6 Feb 2014

PRESIDEN BJ HABIIE MEMIMPIN INDONESIA DENGAN OTAK DAN HATI UNTUK KEJAYAAN INDONESIA JANGKA PANJANG

Oleh Sangadji EM

Malam ini di metro TV, di acara Mata Najwa ada tamu istimewa yang diwawancarai Najwa Syihab yaitu mantan presiden ke 3 Republik Indonesia Prof. Dr. BJ. Habibie. Sulit sekali kita menemukan seorang pemimpin yang berbicara dengan penuh kejujuran tanpa pretensi politik untuk berkuasa semuanya beliau lakukan untuk kebaikan Indonesia.

Ada beberapa pertanyaan penting yang dijawab dengan cerdas oleh beliau yang mencermin sifat kenegarawannya:

1. Ketika ditanya apa kah dia menyesal Pabrik Pesawat yang dia rintis di berhentikan oleh IMF sebagai syarat IMF akan membantu memperbaiki kondisi perekonomian Indonesia ?

Beliau menjawab demi kebangkitan Indonesia agar dapat keluar dari krisis ekonomi maka saya harus mendahulukan kepentingan negara bukan kepentingan pribadi saya

2. Bagaimana bapak melihat kondisi politik sekarang semua ketua partai menjabat sebagai menteri dan Presiden ?

Beliau menjawab ketika saya menjadi Presiden saya menyatakan mundur sebagai ketua dewan pembina Partai Golkar, dan itu pula yang saya instruksikan kepada pak Akbar Tanjung untuk memilih menjadi menteri atau menjadi ketua Golkar. Hal ini penting dilakukan agar kelihatan apakah para pejabat itu baik menteri maupun Presiden itu benar-benar mengabdikan kepada bangsa, negara dan rakyat Indonesia atau mengabdikan diri kepada partainya ?. Adalah sesutau yang salah ketika sekarang banyak ketua partai politik menggunakan kesempatan untuk menjadikan kedudukannya sebagai alat negosiai untuk menduduki jabatan tertentu. Hal yang salah juga dilakukan Presiden karena sebagai Presiden dia juga menjabat sebagai ketua partai yang hanya dipilih 20 % penduduk Indonesia, jika dibandingkan dia dipilih oleh rakyat menjadi presiden dengan berjumlah 60 %. Ini contoh tidak baik

3. Berapa umur yang wajar untuk menjadi Calon Presiden RI ?

Beliau menjawab, umur yang ideal menjadi Presiden itu adalah antara 40 tahun sampai 60 tahun. karena umur seperti ini orang masih sangat produktif. Umur 40 tahun umur menuju kematanngan sedang umur 60 tahun adalah umur puncak kematangan, di atas itu walaupun matang tapi dari segi kekuatan fisik akan mengalami penurunan. pada hal Presiden Indonesia itu memimpin 300 juta manusia dan harus menjelajahi luasnya wilayah Indonesia.

4. Mengapa di jaman Pak habibie semua tahanan politik dibebaskan semua ?

Beliau menjawab yang mereka ditahan itu menyalahi prinspi demokrasi yang menghargai kebebasan berekspresi, oleh karena itu menurut pertimbangan hati nurani saya mereka harus dibebaskan karena mereka tidak bersalah.

Kita merindukan Presiden Republik Indonesia di masa depan yang memimpin bangsa ini dengan hati dan otak penuh kejujuran hati nurani dan memikirkan nasib bangsa dan rakyatnya bukan mendahulukan kepentingan partai dan keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata