31 Okt 2013

Hal-Hal yang membatalkan Aqidah

Dan berpeganglah kamu semua kepada Tali agama Allah dan janganlah kamu bercerai berai dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika mau dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu dan menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikian Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk (Qs. Ali Imraan: 103)


Sebenarnya pokok-pokok agama keempat Imam yaitu, Maliki, Hanafi, Syafii dan Hanbali adalah satu, hanya saja mereka berbeda dalam masalah-masalah yang sifatnya furu'iyah (cabang) dalam agama dimana masalah ini tidak sampai menyebabkan seseorang menjadi keluar dari Islam. Maka apabila ada perbedaan aqidah antara orang Islam maka sudah dapat dipastikan umat ini akan hancur dan bercerai berai. Seperti contoh yang terjadi saat ini yakni ahmadiyah yang mana mereka mengakui Mirza Ghulam Ahmad sebagai Nabi setelah Nabi Muhammad SAW.
Masalah aqidah sangat urgen karena iman menyangkut dengan keimanan seorang hamba kepada Allah SWT, dan apabila aqidahnya sudah melenceng maka secara otomatis dia keluar dari agama Islam. Dan salah satu penyebab seorang Muslim keluar dari agama Islam antara lain;
  1. Mengingkari rububiyah Allah atau sesuatu dari ke khusuan-Nya, atau mengakui memiliki sesuatu dari kekhususan tersebut atau membenarkan orang yang mengakuinya (QS. Al-Jastsiyah: 24)
  2. Sombong dan menolak beribadah kepada Allah
  3. Menjadikan perantara dan penolong yang ia sembah atau minta pertolongan selain Allah
  4. Mengingkari adanya Takdir
  5. Mengingkari Rasulullah SAW
  6. Berkeyakinan bahwa petunjuk Allah itu salah
  7. Tidak mau mengkafirkan orang-orang Musyrik
  8. Mengolok-olok atau mengejek Allah atau Al-Quran dan Rasulullah SAW baik guruan dan sunggguhan
  9. Membantu orang musyrik untuk memusuhi orang Islam (QS. Al-Maidah: 51).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata