3 Okt 2013

Kemuhammadiyahan; Pengantar Edisi II


Oleh MuFe El-Bageloka

Awalnya K.H. Ahmad Dahlan hanya gerakan dakwah Amar Makruf Nahi Munkar. Artinya beliau hanya ingin khawatir. Artinya fokus pada dakwah. Gerakan hanya mengurus diri sendiri. Intinya ada kesamaan jadi sama-sama memperjuangkannya. Kalau organisasi sangat terstruktur dan ada pengurusnya.
Sebagai tajdid; Muhammadiyah harus mempunyai konsep yang jelas dalam melangkah dan memiliki ideology, artinya cita-cita ilmiah yang harus diterapkan.


_Muhammadiyah sebagai Gerakan Tadjid
Fazlur Rahman: Dialektika perkembangan pembaharuan di dunia Islam;
Revalisme pramodernis
Modernism klasik
Neorevalis atau revivalisme-pasca pramodernis
Neomodernisme

_Revivalisme Pramodern
Muncul pada abad ke-18 dan 19 di Arabia, India dan Afrika
Belum terkena pengaruh barat, cirinya:
o Kepribadian terhadap degenerasi sosial-moral
o Berusaha menghilangkan takhayul
o Meninggalkan gagasan madzha
o Melenyapkan faham predeterminastik
o Imbauan pembaharuan lewat jihad jika perlu
Intinya, Muhammadiyah menjalakan Islam sebagaimana yang dipraktikkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sumber Muhammadiyah Ibnu Abduh bin Abdil Wahab, paham ini dianut oleh Saudi Arabia oleh musuhnya dinamakan gerakan Wahabi. MODERNIS = PEMBAHARU.
Apa bedanya Sunnah dengan hadist;
Sunnah adalah semangat, implementasinya disebut sunnah historis
Hadist adalah teks, Sunnah teks

_Modernisme Klasik,
Muncul pertengahan abad ke-19 dan awal abad ke-20 di bawah pengaruh ide-ide Barat dengan ciri-ciri perluasan terhadap ijtihad yang didasarkan atas Al-Quran dan Sunnah Historis bukan sunnah teknis;
1. Hubungan akal dengan wahyu
2. Pembaharuan masalah sosial
a. Status wanita
b. Pendidikan
c. Politik dan pemerintahan
Kebenaran yang dihasilkan oleh akal tidak sama dengan kebenaran yang dihasilkan wahyu. Kebenaran akal; nisbi. Sedangkan wahyu; postulat.

_Neorevivalisme atau Revivalisme Pasca Modernisme;
1. Mendasari pemikirannya pada basis pemikiran modernism, bahwa Islam mencakup seluruh aspek kehidupan baik individu maupun kolektif.
2. Kelemahannya tidak mampu mengembangkan metodologi apapun menegaskan posisinya, kecuali berusaha membedakan Islam dari Barat.
3. Berusaha membedakan diri dari barat sekaligus reaksi terhadap modernism klasik.

_Neomodernisme;
Fazlur Rahman mengklaim diri sebagai juru bicara gerakan ini:
1. Neomodernisme muncul di bawah pengaruh neorevalisme, sekaligus sebagai penyempurnaan terhadap modernism klasik (tidak menguraikan metodologi pembaharuannya)
2. Neomodernisme mengembangkan sikap kritis terhadap barat dan terhadap pemikirannya, semboyannya “memelihara yang lama tetapi tetap mengambil yang baru”
Kesimpulan:
Revalisme pramodern, muncul abad ke-18 dan 19, latar belakang, respon kemorosotan internal dengan tokoh Abdul Wahab Sanusi, gagasan pembaharuan pemurnian Islam. Dialektika: Golongan Puritan dan Madzhab
Modernism klasik, pertengahan ke-19 awal ke-20. Latar belakang: Sebagai bentuk serangan respon eksternal. Toko: Al-Afghani, M. Abduh. Gagasan Pembaharuan reformasi sosial. Dialektika modernis vs konservatif
Neorevivalis atau revivalis pasca modernis, periode kemunculan abad ke-20. Latar belakang serangan eksternal sekaligus modernism klasik. Tokoh; Al-Banna, Sayyid Quthb. Gagasan pembaharuan; Reformasi sosial berbasis al-quran. Dialektika: Fundamentalis vs modernism klasik
_Neomodernisme;
Paruh kedua abad kedua puluh, respon terhadap dua gerakan sebelumnya. Tokohnya Fazlur Rahman. Gagasan neomodernisme vs fundamentalisme dan modernism klasik. Dan Muhammadiyah lebih dekat pada revivalisme pramodernisme dan MK (secara doktrin dan ajarin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita membaca dengan hati plus mata