A. IDENTITAS
Nama Guru
|
:
|
M. Feri
Firmansyah
|
Sekolah
|
:
|
Sekolah Menengah Kejuruan 02 Muhammadiyah Malang |
Bidang Studi
|
:
|
Pendidikan Agama Islam |
Kelas/Semester
|
:
|
XI / I |
B. SILABUS
Judul
|
:
|
Mengenal Mad
|
Materi
|
:
|
Mad Arid Lissukun
Mad Iwad
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Memahami Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Menjelaskan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
|
Kompetensi dasar |
:
|
Membedakan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Mengenali Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad
Membaca Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad dengan fasih dan benar
|
Indikator
Hasil Belajar
|
:
|
Mampu menyebutkan Mad Arid
Lissukun dan Mad Iwad Mampu menguraikan Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad Mampu mengenali Mad Arid Lissukun dan Mad Iwad |
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x
20
menit (1xpertemuan) |
Metode
|
:
|
|
Media
|
:
|
|
C. PROSEDUR AKTIVITAS:
AKTIVITAS |
PROSEDUR
|
DURASI
|
Scene Setting
|
Pendahuluan
1.
Mengucapkan salam dan berdoa
2.
Membangkitkan semangat belajar dari hikmah kisah (cerita
/motivasi)
Inti
1. Guru Menjelaskan makna cerita
motivasi kemudian mengaitkannya dengan materi
2. Guru membaca Surat Al-Qari'ah
3. Guru Menjelaskan Mad Arid
Lissukun dan Mad Iwad
Penutup
1. Guru menutup dengan doa
kafaratul majelis
2. Guru memberi tugas kepada
siswa untuk menghafal surat Al-Qari'ah
|
1 x
10 Menit
2 x
30 Menit
|
Aktivitas
Belajar Siswa
|
Pendahuluan
1. Siswa menjawab salam dari guru
2. Siswa mendengarkan cerita
inspiratif dari guru
Inti
Pembelajaran
1. Siswa menangkap makna dari
cerita inspiratif yang diceritakan oleh guru
2. Siswa mengikuti bacaan dari
guru
3. Siswa memperhatikan penjelasan
dari guru
Penutup
1. Siswa menjawab Salam
2. Siswa ikut membaca Doa
Kafaratul Majelis
|
|
Proyek
|
1. Menghafal surat
Al-Qari'ah
|
|
Evaluasi
|
1. Membuat soal-soal yang
diberikan kepada siswa untuk dikoreksi
|
Sumber Belajar
|
: |
Sumber: Al-Quran Al-Karim
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari kita membaca dengan hati plus mata