27 Des 2012

Pandangan M. Feri El-Bageloka tentang Pendidikan; Pendidikan dan Perubahan Sosial

Oleh M. Feri Firmansyah

Berbicara tentang Pendidikan dan perubahan sosial, dua hal ini saling berkaitan antara satu sama lainnya. Jika perubahan sosial dapat mempengaruhi pendidikan maka pendidikan harus dapat mempengaruhi perubahan sosial. Pendidikan itu sendiri adalah menu yang ditawarkan kepada manusia supaya mereka bisa berkembang baik dari segi IQ, ES dan Spritiual ataupun strata sosialnya.


Kenapa saya berpendapat bahwa pendidikan adalah Sajian Menu?
Karena cakupan pembahasan tentang Pendidikan itu sangat luas, seperti dalam pendidikan tiu ada pembelajaran, metode, institusi, manajemen, interaksi sosial antara guru dan peserta didik, dalam pendidikan pula ada tujuan dan hakikatnya.
Dalam pendidikan yang namanya realita sosial pasti ada, entah itu budaya tawuran, budaya pacaran ataupun budaya diskusi sehingga tidak heran jika perubahan sosial itu pasti ada dalam pendidikan. Dari penjelasan tadi dapat kita tari benang merahnya jika perubahan sosial itu sangat berpengaruh pada pendidikan, begitu juga sebaliknya penddikan harus dapat mempengaruhi perubahan sosial dalam masyarakat.
Perubahan sosial adalah kemajuan yang terjadi dalam masyarakat secara vertikal. Selain itu pendidikan juga harus mampu menjadi inspirasi perubahan sosial.
Pendidikan adalah wadah. Jadi ia harus dapat berorientasi pada masa depan dan mampu menjadi benteng dar perubahan sosial dalam masyarakat. Jika dalam masyarakat itu terjadi yang namanya degradasi moral inilah peran PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata