17 Mar 2012

Perencanaan Sistem Evaluasi PAI


Pembimbing Romlah
27 Februari 2012
Ketika mengajar guru harus mempunyai kurikulum, silabus dan format untuk hari-hari efektif dalam pembelajaran. Silabus itu sama dengan teaching plan.
Harus ada program 1 semester dan satu tahun

Praktikum sama dengan tujuan
_RPP (Rencana Program pembelajaran)
_Pengembangan Silabus
_Format hari-hari efektif
_Program Semester
_Program Tahunan

SMP itu tidak mengenal bidang studi  seperti MTs dan Aliyah tetapi SMP itu mengenal sebagai mata pelajaran. Bidang studi itu seperti Al-Quran Hadist, Akidah Akhlak, Fiqih dan lain-lain.
Kompetensi dasar sama dengan gambaran umum. Sedangkan dasar kompetensi adalah gambaran khusus.
Perencanaan adalah proses, cara. Istilah proses penentuan tujuan atau sasaran yang hendak dicapai dan menetapkan jalan dan sumber yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Sistem adalah seperangkat pengaturan untuk membuat satu kesatuan. Istilah seperangkat peraturan, prinsip, fakta dan lain-lain. Disusun dalam bentuk yang teratur untuk mewujudkan rencana secara logis yang berhubungan dengan berbagai bagian. Proses itu ada jenjang dan ada tahapan.
PAI adalah terkelompok pada materi keagamaan islam; sd, smp dan sma. Kelompok atau rumpun materi agama Islam yang harus disajikan kepada peserta didik pada tingkat MI, MTs dan MA dll.
Tujuan perencanaan
_perumusan tujuan (apa yang ingin dicapai)
_pemilihan program untuk mencapai tujuan
_identifikasi dan pengesahan sumber daya yang jumlahnya selalu terbatas. Ini penerapan perencanaan tujuan itu 5W+H.
Ruang lingkup
_Makro, ini bertanggung jawab kepsek, waka, wali kelas, BP, kaur TU, kepala lab, pengurus sekolah madarasah. Ini terkait dengan sekolah secara global.
Secara mikro adalah perencanaan pengajaran yang bertanggung jawab tiap-tiap guru bidang studi dan guru kelas. Atau dengan kata lain Mikro adalah tugas guru, sedangkan Makro menekankan pada Jabatan.
Pendidikan itu kalau tidak ada kepedulian maka akan hancur,, hilang ditelan bumi.
Manfaat perencanaan pengajaran;
a.    Petunjuk arah kegiatan untuk mencapai tujuan
b.    Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsure yang terlibat dalam kegiatan.
c.    Pedoman kerja bagi setiap unsur (guru dan siswa)
d.    Sebagai alat ukur, efektif dan tidaknya suatu pekerjaan sehingga setiap saat diketahui, ketepatan dan kelambatan kerja.
e.    Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja.
f.    Untuk hemat waktu, tenaga, alat-alat biaya.
Nb; ini harus drill, kasih take home, nulis dan bicarakan depan kelas.
Perencanaan Makro adalah poin sekolah upaya yang dilakukan Kepala Sekola dan Wakilnya
_menyusun mengendalikan penyelenggaraan pendidikan demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan bersama dengan pencapaian hasil target yang lebih baik. Tugasnya; memimpin dan mengelolah para guru dan staf lainnya untuk bekerja sebaik-baiknya demi tercapai tujuan sekolah.
Langkahnya; ia harus membekali diri dengan membaca buku, pelatihan, diskusi dengan para ahli dan belajar dari pengalaman sosok pimpinan yang sudah berhasil dalam menjalankan kepemimpinan madrasah.
Kompetensi dasar Kepsek, antara lain;
a.    Kemampuan /kelebihan dalam berfikir untuk mengendalikan kelompok kerja yang dipimpinnya
b.    Kelebihan dalam kepribadian, berkaitan dengan semangat keuletan, keberanian, kebijaksanaan berperilaku adil, amanah, percaya diri sendiri, ramah tamah, stabil dalam emosi
c.    Kelebihan dalam pengetahuan, terutama dalam merumuskan kebijaksaan, memahami dan mengetahui perilaku dan tingkat kepuasaan kerja /bawahan yanag dipimpin.
d.    Memiliki berbagai teknik mengajar dan mempengaruhi orang untuk berubah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata