20 Mar 2012

Empat Karakter Mata Pelajaran.

Mengajar adalah perbuatan yang mulia. Karena dengan mengajar bisa mencetak generasi yang pintar dan bermoral. Untuk memulai mengajar, seorang guru harus mengetahui karakteristik mata pelajaran yang diajarkan. Adapun karakteristik mata pelajaran, antara lain;

Fakta
Di sini mata pelajaran itu bersifat nyata dan ada, artinya pelajaran itu ada objek (bersifat). Misalnya ketika seorang guru mengajarkan tentang Harimau, ia langsung menunjukkan Harimau tersebut.

Konsep
Kalau bersifat konsep, mata pelajaran tersebut membutuhkan penjelasan yang mendalam. Mata pelajaran yang memiliki karakteristik seperti ini memerlukan pendefenisian. Ini lebih sulit mengajarkannya dari pada mata pelajaran yang bersifat  fakta.

Prinsip
Mata pelajaran yang bersifat prinsip itu terkait dengan hukum yang menghasilkan sebab akibat. Dalam studi agama hal yang bersifat prinsip itu biasanya masalah aqidah.

Prosedur
Kalau yang ini biasanya berupa urutan langkah-langkah kerja yang menjelaskan secara berurutan dan langkah demi langkah.

Untuk anak SD sebaiknya seorang guru itu mengurangi menjelaskan pelajaran itu yang bersifat konsep atau mata pelajaran yang bersifat konsep itu sebaiknya dikurangi karena nalar anak SD itu belum mampu untuk menganalisis.
Dalam mengajar, hal yang perlu diperhatikan antara lain
  1. Keterampilan Prasyarat
  2. Kondisi sosial budaya (di sini media itu sebagai metode dan alat)
  3. Tipe anak

1 komentar:

Mari kita membaca dengan hati plus mata