar Pustaka
Pengarang tidak diketahui. 1990. Al Quran dan Tafsir; Universitas Islam Indonesia. Jakarta: Depag
Quthub, Sayyid. 1992. Tafsir Fi Dzilalil Quran. Beirut: Darysy Syuruq
As – Shiddieqy, T. M. Hasby. Tafsir Al Quran. Jakarta: Bulan Bintang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari kita membaca dengan hati plus mata