27 Apr 2013

Peran Ulama dalam Perkembangan Masyarakat

Oleh KH. Abdullah Hasyim

Dalam penyebaran Islam dipengaruhi oleh para ulama, sehingga dengan begitu ini akan membentuk model Islam atau way style of Islam, ini dilanjutkan oleh ulama lain dengan mendirikan pesantren dan pesantren itu sangat mempengaruhi penyebaran Islam, masyarakat hormat pada ulama karena ilmunya. Terkadang secara sadar masyarakat memposisikan ulam dan kyai sampai pada tingkat Rab (At-taubah: 31).
Ini sama dengan Yahudi dan Nasrani.
Timbulnya mazhab diberbagai bidang karena kekaguman kita terhadap mereka dan timbulnya aliran-aliran sempalan dalam Islam karena mistis. Sikap hidup dan pikiran yang berkembang di Muhammadiyah tidak lepas dari pikiran-pikiran yang dikembangkan oleh K.H. Ahmad Dahlan. Dan apa yang bisa dilakukan oleh umat Islam sendiri untuk memajukan agamanya?
Ajaran Islam merupakan wujud hasil kajian para ulama diberbagai bidang ilmu keislaman baik dalam bidang ilmu fiqh, tasawuf, tauhid, kalam dan lain sebagainya yang telah membentuk kaliyah, sikap, perilaku serta pola pikir kepribadian umat Islam dan bentuk dari struktur masyarakat Islam.
Al-Quran merupakan sumber ilmu tinggal menjadi hafalan dan bacaan untuk mendapat pahala. Fungsi Al-Quran sebagai hudan mengatur kehidupan pribadi dan masyarakat jadi hilang. Bahkan tidak sedikit yang mengalihkan fungsi Al-Quran sebagai jimat dan jampi-jampi. Sedang di dalam melaksanakan agama dicukupkan oleh kitab fiqh, tasawuf, tauhid dan lain-lain.
Sebagian besar masyarakat Islam tidak menyadari bahwa ilmu-ilmu tersebut merupakan hasil persinggungan bahkan pergumulan antara wahyu Al-Quran dan Al-Hadist dengan akal pikiran para ulama. Meskipun ulama berusaha memperoleh pemahaman yang benar yang obyektif seperti dikehendaki oleh Wahyu (Al-Quran dan Al-Hadist) akan tetapi karena kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh Ulama seperti hawa nafsu, keterbatasan ilmu dan faktor-faktor yang lainnya membuat obyektifitas hasil pemahamannya sedikit berkurang.
Ulama adalah warosatul anbiyah' (pewaris nabi). Sehingga peran yang sangat penting yang dilakukan para ulama adalah seperti peran para Nabi, yakni:
  1. Menyampai ajaran tauhid
  2. Memperbaiki akhlak masyarakat
  3. Mamar ma'ruf nahyi munkar
  4. Mewujudkan hidup sejahtera (ummatal lil 'alamin)
  5. Membebaskan beban masyarakat
  6. menuntunkan ibadah yang benar
  7. Menegaskan Syariat Islam
Untuk mengembangkan masyarakat dan gerakan Islam mendatang, Yusuf Qardhawi menawarkan 6 konsep:
  1. Harus biasa dan terlatih berfikir ilmiah
  2. Umat harus terlatih berpijak kepada realitas umat
  3. Umat harus terlatih berfikir salafi
  4. Umat harus terlatih berfikir inovatif
  5. Bersikap moderat
  6. Berfikir ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata